Cara Melihat Tipe Laptop di iOS dan Linux Paling Gampang!

Cara melihat tipe laptop bisa dilakukan dengan berbagai cara. Untuk kamu yang menggunakan sistem operasi Linux dan iOS makan cara melihat spesifikasi laptop Windows tidak bisa digunakan. Ada cara lain yang tentunya harus kamu terapkan. Kenapa kamu perlu tahu tipe laptop yang kamu punya? Jawabannya karena agar kita tahu identitas laptop kita sendiri. Mengetahui tipe laptop juga berguna untuk membantu kamu membeli aksesoris atau hal yang berkaitan dengan laptop kamu itu. Misalnya membeli softcase, baterai, adaptor, dan sebagainya.

Cara Mengetahui Tipe Laptop di iOS

Tipe laptop sistem operasi iOS biasanya disebut Mac/ MacBook memiliki tipe dan jenis tertentu. Tentu saja beda tipe pasti memiliki spesifikasi dan juga fitur yang berbeda. Oleh karena cara mengetahui tipe laptop Macbook juga jadi salah satu pertimbangan membeli Mac.

Pertama, yang bisa kamu lakukan adalah dengan melihat kardus/ kemasan Macbook. Cara ini merupakan cara termudah yang bisa kamu lakukan. Misalnya kalau Macbook Pro ada nomor MLH12xx/A dan Macbook Air dengan nomor MJVE2xx/A sebagai penanda keduanya.

Kedua, cara melihat tipe laptop Macbook selanjutnya yakni di bagian bawah body. Setiap Macbook sudah ada tulisan keterangan yang menunjukkan model MacBook tersebut di bagian bawah. Keterangannya juga cukup jelas dan lengkap. Kamu juga bisa melihat informasi yang lebih lengkap dengan nomor seri yang tercetak di bagian bawah Mac. Kemudian memasukkan nomor seri tersebut di halaman Pemeriksaan Perlindungan Apple untuk mengetahui model Macbook.

Cara Melihat Tipe Laptop di iOS (2) LAPTOPNESIA

Ketiga, yakni dengan cara mengakses menu menu Apple () di desktop. Kamu bisa mengklik Apple -> About This Mac dari sistem OS X atau macOS kamu. Di sana kamu akan melihat secara langsung model Mac dan MacBook yang sedang kamu pegang.

Baca Juga  Cara Membuat Hotspot di Laptop dengan dan Tanpa Aplikasi

Cara Melihat Tipe Laptop di iOS (1) LAPTOPNESIA

Dengan mengetahui tipe laptop Macbook, kamu juga bisa melihat spesifikasi dari Mac dan MacBook. Mulai dari jenis prosesor, jumlah RAM, jenis grafis GPU, dan lain sebagainya. Semua informasi sudah tersedia secara lengkap dan jelas.

Mengetahui Tipe Laptop di Linux (Ubuntu dan Mint)

Selanjutnya yakni kamu bisa mengetahui cara melihat tipe laptop di sistem operasi Linux. Cara ini bisa diterapkan pada Ubuntu atau Linux Mint. Caranya cukup mudah kok.

  • Klik Start kemudian ketik System Info di bagian atas. Sehingga akan muncul hasil pencarian tersebut dan klik.

Cara Melihat Tipe Laptop di Linux (2) LAPTOPNESIA

  • Lalu akan muncul tampilan dari System Info. Di situlah informasi singkat tentang tipe laptop yang bisa kamu lihat. Kalau kamu ingin tahu informasi selengkapnya mengenai informasi sistem, klik Upload System Information.

Cara Melihat Tipe Laptop di Linux (3) LAPTOPNESIA

  • Tunggu sejenak dikarenakan perlu waktu untuk membukanya. Lalu kamu akan diarahkan menuju browser di Linux.
  • Akan terlihat informasi sistem akan tampil pada tab browser.

Cara ini jadi cara yang cukup mudah untuk dilakukan karena hanya perlu mencari menu di Start Menu Linux Mint. Selain cara ini ada pula cara lain yakni melalui perintah Terminal. Kalau kamu penasaran melihat tipe laptop Linux melalui terminal, berikut caranya.

  • Buka Terminal dengan klik Ctrl+Alt+T
  • Masuk ke SU (Superuser),kemudian isikan password
  • Selanjutnya ketikan perintah “lshw” pada terminal
  • Kemudian akan tampil tab di Terminal
  • Kamu pun akan disajikan spesifikasi laptop/PC, informasi ini juga dapat ditampilan melalui html,melalui perintah “lshw -> html -> infohardware.html” pada Terminal
  • Buka file infohardware.html
  • Lalu akan muncul tampilan informasi lengkap tentang laptop kamu

Cara Melihat Tipe Laptop di Linux (1) LAPTOPNESIA

[KESIMPULAN] Cara Melihat Tipe Laptop Gampang!

Dia tas tadi adalah cara melihat tipe laptop paling gampang yang bisa langsung kamu praktekkan untuk laptop sistem operasi iOS dan Linux. Untuk sistem operasi Windows, tentu saja cara berbeda. Ada baiknya sebelum kamu membeli laptop, kamu mengetahui terlebih dahulu tipe-tipe laptop yang akan kamu beli. Hal ini akan lebih memudahkan kamu juga melihat kelebihan dan kekurangan dari laptop tersebut.

Baca Juga  Cara Shutdown Otomatis Laptop Atau Komputer (Mudah dan Cepat)

Jangan lupa juga untuk selalu mengecek keaslian laptop. Tentunya hal tersebut bisa diketahui ketika kamu sudah lebih tahu soal tipe laptop yang kamu beli. Kalau kamu keburu beli laptop atau kamu dikasih laptop dan gak tau tipenya, buru-buru cek ya!

Leave a Comment