Cara Memasang Memori RAM di Komputer

Sudah menjadi rahasia umum bahwa peningkatan performa komputer yang paling mudah dan paling murah untuk dilakukan adalah dengan menambahkan RAM. Nah, kami di sini akan menjelaskan mengenai cara memasang memori RAM di komputer.

Apabila komputermu terasa semakin lambat performanya ketika kamu sedang mengerjakan banyak tugas, maka menambahkan kapasitas RAM adalah salah satu solusi yang bisa dipertimbangkan. Pasalnya, RAM sebesar 4 GB kini bisa dibilang tidak lagi cukup untuk memenuhi kebutuhan komputasi standar. Kapasitas RAM saat ini yang paling disarankan adalah sebesar 8 GB untuk komputer modern. Untuk bisa digunakan lebih lama lagi, tidak ada salahnya kamu menggunakan RAM sebesar 16 GB.

Hingga saat ini, tipe RAM yang paling sering digunakan adalah DDR4 atau yang terbaru. Meskipun demikian, masih banyak juga komputer yang menggunakan RAM dengan DDR3 sementara DDR2 semakin langka. Kamu juga harus memastikan terlebih dahulu tipe RAM yang mana yang bisa dipasang di motherboard milikmu, karena setiap tipe hadir dengan bentuk slot yang berbeda. Jadi jangan sampai salah beli.

Cara Memasang Memori RAM di Komputer

Jika sudah membeli memori baru, kini saatnya untuk memasangnya di komputer. Caranya sangatlah mudah dan tidak membutuhkan peralatan tambahan lainnya seperti obeng dan lainnya.

Pertama-tama,kamu harus mematikan komputermu terlebih dahulu dan juga mencabut stekernya dari colokan listrik. Kemudian, lepas panel case bagian samping agar kamu bisa mengakses slot RAM yang ada di dalam.

Pada umumnya, posisi slot RAM biasanya berdekatan dengan posisi socket prosesor. Cari slot dengan bentuk memanjang dan biasanya tersedia dua atau empat slot.

Cara Memasang Memori RAM di Komputer

Kemudian, sebelum kamu memasang RAM yang baru saja kamu beli, kamu harus melepas RAM lama yang telah terpasang di motherboard terlebih dahulu. Kamu bisa memulai dengan cara membuka penguncinya yang ada di setiap ujung agar bisa melepas RAM dari slotnya. Jika sudah berhasil dilepas, maka ada baiknya kamu membersihkan slot RAM tersebut dari debu.

Baca Juga  Cara Melihat MAC Address di Laptop/PC (Mudah & Cepat)

Nah sekarang kamu bisa memasukkan modul RAM yang baru ke slot tersebut. Jangan lupa untuk mencocokkan orientasi RAM dengan slot karena jika terbalik, RAM tidak akan bisa masuk ke slot tersebut. Kemudian jika motherboard kamu menyediakan empat slot dan kamu tidak menggunakan semuanya, maka sebaiknya kamu mencari tahu sebaiknya slot mana terlebih dahulu yang harus diisi. Kamu bisa mengetahuinya dengan cara membaca buku manual yang disediakan oleh motherboard. Karena apabila kamu memasukkan RAM ke slot yang salah, maka RAM kamu bisa saja tidak bekerja secara optimal.

Jika kamu sudah memasukkan RAM baru ke slot yang ada di motherboard, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengunci posisinya dengan pengunci yang ada di setiap ujung. Pastikan tuas pengunci tersebut sudah masuk dan mengunci posisi RAM.

Cara Memasang Memori RAM di Komputer

Terakhir, tutup kembali case komputermu, colokkan kembali steker komputer ke colokan listrik, kemudian nyalakan komputer seperti biasa. Biasanya komputermu akan secara otomatis merestart sistem untuk mengenali RAM baru yang baru saja kamu pasang. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika komputermu mungkin bertingkah agak aneh pada awalnya.

Leave a Comment