Cara Memasang Motherboard di Komputer

Cara memasang motherboard di komputer memang agak memakan waktu dan bisa dibilang sedikit merepotkan. Terlebih lagi jika kamu tidak hanya memasang, melainkan mengganti motherboard yang sudah terpasang di komputermu. Di tengah proses pemasangan atau penggantian motherboard, mungkin kamu akan menemukan beberapa tantangan kecil. Akan tetapi jangan khawatir, karena kami akan membantumu melalui semua proses tersebut dengan panduan yang sangat mudah untuk diikuti.

Pertimbangan Ketika Membeli Motherboard Baru

Tidak seperti merek prosesor yang hanya ada dua yakni AMD dan Intel, motherboard hadir dengan pilihan merek yang sangat banyak. Akan tetapi pada intinya kamu tetap harus memilih motherboard berdasarkan kompatibilitasnya dengan prosesor yang kamu gunakan.

Cara Memasang Motherboard di Komputer

Selain itu, kedua merek tersebut juga masih membedakan produknya berdasarkan model socketnya. Jadi kamu perlu memastikan bahwa motherboard yang kamu pilih mendukung pemasangan prosesor dan socket tertentu. Jangan sampai salah beli karena hal tersebut bisa sangat merepotkan. Untuk mengetahui socket model apa yang dimiliki oleh prosesormu, kamu bisa mencari tahu melalui Google atau dengan bertanya pada toko yang menjual komponen komputer.

Jika kamu sudah tau kompatibilitas dari motherboard untuk prosesormu, maka hal selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah ukuran motherboard. Untuk yang satu ini, pertimbangan bisa kamu lakukan berdasarkan ukuran dari case komputermu. Sebagian besar case komputer dirancang untuk motherboard dengan ukuran Standard ATX. Akan tetapi banyak juga case yang dirancang khusus untuk motherboard dengan ukuran Micro-ATX atau Mini-ITX. Jadi jika kamu memiliki case komputer Mini-ITX, jangan sampai kamu salah beli motherboard dengan ukuran Standard ATX karena tidak akan muat.

Cara Memasang Motherboard di Komputer

Kemudian kamu bisa memilih merek motherboard yang paling kamu sukai. Jika kamu belum pernah mengenal suatu merek motherboard, maka kamu mungkin agak sedikit pusing karena banyaknya pilihan yang disediakan untukmu. Akan tetapi pada dasarnya, merek motherboard tidak memberikan banyak perbedaan antara satu dengan yang lain dengan kisaran harga yang tidak jauh berbeda. Yang perlu kamu pastikan adalah jumlah port USB, ethernet, dan port lainnya yang pasti akan kamu gunakan nantinya. Selain itu jika kamu berencana untuk meng-upgrade komputermu di masa mendatang, maka kamu bisa mempertimbangkan motherboard yang menyediakan banyak slot untuk komponen seperti RAM atau kartu grafis.

Baca Juga  Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Baterai CMOS Pada Laptop

Cara Memasang Motherboard di Komputer

Jika kamu sudah membeli motherboard, kini saatnya untuk memasangnya. Tapi jika kamu perlu melepas motherboard lama yang sudah terpasang di komputer, maka berikut adalah caranya. Jika kamu ingin langsung tahu cara memasang motherboard di komputer, kamu bisa langsung sedikit scroll lagi ke bawah.

Dimulai dengan mematikan komputer dan juga melepas steker komputer dari colokan listrik, kemudian kamu perlu membuka panel samping dari case komputermu sehingga kamu bisa mengakses bagian internalnya. Ada baiknya kamu memotret bagian dalam komputermu agar kamu bisa mengetahui kabel apa saja yang tersambung ke motherboardmu dan untuk memastikan semua kabel sudah terpasang dengan benar di motherboard baru. Jika sudah mendapatkan gambar yang bagus dan jelas, selanjutnya kamu bisa mulai melepas semua kabel yang terpasang.

Ada pun komponen yang perlu juga kamu lepas terlebih dahulu seperti kartu grafis dan RAM. Kemudian kamu bisa melepas kabel SATA atau antarmuka lain yang tersambung ke SSD, hard disk, atau drive optik pada motherboard. Pastikan kembali sudah tidak ada kabel yang tersambung ke motherboard.

Cara Memasang Motherboard di Komputer

Selanjutnya, kamu memerlukan obeng dengan kepala plus untuk melepaskan sekrup yang mengunci posisi motherboard di case. Simpan sekrup yang sudah dilepas di tempat yang aman karena kamu akan membutuhkannya lagi nanti.

Sekarang kamu bisa mengangkat motherboard keluar dari case. Dengan posisi motherboard yang sudah berada di luar case, kamu bisa melepaskan prosesor dengan lebih mudah. Lepaskan komponen tersebut dengan perlahan dan hati-hati, jangan sampai komponen berharga tersebut rusak.

Cara Memasang Motherboard di Komputer

Baiklah, sekarang saatnya untuk memasang motherboard baru ke komputer. Sebelum itu jangan lupa untuk memasang panel I/O di bagian belakang case terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa memasang komponen seperti prosesor dan RAM sebelum memasukkan motherboard ke dalam case. Jika sudah, masukkan motherboard ke dalam case dengan posisi yang tepat. Kamu tidak perlu takut memasangnya terbalik karena kamu hanya perlu mencocokkan bagian I/O motherboard dengan panelnya, serta lubang sekrup di case.

Baca Juga  Cara Memasang Prosesor Intel atau AMD di Komputer

Cara Memasang Motherboard di Komputer

Kencangkan motherboard di dalam case dengan sekrup. Jangan memasang sekrup terlalu kencang, dan jangan juga memasangnya terlalu longgar. Kemudian, kamu bisa melanjutkan dengan memasang dua konektor daya, 24-pin dan 8-pin, dan juga kabel SATA. Pastikan kembali semua kabel sudah terpasang dengan baik di tempatnya.

Kemudian jangan lupa juga untuk memasang kembali steker komputer ke colokan listrik untuk bisa menyalakan komputer. Ketika kamu menyalakan komputer untuk pertama kali dengan motherboard yang baru, komputermu mungkin akan melakukan restart beberapa kali untuk mengenali komponen baru tersebut di sistemnya. Jika kamu menemui masalah dengan proses startup-nya, kamu bisa menanyakan masalah tersebut secara detail kepada teknisi di toko tempat kamu membeli motherboard. Jika tidak, maka selamat, kamu sudah berhasil memasang motherboard baru di komputer mu.

Leave a Comment