Cara Memasang Power Supply di Komputer

Mengapa haru tahu cara memasang power supply di komputer? Meskipun tidak membantu meningkatkan performa komputer secara langsung, akan tetapi power supply adalah salah satu komponen komputer yang tidak boleh diremehkan. Power supply yang bagus bertugas menjadi pondasi dari kinerja komputer yang stabil.

Sama seperti komponen komputer lainnya, power supply juga memiliki usia pakai yang terbatas. Jika sudah mencapai suatu waktu tertentu, power supply akan mengeluarkan gejala-gejala yang mengindikasikan bahwa performanya sudah mencapai batasnya.

Cara Memasang Power Supply di Komputer

Selain itu komponen inti seperti prosesor dan kartu grafis juga membutuhkan tingkat daya tertentu untuk bisa bekerja dengan baik. Jadi jika kamu berniat untuk mengganti kartu grafis suatu hari nanti, pastikan juga bahwa power supply mu masih bisa memberikan aliran daya yang memadai.

Nah, jika kamu mau mengganti power supply dan ingin tahu cara memasang power supply di komputer, maka kamu sudah berada di tempat yang tepat. Prosesnya sangat mudah, simak lebih lanjut untuk mengetahuinya.

Cara Melepas Power Supply Lama dari Komputer

Alat yang kamu perlukan sebelum memulainya adalah sebuah obeng dengan kepala plus. Jika sudah ada, pertama-tama kamu mulai prosesnya dengan melepas steker komputer dari colokan listrik. Jika power supply lamamu dilengkapi dengan switch on/off di bagian belakang, maka pastikan bahwa switch tersebut berada di posisi off. Kemudian lepas panel samping case komputermu untuk bisa mengakses power supply dengan lebih mudah.

Cara Memasang Power Supply di Komputer

Langkah selanjutnya adalah dengan melepas semua kabel dari power supply yang tersambung ke komponen lainnya. Sebelum melepasnya, ada baiknya kamu memotret terlebih dahulu semua kabel tersebut agar lebih mudah mengetahui kabel mana saja yang harus terhubung nantinya dengan power supply yang baru. Selain itu pastikan juga bahwa kabel yang sudah dilepas tidak kusut dengan kabel lainnya agar memudahkanmu untuk mengeluarkan power supply dari case.

Baca Juga  Cara Memasang Prosesor Intel atau AMD di Komputer

Cara Memasang Power Supply di Komputer

Terakhir, lepas semua sekrup yang mengunci posisi power supply pada case komputer dan keluarkan power supply tersebut dari case.

Cara Memasang Power Supply di Komputer

Memilih power supply baru memang sebuah tugas yang agak rumit karena kamu harus memastikan pasokan listrik untuk komputer tercukupi. Jika kamu memilih watt yang terlalu kecil, maka hal tersebut akan mengganggu kinerja komputer. Sedangkan jika kamu memilih watt yang terlalu besar, selain berlebihan, power supply dengan watt yang semakin besar juga dihargai semakin mahal. Tetapi jika kamu berniat untuk mengganti kartu grafis di kemudian hari, maka ada baiknya kamu melebihkan kapasitas watt dari power supply yang akan dibeli.

Untuk itu kamu mencari tahu mengenai seberapa besar kebutuhan kapasitas watt yang tepat melalui panduan yang bisa ditemukan di internet atau dengan mendiskusikannya dengan toko yang menjual power supply.

Jika kamu sudah mendapatkan power supply tersebut dan siap untuk dipasang, maka selanjutnya adalah dengan memasukkannya ke dalam case dengan posisi yang sama persis dengan power supply sebelumnya. Jangan lupa untuk mengencangkan power supply tersebut dengan sekrup yang kamu gunakan sebelumnya jika kamu tidak mendapatkan sekrup dari power supply yang baru.

Cara Memasang Power Supply di Komputer

Selanjutnya, kamu harus menghubungkan kabel daya internal dari power supply baru ke semua komponen di komputer, sama seperti sebelumnya. Sambungkan konektor daya 24-pin ke motherboard terlebih dahulu, kemudian lanjut ke konektor daya CPU 4 atau 8 pun. Sambungkan juga pada komponen yang membutuhkan daya khusus seperti kartu grafis. Periksa kembali apakah semua kabel yang dibutuhkan sudah terpasang dengan baik.

Jika sudah, kamu bisa menutup kembali panel samping case komputermu, menghubungkan steker power supply ke colokan listrik, dan nyalakan komputer. Jika tidak ada masalah, kini komputermu sudah ditenagai oleh sebuah power supply yang bisa memberikan daya hingga beberapa tahun ke depan.

Leave a Comment