Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard Termudah Ga Pake Ribet

Mungkin kamu sudah menggunakan laptop kamu dalam waktu yang sangat lama dan kamu sudah tahu seluk beluk dari Windows 10. Tapi jika kamu belum tahu mengenai cara mematikan laptop dengan keyboard, maka pengetahuanmu belum lengkap. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mematikan laptop, dan salah satu caranya adalah dengan menggunakan papan tombol yang ada di hadapanmu.

Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard

Ada berbagai macam alasan yang membuatmu harus mematikan laptop, entah itu kamu ingin menginstal update Windows, atau kamu ingin memasukkan laptop ke dalam tas untuk dibawa bepergian. Apapun alasannya, kami akan memberitahu cara mematikan laptop dengan keyboard, serta beragam cara lainnya.

1. Cara Mematikan Laptop dengan Start Menu

Cara paling mendasar dan sederhana untuk mematikan laptop kamu adalah dengan menggunakan Start Menu. Cara ini juga merupakan opsi bawaan pada sistem operasi Windows 10. Prosesnya sangatlah mudah, kamu hanya perlu membuka menu Start yang terdapat pada bagian kiri bawah layar, lalu klik ikon Power. Setelah itu kamu akan diberikan tiga pilihan yang terdiri dari Sleep, Shut down, dan Restart. Pilih Restart untuk mereboot laptop, Sleep untuk masuk ke mode tidur, dan Shut down untuk mematikan laptop.

Apabila kamu mengaktifkan mode tablet di Windows 10, maka Start Menu tersebut akan muncul secara fullscreen. Mungkin antarmukanya agak sedikit berbeda, namun pada dasarnya prosesnya sama. Kamu hanya perlu menekan ikon Power kemudian pilih Shut down untuk mematikan laptop.

Baca Juga  Cara Memperbaiki File Corrupt di Laptop Kamu dengan Mudah

2. Cara Mematikan Laptop dengan Menu WinX

Cara mudah kedua untuk mematikan laptop adalah dengan mengakses menu power user, atau yang dikenal juga dengan sebutan menu WinX. Kamu bisa mengaksesnya dengan cara menekan tombol Windows + X pada keyboard secara bersamaan, atau dengan klik kanan pada tombol Windows yang ada di bagian bawah kiri layar.

Pada menu WinX, klik pada pilihan “Shut down or sign out” untuk mengakses menu shutdown, restart, sleep, dan sign out. Dari situ, kamu bisa klik “Shut down” untuk mematikan laptop.

3. Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard

Ketika kamu sudah menutup atau minimize semua aplikasi dan ada pada desktop atau wallpaper, kamu bisa menekan tombol Alt + F4 pada keyboard secara bersamaan untuk membuka menu shutdown. Pada window yang baru saja terbuka, kamu bisa menekan opsi drop-down untuk memilih apakah kamu ingin shut down, restart, atau masuk ke mode sleep.

Selain itu kamu juga bisa log out dari profil user yang sedang kamu gunakan atau beralih ke profil user yang lain. Pilih opsi yang kamu inginkan, kemudian klik OK untuk mengkonfirmasi.

Selain itu, ada satu lagi cara mematikan laptop dengan keyboard yakni dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Del. Tekan ketiga tombol tersebut secara bersamaan untuk mengakses opsi daya. Pada tampilan baru yang muncul, tekan ikon Power yang terletak pada bagian kanan bawah layar. Kemudian tiga pilihan menu yang sama akan muncul yakni Sleep, Shut down, dan Restart. Pilih Shut down untuk mematikan lapttop.

4. Cara Mematikan Laptop dengan CMD

Apabila kamu masih suka atau sering menggunakan CMD atau Command Prompt untuk menjalankan berbagai macam hal, maka kamu bisa memerintahkan Windows 10 untuk shut down melalui antarmuka tersebut.

Baca Juga  Touchpad Tidak Berfungsi? Ini Cara Mengatasinya!

Buka program Command Prompt dengan cara ketikkan CMD pada kolom pencarian Windows. Lalu pada jendela CMD tersebut ketikkan shutdown /s dan tekan Enter pada keyboard untuk mematikan laptop. Setelah beberapa detik, Windows 10 akan mulai proses shut down.

Sebagai tambahan, kamu juga bisa memasukkan perintah shutdown /s pada window Run. Untuk membukanya, kamu cukup menekan tombol Windows + R pada keyboard lalu masukkan perintah tadi pada kolom yang tersedia. Tekan Enter untuk mematikan laptop.

Nah, jika kamu ingin merestart laptop, kamu bisa masukkan perintah shutdown /r.

Leave a Comment