Cara Menyambungkan Laptop ke TV (Cara Murah Punya Smart TV)

Bagaimana cara menyambungkan laptop ke TV agar kamu bisa menonton isi laptop di layar yang lebih besar? Artikel berikut ini akan membantumu menjelaskan caranya dengan lengkap.

Kamu tak harus membeli smart tv yang harganya mahal untuk bisa menikmati semua fitur terbaru yang dihadirkannya. Apabila kamu memiliki tv lama, sebuah laptop, dan kabel yang tepat, maka kamu bisa mendapatkan smart tv dengan versimu sendiri. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk menyambungkan laptop ke tv melalui beberapa metode yang antara lain dengan menggunakan kabel HDMI atau VGA.

Pertama-tama, kamu harus mengetahui port jenis apa yang tersedia pada tv dan laptop milikmu. Laptop dan tv keluaran terbaru biasanya sudah menyediakan port untuk kabel HDMI, kecuali jika tv atau laptop tersebut kamu beli sudah sangat lama atau laptop milikmu adalah Ultrabook alias laptop dengan desain yang sangat tipis.

Cara Menyambungkan Laptop ke TV

Alternatif lain jika tv atau laptop milikmu tidak menyediakan port HDMI adalah dengan menggunakan kabel VGA. Namun sayangnya kabel VGA tidak bisa mengalirkan suara, jadi hanya gambarnya saja. Jika kamu ingin suara dari laptop juga keluar melalui tv, maka kamu membutuhkan kabel AUX.

Nah sedangkan jika laptopmu tidak dilengkapi dengan output video sama sekali, maka kamu bisa menyambungkan laptop ke tv dengan menggunakan sebuah adaptor yang bisa disambungkan ke port USB yang ada di laptop milikmu dan memberikan output HDMI.

Cara Menyambungkan Laptop ke TV

Cara Menyambungkan Laptop ke TV dengan HDMI

Menyambungkan laptop ke tv dengan menggunakan kabel HDMI adalah cara terbaik dan termudah. Selain kabel yang bisa kamu beli dengan harga yang murah, kamu juga akan disajikan dengan gambar berkualitas HD terbaik beserta dengan suaranya karena kabel ini bisa mengalirkan video dan audio melalui satu kabel saja.

Baca Juga  Cara Format Flashdisk yang Tidak Bisa Diformat

Untuk menyambungkan laptop ke tv dengan sebuah kabel HDMI, yang perlu kamu lakukan hanyalah menyambungkan satu ujung kabel ke port HDMI yang ada di laptop, dan ujung kabel satunya ke port HDMI yang ada di tv. Apabila kamu menggunakan Windows dengan versi terbaru, maka kamu hanya perlu memastikan bahwa laptopmu sudah menyala dan tv mu sudah masuk ke channel HDMI. Laptopmu akan secara otomatis melakukan konfigurasi yang pas.

Jika ternyata laptopmu tidak melakukannya secara otomatis, kamu bisa menyetelnya secara manual. Dari laptopmu, buka Control Panel > Display > Adjust Resolution. Di situ, pastikan opsi “Display” sudah menunjukkan nama dari tv milikmu. Selesai!

Cara Menyambungkan Laptop ke TV dengan VGA

Cara mudah lain untuk menyambungkan laptop ke tv adalah dengan menggunakan kabel VGA. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kabel VGA hanya bisa mengalirkan video saja. Jadi jika kamu ingin mendengarkan suara dari tv, maka kamu juga membutuhkan kabel AUX.

Cara menyambungkan laptop ke tv dengan VGA kurang lebih sama dengan proses dengan menggunakan HDMI. Sambungkan kedua ujung kabel VGA ke port VGA yang ada di tv dan laptop.

Laptop juga biasanya akan langsung mengenali sambungan tersebut dan akan secara otomatis mengaktifkan konfigurasinya. Jika tidak, kamu bisa mengikuti langkah yang sama seperti yang telah dijelaskan di atas.

Leave a Comment