Cara Membersihkan Laptop dengan Peralatan yang Mudah Didapat

Jika kamu memiliki laptop yang berumur setahun lebih, maka sekarang adalah saatnya untuk mengetahui cara membersihkan laptop kesayanganmu itu. Sama seperti peralatan rumah lain yang sering sekali kita gunakan, laptop milikmu juga bisa kotor, mulai dari debu yang menumpuk, minyak dari jari kita, dan banyak lainnya. Lalu apa yang perlu saya lakukan untuk membuatnya bersih kembali, bahkan seperti baru? Nah simak lebih lanjut karena kami akan memberitahukan cara melakukannya dengan baik dan benar.

Cara Membersihkan Laptop

Kapan terakhir kali kamu membersihkan laptop? Ya, mungkin sudah terlalu lama hingga kamu tak ingat, atau mungkin belum pernah sama sekali. Tahukah kamu jika menggunakan laptop yang bersih akan memberikan rasa puas yang sama seperti kamu menggunakan laptop yang baru dibeli? Keyboard laptop yang bersih dan layar kinclong yang terbebas dari noda akan membuatmu merasa senang ketika menggunakan laptop tersebut. Bekerja pun akan menjadi lebih semangat dengan laptop yang bersih.

Cara Membersihkan Laptop

Ada empat bagian utama dari laptop yang perlu kamu jaga kebersihannya. Keempat bagian tersebut antara lain adalah layar, keyboard dan touchpad, port, dan juga ventilasi pendinginan.

Untuk membersihkan bagian internal laptop, kamu bisa membuka laptop dan membersihkan semuanya termasuk juga kipas dan heatsink. Namun kamu juga perlu berhati-hati dan waspada karena membuka sendiri laptopmu akan merusak garansi yang masih aktif pada sebagian besar merek laptop. Jadi jika kamu ragu, maka kami sarankan untuk menyerahkan urusan kebersihan internal laptop pada teknisi resmi dari laptop yang kamu gunakan. Pada bahasan kali ini, kami akan lebih fokus pada cara membersihkan laptop bagian luarnya.

Baca Juga  Cara Memasang Bluetooth di Laptop yang Tidak Ada Bluetoothnya

Peralatan yang Dibutuhkan untuk Membersihkan Laptop

Pada dasarnya, tidak banyak peralatan khusus yang kamu butuhkan untuk menjaga laptopmu tetap bersih. Barang standar yang bisa kamu gunakan antara lain adalah cairan pembersih laptop, kain microfiber, cotton bud (korek kuping), dan semprotan angin kalengan.

Cara Membersihkan Laptop

Jangan tergiur dengan peralatan pembersih yang ditawarkan di toko-toko elektronik. Karena dengan menggunakan empat peralatan yang disebutkan di atas, kamu bisa mendapatkan laptop yang sama bersihnya dengan ketika membersihkan menggunakan peralatan pembersih yang jauh lebih mahal.

Mulai Membersihkan Bagian Dalam Laptop

Tenang, kita tidak akan mengajakmu untuk membuka laptop. Kamu tak perlu membuka laptopmu karena kamu cukup membersihkannya dari luar saja. Pertama-tama, jangan lupa untuk mencabut kabel listrik dari laptopmu terlebih dahulu. Kemudian jika bisa, lepas juga baterai dari laptop.

Ambil semprotan angin yang sudah kamu persiapkan tadi, lalu semprotkan sedikit ke udara untuk membuang kotoran yang menyumbat selangnya. Kemudian, berikan semprotan-semprotan pendek ke bagian seperti celah pada keyboard, port, dan juga ventilasi. Usahakan untuk mengarahkan semprotan menyamping agar ada kemungkinan kamu tidak mendorong debu masuk ke dalam. Selain itu jangan memberikan semprotan panjang karena angin yang kuat bisa saja merusak bagian dalam laptop.

Cara Membersihkan Laptop

Dengan menyemprotkan angin, kamu bisa membersihkan bagian dalam dari laptop dari debu yang menumpuk dan mengganggu aliran udara di dalamnya. Jika laptopmu sering overheat atau kepanasan, salah satu penyebabnya bisa jadi adalah debu yang mengganggu. Debu yang menumpuk di kipas membuat kipas tidak dapat berputar dengan sempurna. Lalu debu yang menumpuk di bagian ventilasi juga sangat mengganggu karena udara panas jadi tidak bisa keluar.

Baca Juga  Cara Menyambungkan Laptop ke TV (Cara Murah Punya Smart TV)

Membersihkan Bagian Luar Laptop

Nah di sini kamu akan membuat laptop kesayanganmu berkilau kembali. Ambil kain microfiber dan teteskan sedikit cairan pembersih. Cukup dengan beberapa tetes saja, tidak perlu sampai basah hingga menetes, kemudian sapukan ke bagian permukaan laptop.

Cara Membersihkan Laptop

Untuk daerah yang sulit dijangkau dengan kain, kamu bisa meneteskan cairan tersebut ke korek kuping dan gunakan untuk menjangkau bagian seperti keyboard dan bagian di antara setiap tombolnya.

Cara Membersihkan Laptop

Kemudian untuk bagian layar, kamu bisa menggunakan air minum (jangan air keran karena bisa meninggalkan bekas). Sama seperti cara di atas, teteskan sedikit pada kain microfiber kemudian sapukan ke bagian layar secara perlahan. Nah selesai sudah penjelasan mengenai cara membersihkan laptop. Selamat menggunakan laptopmu yang bersih.

Leave a Comment