Cara Mengatasi Laptop Hang atau Not Responding Terlengkap!

Laptop hang memang sangat menggangu aktivitasmu. Untuk itu kamu harus tahu cara mengatasi laptop hang dengan cepat dan mudah. Laptop yang sering hang saat pekerjaan menumpuk sangat menyebalkan. Pikiran yang pusing setelah bekerja seharian bisa semakin parah akibat laptop hang atau not responding. Sebenarnya laptop hang bisa terjadi setiap saat. Laptop bisa saja hang saat baru dinyalakan, hang saat booting PC, atau hang saat digunakan menjelajah internet. Selain itu, laptop hang juga kerap ditandai dengan munculnya pesan not responsing, kursor mouse tidak bisa digerakkan, hingga layar kosong tidak bisa digunakan.

cara mengatasi laptop hang

Kali ini Laptopnesia akan membahas cara mengatasi laptop hang. Kamu bisa mempraktekan cara berikut ini di laptop atau PC dengan sistem operasi Windows 7, 8, atau 10. Karena setiap saat laptop bisa hang, maka dari itu kenali dulu penyebab laptop hang.

Cara Mengatasi Laptop Hang (Kenali Penyebabnya)

1. Kapasitas RAM Terlalu Kecil

Penyebab utama kenapa laptop hang adalah karena memori RAM yang terlalu kecil. Banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang, aplikasi yang digunakan, dan data yang diproses membuat RAM penuh sesak. Jika laptopmu tidak memiliki kapasitas RAM yang besar maka akan cepat hang. RAM yang kecil membuat laptop tidak kuat bekerja secara multitasking sehingga menyebabkan hang. Jika saat ini kamu memiliki laptop dengan RAM 4GB cobalah upgrade menjadi 8GB atau dua kali lipat lebih banyak. Namun tentunya untuk upgrade RAM membutuhkan tambahan biaya. Jika kamu tidak ingin menambah RAM bisa dengan cara mengurangi startup program yang berjalan.

Baca Juga  3 Cara Mudah Download Video di YouTube Lewat Laptop

2. Kurangi Startup Program  yang Berjalan

RAM yang kecil dan banyaknya program startup yang berjalan di latar belakang membuat laptop cepat hang. Program-program seperti antivirus, pengolah aplikasi, update aplikasi, dan tool-tool lain yang bekerja pada saat startup akan membebani kinerja laptop. Untuk mengurangi program yang berjalan saat startup Windows, kamu bisa ikuti langkah berikut ini:

  • Tekan tombol Windows + R, lalu ketik “msconfig
  • Pilih tab Startup lalu uncheck (centang lepas) pada aplikasi-aplikasi yang tidak dibutuhkan
  • Setelah itu klik tombol OK.

cara mengatasi laptop hang

Selain disebabkan program yang terlalu banyak berjalan saat startup, laptop hang juga disebabkan oleh File Temporary yang terlalu banyak. Terutama jika kamu menggunakan browser, hang bisa saja terjadi setiap waktu. Hang saat menggunakan browser disebabkan oleh banyaknya Temporary File atau data sementara yang disimpan di dalam laptop. Data sementara yang terlalu banyak disimpan dan diproses dalam laptop dapat menguras RAM dan membuat laptop hang.

Kamu bisa menggunakan program Disk Cleanup untuk atau aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner untuk membersihkan data-data sementara yang bersifat “sampah” di dalam laptop. Cara mengatasi laptop hang selanjutnya akan lebih mudah saat kamu sudah mengetahui apa penyebab laptop hang.

Cara Mengatasi Laptop Hang

1. Mengatasi Laptop Hang saat Booting/Masuk BIOS

Untuk mengatasi laptop hang kamu bisa restart laptop kemudian masuk ke mode BIOS. Saat Windows dijalankan atau booting kamu bisa menekan tombol khusus untuk masuk ke BIOS. Masing-masing vendor laptop memiliki tombol berbeda-beda untuk masuk ke dalam BIOS. Setelah kamu masuk ke BIOS, pilih Advanced BIOS Features lalu cari yang ada hubungannya dengan BIOS Cache. Setelah dipilih kemudian pilih disable. Simpan semua pengaturan yang baru dengan menekan F10 atau tutup BIOS.

Baca Juga  Cara Membuat Hotspot di Laptop dengan dan Tanpa Aplikasi

2.Mengatasi Laptop Hang saat Not Responding

Untuk mengatasi masalah laptop hang saat digunakan, kamu bisa gunakan langkah berikut ini. Tekan Ctrl + Shift + Esc lalu pilih program yang mengalami Not Responding dan klik tombol End Task. Cara lainnya kamu bisa tekan tombol Ctrl + Alt + Del lalu pilih Task Manager. Klik tab Applications lalu pilih salah satu aplikasi yang berat lalu klik End Task. Aplikasi yang dimatikan tersebut akan mengurangi beban RAM dan mematikan paksa jika membuat laptop hang. Setelah beberapa aplikasi dimatikan laptopmu akan kembali normal.

cara mengatasi laptop hang

Untuk menjaga laptop tidak sering hang, selalu bersihkan data-data sampah dengan aplikasi CCleaner. Selain itu, uninstal aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan untuk memperluas kapasitas penyimpanan dan mengurangi program yang berjalan di latar belakang. Cara mengatasi laptop hang sebenarnya ada banyak, namun sebanyak apapun caranya yang paling penting adalah kamu harus merawat laptop dan menjaga kapasitas memori laptop supaya tidak cepat hang.

Leave a Comment