Cara Shutdown Otomatis Laptop Atau Komputer (Mudah dan Cepat)

Sebenarnya cara shutdown otomatis laptop atau komputer itu tidak lah sulit. Melakukan shutdown dengan otomatis sangatlah berguna untuk kamu yang ingin menghemat waktu atau membatasi waktu penggunaan laptop atau komputer kamu. Pada dasarnya jika kita lihat, shutdown secara otomatis pada laptop atau komputer, mirip dengan mematikan televisi dengan menggunakan sleep timer. Pasti kalau kamu yang dulu suka main Playstation di rental tahu gimana maksudnya ini. Sang pemilik rental akan mengeset sleep timer sesuai dengan berapa lama durasi main kamu. Televisi akan otomatis mati ketika sudah waktunya.

Bagi kamu yang suka ketiduran waktu main game di komputer, melakukan shutdown secara otomatis sangat cocok banget. Selain itu, kamu bisa menghemat konsumsi listrik dan menjaga keamanan komputer. Penggunaan komputer secara berlebih juga dapat merusak komponen. Nah, artikel ini hadir untuk kamu yang mau melakukan shutdown secara otomatis. Ikuti saja artikel ini sampai habis ya bro.

Sebelumnya kami akan memberitahu apa shutdown itu, dan juga perbedaannya dengan restart, hibernate, sleep, dan stand by, karena beberapa orang walaupun tahu artinya, mereka nggak tahu apa perbedaan antara keempat istilah tersebut. Berikut perbedaan antara istilah-istilah Tersebut.

Cara Shutdown Otomatis Laptop Atau Komputer (Mudah dan Cepat)

Cara Shutdown Otomatis Laptop dan Komputer (Perbedaan Shutdown, Hibernate, Sleep, Restart, dan Stand By)

1. Shutdown

Bagi kamu yang masih belajar menggunakan komputer, kamu harus tahu bahwa mematikan komputer harus menggunakan fitur shutdown. Mematikan komputer dengan shutdown adalah mematikan secara seluruh komponen komputer seperti prosesor, hardisk, RAM, VGA card, dan yang lainnya dinonaktifkan. Mematikan komputer tanpa men-shutdownnya bakal membuat komponen-komponen kamu mengalami kerusakan atau masalah seperti hardisk yang bad sector, registrynya menjadi berantakan, dan juga RAM yang kamu gunakan di komputer kamu akan bermasalah.

Baca Juga  Pemutar Video Terbaik PC (Langsung Download Gratis!)

2. Restart

Restart berbeda dengan shutdown. Restart adalah menyalakan ulang komputer tanpa harus menekan tombol reset yang ada pada case. Menyalakan ulang komputer dengan melakukan restart lebih aman daripada me-resetnya langsung.

3. Hibernate

Sebenarnya hibernate ini mirip-mirip dengan shutdown, namun hibernate tetap berbeda dengan shutdown. Pada dasarnya hibernate adalah mematikan komputer namun isi dari RAM disalin ke hardisk terlebih dahulu sehinggan ketika dinyalakan kembali komputer nggak perlu waktu lama. Bagi kamu yang mau meninggalkan komputer dalam waktu yang nggak terlalu lama, melakukan hibernate adalah keputusan yang tepat.

4. Stand By

Seperti namanya, stand by digunakan ketika kamu sedang meninggalkan komputer dalam waktu yang nggak lama. Ketika komputer Anda di-stand by, komputer nggak secara keseluruhan mati, namun yang masih hidup hanya RAMnya.

5. Sleep

Kamu tahu kan artinya sleep? Ya, komputer akan ditidurkan ketika kamu menekan tombol tidur. Ketika melakukan sleep, komputer akan berjalan dengan daya yang sangat kecil, sehingga dapat dinyalakan kembali pada beberapa detik saja.

Nah, sudah tahu kan apa perbedaan diantara istilah-istilah tersebut? Sekarang kami akan menjelaskan tutorial bagaimana cara shutdown otomatis laptop atau komputer Anda. Ikuti kami ya bro.

Cara Shutdown Otomatis Laptop Atau Komputer

  1. Pertama-tama masuk ke menu Run dengan cara tahan tombol Windows pada keyboard lalu tekan tombol R secara bersamaan. Atau kamu bisa klik start lalu ketik Run.
  2. Ketika jendela run sudah muncul, ketik at 08:25 shutdown -s. Maksuda dari 08:25 ini adalah waktu yang digunakan ketika kamu ingin mematikan laptop atau komputer.
  3. Terakhir adalah klik OK dan tunggu hingga laptop atau komputer kamu mati.
Baca Juga  Laptop Terbaik untuk Mahasiswa agar Prestasi Meningkat

Jika kamu mau membatalkannya kamu bisa melakukan langkah-langkah ini.

  1. Pertama-tama munculkan jendela Run (seperti yang kami jelaskan sebelumnya).
  2. Selanjutnya ketik shutdown -a pada jendela run yang Anda buka sebelumnya.
  3. Klik OK.

Anda kini sudah berhasil membatalkan shutdown otomatis yang Anda lakukan melalui jendela Run.

Bagaimana mudah bukan caranya? Kamu dapat mematikan atau men-shutdown secara otomatis komputer kamu tanpa harus menggunakan software atau aplikasi tambahan yang harus kamu download dulu di internet. Demikian artikel Laptopnesia kali ini tentang cara shutdown otomatis laptop atau komputer kamu. Semoga bermanfaat dan jangan lupa sebar artikel ini ke teman-teman kamu ya.

Leave a Comment