Cara Upgrade VGA Laptop Mudah Tanpa Bongkar Motherboard

Sebelum tahu bagaimana cara upgrade VGA laptop kamu harus tahu dulu apakah VGA di laptop bisa ditambah atau tidak ? Jika kamu menggunakan PC, kamu bisa mengupgradenya sesuka kamu selama ada bujetnya. Tapi gimana dengan pengguna laptop ? Jika kamu pengguna laptop kamu nggak bisa berharap banyak buat ngoprek-ngopreknya. Kenapa ?

Seperti yang kita tahu bro, VGA di PC itu gak sama seperti di laptop. PC atau desktop biasanya punya tempat untuk menaruh VGA Card yang biasa disebut Slot VGA Card. Untuk upgrade VGA di PC tentu lebih mudah karena kamu bisa langsung mengganti VGA yang sudah ada dengan VGA baru yang lebih powerful, dengan catatan kompatibel. Berbeda dengan PC, VGA di laptop menggunakan VGA jenis VGA Onboard artinya VGA menempel permanen di motherboard atau mainboard. Untuk melepas VGA dari mainboard memerlukan alat dan keahlian khusus, tidak bisa dicabut dengan tangan kosong begitu saja.

Cara upgrade VGA laptop

Selain proses mencabut VGA yang rumit memasangnya kembali juga lebih rumit lagi. Tak hanya itu, kamu juga harus memastikan VGA yang dipasang kompatibel dengan mainboard. Karena jika asal pasang saja, bisa-bisa seluruh komponen laptop kamu rusak total. Walaupun secara praktik, mengganti VGA di laptop memungkinkan tapi itu hanya sekedar mengganti VGA yang rusak dengan VGA yang baru dan sejenis saja, bukan meng-upgradenya.

Apakah VGA Laptop bisa di Upgrade ?

Bisa mengikuti perkembangan game dan bisa memainkannya memang menyenangkan. Main game di laptop atau PC memungkinkan kamu bisa mengatur kedetilan grafis sesuai kemampuan perangkat keras komputer. Siapa sih yang nggak mau main game dengan grafis maksimal dan frame rate tinggi ? Tentu aja menikmati game jaman sekarang dengan performa dan kinerja yang maksimal, harus diimbangi dengan kemampuan hardware mumpuni, terutama VGA. Upgrade VGA di PC tentu mudah karena memiliki slot VGA khusus. Namun bagaimana dengan laptop ? Apakah VGA laptop bisa di upgrade? 

Cara Upgrade VGA Laptop dari Sisi Internal

Ada perbedaan signifikan antara VGA di laptop dan PC. Di PC kamu bisa menemukan slot VGA, sedangkan kamu nggak bisa menemukannya di laptop. Biasanya laptop menggunakan VGA onboard yang menempel di mainboard atau VGA terintegrasi di processor. Sayangnya VGA terintegrasi dengan processor tenaganya tak sekuat VGA yang terdedikasi (onboard). Umumnya laptop kelas consumer, bisnis, dan kelas entri nggak punya VGA onboard, jadi kamu nggak bisa berharap lebih untuk Upgrade VGA laptop.

Cara Upgrade VGA Laptop

Beberapa brand laptop seperti Sager dan Clevo memungkinkan penggunanya bisa kustomisasi sesuka hati. Kamu bisa mengupgrade komponennya, bahkan processornya. Namun jika dibandingkan dengan PC, komponen laptop cenderung jauh lebih mahal bro, dan kamu harus memasangnya di official store mereka. Selain itu, seperti yang kami jelaskan sebelumnya upgrade VGA laptop membutuhkan keahlian dan peralatan khusus. Jika asal pasang dan asal pilih VGA, mainboard laptop bisa rusak. Ganti VGA laptop pun hanya dimungkinkan jika VGA rusak. VGA yang rusak pun hanya bisa diganti dengan VGA sejenis bukan dengan VGA yang lebih powerful. 

Jadi bisa kita simpulkan, bahwa upgrade VGA laptop tidak bisa dilakukan. Jika kamu ingin upgrade VGA di laptop cara terbaik adalah menjual laptop tersebut lalu beli laptop baru dengan VGA onboard yang lebih kuat. Namun bagaimana cara upgrade VGA laptop tanpa menjual laptop ? Jawabanya bisa dengan cara memasang VGA eksternal di laptop.

Baca Juga  Cara Restart Laptop dengan Cepat, Mudah, Baik dan Benar

Cara Upgrade VGA Laptop dengan VGA Eksternal

Kalau kamu gak mau jual laptop lama dan tetap ingin upgrade VGA laptop, jangan sedih karena masih banyak jalan menuju Roma. Kalau kamu mau main game seperti GTA V, The Witcher 3, atau Crysis 3, kamu perlu laptop dengan spesifikasi tinggi bukan? Seenggaknya kamu beli Asus ROG atau MSI. Tapi kalo kamu lagi ngirit, pasti agak susah untuk membelinya.

Cara Upgrade VGA Laptop

Nah solusinya sebenarnya udah ada lho bro. Perkembangan teknologi yang pesat memungkinkan VGA laptop bisa di upgrade dengan bantuan VGA eksternal. VGA eksternal bisa jadi solusi terbaik untuk upgrade VGA laptop dengan bujet lebih ramah kantong. Jika kamu memiliki laptop dengan spesifikasi minimal Intel Core i5 dan RAM 8GB kamu bisa memasang alat bernama ViDock Nano. VGA eksternal dengan kisaran harga Rp 8,4 jutaan. ViDock Nano sudah dilengkapi power supply 200 watt dan VGA Card eksternal ala PC besutan MSI GeForce GTX 660. Setelah itu, kamu bisa menghubungkan VGA eksternal tersebut ke laptop dan layar monitor sebagai unit output dari ViDock Nano.

Upgrade VGA Laptop dengan Gigabyte Aorus GTX 1070

Jika kamu merasa VGA eksternal ViDock Nano sudah ketinggalan jaman, kamu bisa lho upgrade VGA laptop dengan VGA eksternal terbaru seperti Gigabyte Aorus GTX 1070. VGA eksternal ini sudah dibekali kartu grafis NVIDIA GTX 10 terbaru yang mendukung permainan berbasis VR (Virtual Reality). VGA eksternal ini juga dibekali Thunderbolt 3 dengan kecepatan transmisi hingga 40 Gbps. Untuk memasang VGA eksternal ini dibutuhkan laptop yang sudah dibekali port Thunderbolt 3.0. Spesifikasi lengkap Gigabyte Aorus GTX 1070 adalah:

  • GPU: GIGABYTE Geforce GTX 1070 mini ITX OC 8G
  • GPU clock: Boost: 1746 MHz/ Base: 1556 MHz in OC Mode, Boost: 1721 MHz/ Base: 1531 MHz in Gaming
  • Memory clock: 8008 MHz
  • Memory type: GDDR5
  • Memory size: 8GB
  • Digital max resolution: 7680×4320
  • Dukungan monitor: hingga 4 monitor.
Baca Juga  Keyboard Laptop Tidak Berfungsi? Begini Cara Mengatasinya

Cara upgrade VGA laptop dengan menambahkan VGA eksternal Gigabyte Geforce GTX 1070 cukup mudah selama laptop kamu mendukung Thunderbolt 3.0. Harga VGA eksternal ini adalah Rp 10.500.000. Kamu bisa membelinya secara online maupun di toko komputer terdekat.

Nah demikian artikel yang membahas cara upgrade VGA laptop untuk meningkatkan kinerja grafis di laptop kamu. Bagi kami dengan membeli ViDock Nano ini bisa menghemat uang daripada kamu beli laptop gaming baru yang harganya diatas Rp 10 juta. Namun jika kamu punya bujet lebih besar, kamu bisa mencoba beli Gigabyte Geforce GTX 1070. Sebelum upgrade VGA laptop kamu bisa pelajari cara mengetahui ukuran VGA dengan klik di siniTertarik ? Kenapa ragu buat nyoba ?

Leave a Comment