Cara Mengkompres Video di Laptop untuk Posting Instagram

Sebelum masuk ke bahasan mengenai cara mengkompres video, ada sedikit cerita yang menarik untuk kamu simak terlebih dahulu. Kapasitas penyimpanan sebuah komputer telah jauh meningkat dibandingkan dengan kira-kira sepuluh tahun yang lalu. Dulu komputer hanya dapat menampung data paling tidak sebesar 20 GB saja, namun sekarang telah naik hingga hitungan TB atau terabytes. Hal tersebut juga disebabkan oleh ukuran data yang kita simpan di dalamnya yang semakin besar.

Sebagai contoh, video yang kita ambil menggunakan kamera modern memiliki kualitas yang semakin tinggi yang artinya ukurannya juga menjadi semakin besar. Mungkin tidak masalah jika kamu menyimpan semua video tersebut di pc milikmu yang memiliki hard disk berkapasitas besar. Namun bagaimana jika kamu ingin menyimpannya di hp atau membagikannya melalui layanan chat tanpa mengorbankan kuota yang besar? Tentunya kamu perlu mengurangi ukuran dari video tersebut.

Cara Mengkompres Video

Mengkompres video sama artinya dengan kamu mengurangi ukuran dari video. Nah dengan menggunakan aplikasi Moviavi Video Converter, kamu tak hanya bisa mengkompresnya, namun juga menyimpannya dalam beragam format populer seperti AVI, MP4, MKV, MOV, WMV, dan lain sebagainya.

Cara Mengkompres Video

Berkat desain antarmuka yang sangat ramah, aplikasi ini juga mudah digunakan meskipun kamu baru menggunakannya untuk pertama kali. Kamu hanya perlu mengunduhnya dan menginstal di pc milikmu untuk mendapatkan manfaatnya. Berikut adalah petunjuk cara mengkompres video menggunakan Moviavi Video Converter.

Baca Juga  Begini Cara Screenshot PC Windows 7, Windows 8, Windows 10

1. Install Moviavi Video Converter di Komputer

Untuk mengunduhnya, kamu bisa langsung buka link berikut ini. Selanjutnya, buka file yang telah selesai diunduh kemudian lanjutkan dengan proses install. Ikuti instruksi sederhana yang diberikan untuk menyelesaikan proses instalasi. Jika sudah selesai, buka aplikasi.

2. Tambahkan File Video yang Ingin Dikompres

Langkah berikutnya adalah memilih video mana yang ingin kamu kompres menggunakan aplikasi ini. Kamu bisa melakukannya dengan menekan tombol Add Media kemudian tekan tombol Add Video yang terletak di bagian ujung kiri atas untuk membuka menu Open File. Pilih video mana yang ingin kamu kompres lalu klik Open.

3. Pilih Pengaturan dan Preset untuk Video

Klik tab Video, kemudian pilih format video yang kamu inginkan dari daftar yang diberikan. Ada baiknya jika kamu memilih satu format video yang paling sering digunakan seperti MP4 yang dikarenakan kompatibilitasnya yang luas baik itu untuk pc maupun untuk hp.

Kemudian jika kamu ingin mengubah beberapa parameter video dan juga formatnya, klik pada tombol Cogwheel di bagian bawah dan pilih sendiri pengaturan yang diinginkan seperti codec audio dan video, resolusi, rasio aspek, frame rate, dan lain sebagainya. Jika kamu ingin benar-benar mengecilkan ukuran video, gunakan salah satu codec video terbaru seperti H.264 karena codec tersebut dapat memberikan kualitas video yang lebih tinggi untuk ukuran yang lebih kecil.

Jika kamu ingin mengkompres video untuk kebutuhan smartphone, maka kamu bisa membuka tab Devices. Di situ kamu bisa memilih perangkat mana yang sesuai dengan milikmu dari daftar yang tersedia, kamudian pilih preset yang sesuai. Video akan diconvert secara optimal sesuai dengan parameter untuk satu perangkat tertentu.

Baca Juga  Cara Ping WiFi Paling Mudah untuk Cek Koneksi Internet

4. Tentukan Ukuran dan Kualitas Video

Ukuran dan kualitas dari video yang kamu inginkan nantinya ditentukan oleh nilai bitrate. Semakin tinggi nilai bitrate-nya, maka akan semakin baik kualitas dan semakin besar ukuran dari video tersebut.

Jika kamu ingin mengurangi ukuran dari suati file video, maka kamu perlu mengurangi nilai bitrate-nya. Klik perkiraan ukuran dari video yang akan dihasilkan nantinya pada informasi file untuk membuka window pengaturan ukuran. Tarik slider File Size untuk menentukan ukuran file yang akan dihasilkan. Klik Convert Sample untuk mengetahui berapa besar ukuran video yang dihasilkan setelah proses konversi.

5. Memilih Folder Penyimpanan dan Memulai Konversi

Secara default, semua file yang telah berhasil dikonversi akan tersimpan pada folder Moviavi Library di pc milikmu. Apabila kamu ingin menyimpannya di folder lain, kamu bisa menekan ikon Folder, kemudian membuat folder baru atau memilih folder yang sudah ada di komputer, lalu klik OK.

Untuk memulai proses konversi video, klik tombol Convert yang terletak di bagian bawah kanan. Setelah proses konversi selesai, folder yang memuat hasil video tersebut akan terbuka secara otomatis, atau tidak jika kamu menonaktifkan fitur tersebut. Begitulah cara mengkompres video.

Leave a Comment