Cara Update Driver VGA Komputer atau Laptop (NVIDIA dan AMD)

Cara update driver VGA komputer atau laptop tidaklah sulit. Mungkin bagi kamu yang menjadi gamer pemula nggak begitu tahu apa update driver itu atau mungkin tahu tapi nggak tahu fungsi update driver ini. Sebaiknya update driver VGA card dilakukan secara berkala ketika ada update-an terbaru. Hal ini dapat menjaga kesehatan kartu grafis kamu dan memaksimalkan kinerja dan performanya. Nah artikel kali ini akan membahas cara update driver vga NVIDIA atau AMD pada komputer atau laptop. Namun, sebelumnya kami akan membahas tentang seberapa penting sih update VGA itu.

Cara Update Driver VGA (Manfaat dan Mengapa Harus Dilakukan?)

Banyak yang meremehkan update driver VGA, sehingga ketika notifikasi driver terbaru muncul mereka mengabaikannya. Sebelumnya kami mengatakan bahwa driver dapat meningkatkan performa, ya tentu bukan dalam hal meningkatkan kecepatan frekuensi yang sudah dirancang secara pabrikan, namun performa dapat meningkat karena dapat mengapus bug-bug yang ada pada VGA card kamu.

Promo Asus ZenBook Pro Duo Bhinneka - Banner

Update driver VGA tentunya sangat diperlukan bagi kamu yang sering melakukan sesi gaming. Jika kamu pengguna kartu grafis NVIDIA, ketika keluar notifikasi, segera download jangan ragu-ragu. Nah, jika kamu belum tahu caranya, ikuti langkah-langkah yang kami berikan. Berikut cara update driver VGA.

Cara Update Driver VGA NVIDIA

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum mengupdate identifikasi dulu VGA card kamu. Apakah VGA yang kamu gunakan dan tipe apa, karena ketika seri yang kamu gunakan berbeda dengan software update-an yang kamu download, kamu nggak akan bisa menginstal atau nggak kinerja tidak berpengaruh.

Baca Juga  Mengetahui Apa Itu GPU Lebih Dalam (Penjelasan Lengkap)

Kamu bisa mengidentifikasi VGA card kamu dengan cara mengetik system information pada kotak pencarian Start menu. Nah selanjutnya, kamu nanti akan melihat jendela dan melihat menu drop down yang berisi informasi tentang hardware yang terpasang pada komputer kamu. Lalu klik menu display dan kamu akan melihat informasi tentang VGA card yang kamu gunakan.

Kamu bisa melakukan cara lain dengan cara memunculkan menu Run lalu mengetik ‘msinfor32’. Bagi kamu yang mau informasi lebih mendalam dan detail, menggunakan aplikasi speccy dapat menjelaskan secara komprehensif tentang kartu grafis yang kamu gunakan. Bagi kamu pengguna laptop yang terdapat dua buah kartu grafis (terdedikasi dan terintegrasi), kamu bisa melakukan switching.

Selanjtunya download driver di website resmi NVIDIA atau ketik di mesin pencarian Google ‘nvidia geforce driver’. Lalu pada sebelah kiri kamu akan melihat gambar seperti ini.Cara Update Driver VGA Komputer atau Laptop (NVIDIA dan AMD)

Pilih sesuai kartu grafis yang kamu identifikasi dengan cara yang kami sebutkan sebelumnya. Klik Start Search.

Cara Update Driver VGA Komputer atau Laptop (NVIDIA dan AMD)

Lalu pilih driver VGA terbaru.

Cara Update Driver VGA Komputer atau Laptop (NVIDIA dan AMD)

Setelah itu, instal driver tersebut.

Cara Update Driver VGA AMD

Pada dasarnya cara update driver VGA AMD tidaklah jauh berbeda dengan pesaingnya. Kamu cukup mengunjungi website AMD ataupun ketik ‘vga driver amd’ di mesin pencarian Google. Masuk ke web tersebut. Kamu akan diberikan beebrapa pilihan, dan selanjutnya pilih sesuai dengan apa yang kamu liat di identifikasi.

Cara Update Driver VGA Komputer atau Laptop (NVIDIA dan AMD)

Setelah kamu download, Instal driver update tersebut.

Cara Update Driver VGA dengan Driver Talent

Ada satu cara update driver VGA lain yang cukup ampuh yakni dengan menggunakan aplikasi Driver Talent. Aplikasi ini dapat kamu temukan di mesin pencarian Google. Kamu juga bisa menemukan aplikasi serupa. Namun kami lebih merekomendasikan aplikasi ini. Bagaimana cara kerjanya? Kamu tinggal masuk saja ke aplikasi ini, dan membiatkan aplikasi ini bekerja untuk mencari driver VGA terbaru secara otomatis.

Baca Juga  10 Game Horror PC Terbaik dan Terseram yang Bikin Merinding

Cara Update Driver VGA Komputer atau Laptop (NVIDIA dan AMD)

Di samping itu, selain mampu mengunduh update terbaru, Driver Talent dapat mencari bug yang muncul setelah muncul kamu menginstal driver. Pada aplikasi ini, terdapat fitur perbaikan. Yang kamu lakukan adalah klik scan. Aplikasi ini kami rekomendasikan banget karena kepraktisan dan kemudahan pemakaiannya.

Bagaimana? Mudah bukan? Kini kamu sudah tahu betapa pentingnya update driver VGA. Demikian artikel Laptopnesia kali ini tentang Cara update driver VGA AMD ataupun NVIDIA. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba teman-teman!

Leave a Comment