Harvest Moon Light of Hope PC Sebaik yang Dulu Kah?

Natsume mencoba mengembalikan kenangan masa lalu dengan Harves Moon PC seri terbaru yakni light of Hope. Game ini dirilis pada 17 November 2017 dan dipublikasikan oleh Natsume sendiri.

Harvest Moon PC 1

Bagi yang hidup di era 90an atau 2000an, siapa sih yang nggak kenal dengan Harvest Moon? Game bercocok tanam yang asyik dimainkan untuk menghabiskan waktu.

Harvest Moon PC 1

Di Harvest Moon pertama kamu akan bermain sebagai seorang pemuda yang diwarisi pertanian dan peternakan oleh mendiang kakeknya di sebuah kota kecil bernama Mineral Town. Kamu dituntut untuk mengembalikan seperti sediakala peternakan dan pertanian yang diwariskan ke kamu.

Pada dasarnya, walaupun game ini banyak penggemarnya, Harvest Moon memiliki gameplay yang repetitif. Di game ini yang harus kamu lakukan hanya menguus ternak, bercocok tanam, dan juga paling nggak ngobrol-ngobrol sama orang-orang sekitar.

Ditengah repetisi tersebut, ada event spesial yang seenggaknya membuat game ini punya tujuan. Dalam game Harvest Moon pertama yang dulu kamu akan melakukan kegiatan tersebut selama 3 tahun (tentu 3 tahun dalam game).

Harvest Moon PC 2

Untuk mewarnai hari-hari kamu, kamu bisa menikahi beberapa gadis yang ada di kota kecil tersebut. Gadis-gadis tersebut memiliki karakter yang masing-masing berbeda.

Grafisnya pun penggabungan antara karakter 2D dengan lingkungan 3D. Natsume mencoba untuk mengembalikan memori-memori masa lalu penggemarnya dengan membuat Harvest Moon PC dengan judul light of Hope. Namun, apakah Natsume bisa mengembalikan kejayaan masa lalunya?

Gameplay Harvest Moon Light of Hope

Game ini sebenarnya nggak cuma dirilis untuk PC, namun juga bisa dimainkan di konsol next-gen seperti PS4, Xbox One, dan juga Nintendo Switch.

Baca Juga  Bagaimana Cara Refund Game Steam Paling Mudah? Ini Dia!

Pada game ini kamu akan memainkan seorang protagonis yang datang ke sebuah kota dan diwariskan sebuah pertanian yang rusak.

Seperti Harvest Moon Back To Nature, kamu harus mengembalikan pertanian tersebut kekeadaan sebelumnya, dan membuatnya sukses.

Harvest Moon Light of Hope pada dasarnya memiliki mekanisme gameplay yang nggak jauh berbeda. Namun, pada serinya kali ini terdapat penyederhanaan dalam gameplay.

Penyederhanaan ini yang menurut kami membuat Light of Hope kurang greget seperti seri-seri sebelumnya. Jika kamu berharap game ini seperti game Harvest Moon sebelumnya seperti seri Save the Homeland, A Wonderful Life, dan yang lainnya, sebaiknya turunkan ekspektasi kamu.

Game ini terasa seperti game flash yang kapasitasnya cuma puluhan MB. Mekanisme keputusan dalam game ini juga agak kaku menurut kami.

Kalau kamu mencari game Harvest Moon PC, mungkin kamu bisa memainkan game seperti Stardew Valley atau download emulator PS1 atau PS2 kamu untuk memainkan Harvest Moon seri lama.

Grafis Harvest Moon Light of Hope PC

Bagaimana dengan grafisnya? Jika Harvest Moon Back to Nature memiliki tampilan karakter 2D dan lingkungan 3D, Save the Homeland memiliki grafis gaya cel shading, dan A Wonderful Life memiliki gaya full 3D, Light of Hope sedikit unik nih. Grafis yang tampil pada game ini memiliki gaya 3D pada karakternya dan 2D pada lingkungannya.

Tapi jika dilihat game ini untuk PC dan next-gen console sepertinya Harvest Moon Light of Hope bukan game yang serius dibuat.

Harvest Moon 3

Kami agak kecewa dengan Natsume dengan merilis game ini. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa game ini terkesan seperti game flash atau game Android (bahkan game Android saja sudah banyak yang dibuat dengan serius dan memiliki grafis yang hampir setara dengan konsol).

Baca Juga  5 Laptop 12 Inch Terbaik 2018, Spesifikasi dan Harga Terbaru

Kesimpulan: Nostalgia atau Nostalgila?!

Banyak sekali kekurangan yang dimiliki oleh Harvest Moon PC satu ini, dan kami berasumsi bahwa Natsume nggak terlalu serius membuat game ini.

Padahal di tahun 2016, sebuah studio pengembang game bernama Marvelous merilis sebuah game mirip Harvest Moon bernama Story of Seasons: Trio of Towns. Game tersebut memiliki grafis yang baik dan juga mekanisme gameplay yang asik.

Satu lagi kritikan untuk Natsume untuk game Harvest Moon PC ini, yaitu backsong nya yang terkesan asal jadi. Sepertinya game ini lebih cocok untuk disandingkan dengan game seperti Fruit Ninja yang ada di Android karena ya dari grafis, lagu, sampai, gameplaynya begitu mengecewakan. Tapi kalau kamu penasaran kamu bisa beli di Steam.

Demikian artikel Laptopnesia tentang Harvest Moon PC. Semoga bermanfaat!

Spesifikasi Minimum Harvest Moon Light of Hope

  • Sistem Operasi: Windows 7, Windows 8, Windows 10
  • Processor: Intel Core i3 3rdGeneration
  • Memory: 4 GB RAM
  • HDD Space: 1 GB

Leave a Comment