3 Jenis Sistem Operasi di Laptop/PC, Pengertian & Fungsinya

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang berfungsi mengelola memori dan proses yang berjalan di dalam sebuah komputer. Apapun jenis sistem operasi di laptop atau PC, semuanya sama-sama berfungsi mengatur kerja perangkat lunak dan perangkat keras. Sistem operasi memungkinkan kamu bisa berinteraksi dengan aplikasi dan fitur komputer tanpa harus mengetahui bahasa pemrogaman komputer. Tampilan sistem operasi  pun dirancang untuk memudahkan pengguna komputer untuk mengakses fitur dan aplikasi melalui tampilan grafis visual.

Jenis sistem operasi

Secara umum, tugas sistem operasi adalah mengelola seluruh perangkat lunak dan perangkat keras di komputer. Jika perangkat lunak membutuhkan akses ke perangkat keras seperti: CPU, RAM, penyimpanan, dan grafis maka sistem operasi bertugas menjembataninya. Tanpa sistem operasi, komputer tidak bisa digunakan sama sekali.

Jenis Sistem Operasi Berdasarkan Antarmuka

Saat ini, sistem operasi tidak hanya digunakan di komputer saja namun juga perangkat elektronik lain seperti smartphone. Jika kita melihat dari segi antarmukanya, sistem operasi bisa dibedakan menjadi dua, yaitu:

  1. Command Line Interface (CLI) adalah sistem operasi yang berbasis huruf, angka, dan simbol. Jadi untuk akses berbagai fitur komputer, kamu harus memasukan kode huruf, angka, dan simbol pada tampilan antarmukanya. Sistem operasi ini sudah tidak banyak digunakan karena cukup merepotkan. Contoh sistem operasi CLI adalah DOS
  2. Graphical User Interface adalah sistem operasi yang menggunakan grafis gambar sebagai sarana interaksi antara user dengan komputer. Sistem operasi ini memungkinkan kamu bisa mendapatkan informasi dan akses menu yang lebih mudah. Semua menu dan akses ke fitur ditampilkan dalam bentuk gambar sehingga akan lebih mudah dipelajari oleh pengguna baru sekalipun. Sistem operasi GUI paling banyak digunakan saat ini, contohnya adalah: Windows, macOS, dan Linux.

Jenis Sistem Operasi pada Komputer

Saat pertama kali kamu membeli laptop atau PC biasanya kamu akan langsung mendapatkan sistem operasi di dalamnya. Sebagian besar komputer sudah terpasang sistem operasi bawaan. Kamu juga bisa mengubah sistem operasi pada komputer sesuai keinginan. Saat ini ada 3 sistem operasi populer yang paling umum digunakan di laptop atau PC, apa saja? Dan apa kelebihan dan kekurangannya?

Baca Juga  Perbedaan AMD dan Intel Serta Kelebihan dan Kekurangannya

1. Windows OS

Sistem operasi Windows diciptakan pertama kali oleh Microsoft pada tahun 1980-an. Sampai saat ini Microsoft sudah merilis banyak versi Windows OS, seperti: Windows XP, Windows 7, Windows Vista, Windows 8, dan yang terbaru adalah Windows 10. Windows sendiri merupakan jenis sistem operasi komputer yang paling banyak digunakan di dunia. Hampir semua merk laptop pasti menggunakan sistem operasi ini. Versi Windows paling baru memiliki fitur yang lebih canggih dan antarmuka lebih intuitif. Windows 10 sebagai sistem operasi terbaru memiliki beragam fitur andalan, salah satunya adalah asisten digital Cortana yang memungkinkan kamu bisa memberikan perintah ke laptop melalui perintah suara.

Jenis sistem operasi

Kelebihan Sistem Operasi Windows

Kelebihan sistem operasi Windows adalah kompatibilitas yang luas terhadap berbagai macam aplikasi dan perangkat peripheral komputer. Kemudahan dari segi pengoperasian juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengguna komputer. Kemudian, sistem  operasi Windows juga lebih mudah dipelajari, jadi jika ada kesalahan atau error bisa langsung diperbaiki dengan mudah.

Kekurangan Sistem Operasi Windows

Kekurangan sistem operasi Windows adalah harganya cukup mahal sehingga banyak orang rela menggunakan sistem operasi bajakan ketimbang harus membeli yang asli. Menggunakan sistem operasi bajakan tentunya sangat berbahaya bagi pengguna itu sendiri. Untuk mengakali kekurangan ini, Microsoft bekerjasama dengan berbagai merk laptop untuk menyertakan sistem operasi dalam produk terbarunya. Dengan begitu, saat kamu membeli laptop kamu sudah mendapatkan sistem operasi Windows sekaligus.

2. macOS

macOS (Macintosh) adalah jenis sistem operasi buatan Apple. Tidak seperti Windows, macOS hanya tersedia khusus pada laptop atau PC buatan Apple, seperti: MacBook, iMac, Mac Pro, dan Mac Mini. Semua versi macOS terbaru kini dikenal dengan seri OS X (dibaca OS Ten). Beberapa versi terbaru macOS di antaranya adalah: El Capitan, Yosemite, Mavericks, Mountain Lion, hingga yang terbaru adalah High Sierra. Antarmuka macOS berbeda jauh dengan Windows OS, sehingga untuk pengguna Windows yang ingin beralih ke macOS pasti membutuhkan waktu adaptasi yang cukup lama. Namun begitu, banyak orang yang lebih suka bekerja dengan macOS karena dianggap lebih intuitif dan responsif.

Jenis sistem operasi

Kelebihan Sistem Operasi macOS

Kelebihan macOS adalah memiliki tingkat keamanan lebih baik dan stabil. Tampilan grafisnya juga lebih ramah pengguna (user friendly) sehingga untuk sebagaian orang terlihat sangat menarik. Di samping itu, banyak pengguna komputer yang menganggap macOS lebih cepat dibanding Windows OS.

Baca Juga  Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Baterai CMOS Pada Laptop

Kekurangan Sistem Operasi macOS

Kekurangan macOS adalah terlalu egois. Sistem operasi ini tidak menyediakan dukungan sistem komputer berbasis IBM sehingga kerap tidak kompatibel dengan berbagai perangkat lunak dan perangkat keras yang bisa digunakan di Windows. Kekurangan ini membuat kurang begitu fleksibel saat digunakan bersama Windows. Selain itu, faktor harga juga menjadi alasan kenapa tidak banyak orang yang menggunakan sistem operasi ini. Bagiamana tidak, untuk mencicipi sistem operasi ini kamu harus membeli laptop atau PC besutan Apple yang harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

3. Linux OS

Linux adalah jenis sistem operasi bersifat open source di mana kode pemrogamannya (source code) bisa dimodifikasi dan dipakai siapa saja di seluruh dunia. Sistem operasi Linux berbeda dengan Windows dan macOS karena sistem operasi ini bersifat gratis. Selain itu, ada banyak varian Linux yang beredar sehingga kamu bisa pilih mana sistem operasi yang paling pas dengan kebutuhan. Linux memang tidak banyak digunakan, bahkan pangsa pasarnya hanya 2% dari seluruh sistem operasi secara global. Akan tetapi, banyak komputer server di dunia menggunakan Linux karena lebih mudah dimodifikasi.

Jenis sistem operasi

Kelebihan Sistem Operasi Linux OS

Kelebihan Linux OS adalah bersifat open source sehingga kamu bisa mendapatkannya secara gratis. Linux juga lebih kebal terhadap virus karena sebagian besar virus dirancang untuk komputer Windows. Aplikasi bawan dan driver Linux juga tergolong lengkap jadi kamu bisa mengoperasikan komputer layaknya menggunakan sistem operasi yang lebih populer.

Kekurangan Sistem Operasi Linux OS

Kekurangan Linux OS yang paling besar adalah susahnya mencari aplikasi dan games yang mendukung sistem operasi ini. Tidak seperti Windows dan macOS, developer tidak terlalu rajin membuat aplikasi yang mendukung sistem operasi Linux. Penyebabnya karena tidak banyak laptop atau PC yang mendukung Linux. Kekurangan lain dari Linux adalah cukup sulit dipelajari oleh pengguna komputer pemula. Pengguna Linux harus terbiasa dengan yang namanya terminal, root, dan permasalah lain yang tidak akan dijumpai pada Windows dan macOS.

Nah itu tadi adalah jenis sistem operasi pada laptop / PC, fungsi, serta kelebihan dan kekurangannya. Apapun sistem operasinya tujuannya tetap sama yaitu memudahkan pengguna untuk bekerja dengan perangkat lunak. Fungsi utama sistem operasi adalah sebagai jembatan antara perangkat lunak dan keras. Tanpa sistem operasi, komputer yang canggih sekalipun tidak akan bisa berbuat apa-apa. Semoga artikel jenis sistem operasi pada komputer ini bermanfaat.

Leave a Comment