Bagaimana Cara Refund Game Steam Paling Mudah? Ini Dia!

Apa kamu tahu cara refund game Steam? Apabila kamu belum tahu, Laptopnesia akan memberikan artikel bagaimana cara refund game Steam.

Cara Refund Game Steam 2

Steam hingga kini menjadi digital distributor game, banyak game yang masuk ke dalam Steam. Pada tahun 2015 silam, Steam sebagai digital distributor game PC memberikan kebijakan refund untuk penggunanya yang menginginkan game-nya kembali.

Fitur ini memungkinkan pelanggan Steam menerima uangnya kembali apabila ada game yang mengecewakan. Namun untuk melakukan refund ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi.

Nah kamu kemaren baru beli game yang membuat kamu kecewa? Kamu nggak salah mengunjungi artikel ini. Laptopnesia akan menjelaskan syarat dan cara refund game Steam. Berikut cara-caranya.

Cara Refund Game Steam Paling Mudah

1. Membuka Steam Support

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk refund game Steam adalah membuka Steam Support yang bisa kamu temukan pada tombol Help yang terletak pada pojok kiri atas di aplikasi Steam.

2. Cari Games yang Mau Kamu Refund

Setelah menemukan dan membuka menu Steam Support pada menu Help, untuk dapat merefund, kamu harus mencari game yang ingin kamu refund.

Apabila game yang kamu beli bukan produk terkini atau masuk ke dalam kategori ‘Recent Products’, kamu bisa menemukannya pada kolom Search Steam Support pada bagian paling bawah.

Baca Juga  Sejarah Windows, Perjalanan Panjang dan Perkembangannya

3. Proses Refund

Selanjutnya, setelah kamu memilih game yang mau kamu refund, nanti akan muncul opsi, dan pilihlah issue dengan game yang mau kamu refund.

Setelah memilih issue tersebut, nanti akan muncul pilihan Request Refund. Setelah kamu memilih Request Refund, kamu akan diminta alasan mengatap kamu me-refund game yang kamu beli. Selanjutnya, pilih Submit Reques.

Apabila kamu ingin merefund game yang baru saja beli, kamu harus mengikuti persyaratan-persyaratan berikut sebelum merefund game kamu.

Cara Refund Game Steam (Syarat-syarat Refund Game Steam)

1. Jangka Waktu

Game yang kamu baru saja beli, bisa direfund apabila usia game yang kamu beli baru dua minggu. Di hari keempat belas kamu masih bisa meminta refund.

Cara Refund Game Steam 1

Apabila lebih dari dua minggu, game yang kamu beli nggak bisa kamu refund kembali. Dan game tersebut akan terus berada di library-mu selamanya.

2. Game Hanya Boleh Dimainkan Maksimal 2 Jam

Persyaratan lain yang harus kamu ikuti ketika kamu ingin merefund game kamu adalah, game yang kamu beli hanya dimainkan dua jam kurang.

Apabila kamu memainkannya lebih dari 2 jam walaupun itu lebih 5 menit, permohonan refund kamu akan ditolak oleh Steam. Maka dari itu, pastikan game tersebut akan kamu refund atau tidak.

3. In Game Purchase atau Pembelian Item Dalam Game

Bagaimana ketika mau merefund, kita sudah membeli item dalam game? Kamu masih bisa merefund game yang kamu beli walaupun kamu sudah membeli item dalam game, asalkan kamu belum menggunakan, mentransfer, atau memodifikasi item tersebut (hal ini hanya berlaku untuk game-game yang dikembangkan oleh Valve).

Terkadang beberapa game pihak ketiga yang tidak bekerja sama dengan Steam, dan menolak proses refund yang kamu minta. Maka dari itu, supaya refund kamu disetujui, kamu harus menghubungi perusahaan pihak ketiga tersebut.

Baca Juga  Cara Defrag Windows 10 di Komputer Agar Performa Tetap Oke

Cara Refund Game Steam (Cara Membatalkan Refund)

Terkadang ketika ingin merefund suatu game, kamu bisa merubah pikiran dan nggak jadi refund game tersebut. Apabila kamu ingin membatalkan refund, kamu bisa kembali ke Steam Support dan cari game yang pengin kamu batalkan.

Selanjutnya, klik game tersebut. Kemudian klik pilihan Cancel refund request. Ada satu hal yang harus kamu perhatikan, apabila ingin membatalkan refund.

Kamu harus melakukannya sesegera mungkin karena biasanya proses pembaatalan refund membutuhkan waktu yang lama.

Hal ini disebabkan karena banyak permintaan refund yang diterima. Jika permintaan Anda diterima atau ditolak, Valve akan mengirim e-mail Anda.

Kesimpulan

Permintaan refund yang disetujui membutuhkan waktu selama 7 hari. Kemudian, refund akan dikirimkan sesuai dengan metode pembayaran yang kamu gunakan, entah itu melalui Steam Wallet atau pun kartu kredit.

Apabila kamu menggunakan Steam Wallet, Valve akan mengirimkan ke saldo kamu, begitu juga dengan kartu kredit, Valve akan mengirimkannya ke kartu kredit kamu.

Demikian artikel Laptopnesia tentang cara refund game Steam. Bagaimana tidak sulit bukan? Semoga bermanfaat!

Leave a Comment