Cara Menginstal Windows 10 di Komputer atau Laptop, Mudah !

Artikel Laptopnesia kali ini akan membahas cara menginstal Windows 10. Kamu bisa melakukannya ketika menginstal ulang dengan cara clean install. Hal ini dapat menjadi solusi terakhir ketika komputer kamu terkena virus dan malware, dan sudah sulit untuk dibenarkan lagi. Namun, sebelum kamu menginstal ulang, jika ada file atau folder penting, segeralah kamu simpan dulu di suatu tempat, entah itu di hardisk yang tidak akan kamu jadikan system, flash disk ataupun Goole Drive.

Cara Menginstal Windows 10 di Komputer atau Laptop, Mudah

Windows 10 merupakan sistem operasi keluaran terbaru dari Microsoft yang memiliki beberapa edisi seperti apa yang dimiliki oleh Windows 7 dan 8. Dapat dikatakan seri Windows 10 ini merupakan versi upgrade dari Windows 8 karena bagi sebagian user, mengoperasikan Windows 8 membutuhkan adaptasi yang lebih lama karena antarmuka dan fitur-fitur yang jauh berbeda.

Selain itu, karena fitur-fitur yang dimiliki Windows 10 dan Start menunya tidak jauh berbeda dengan seri sebelumnya, sistem operasi terbaru dari Microsoft ini sangat laris penjualannya. Nah bagi kamu yang mau upgrade Windows atau mau merasakan fitur-fitur yang ditawarkan Microsoft untuk seri Windows terbarunya ini, kami akan menyuguhkan beberapa cara agar kamu bisa menginstal Windows 10 kamu. Caranya mudah dan tidak sulit.

Hal lain yang harus kamu ketahui adalah, berbeda dengan Windows XP atau 7, product key pada Windows 10 hanya bisa digunakan pada 1 device. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin menginstal untuk beberapa komputer, kamu bisa memesan edisi Windows 10 lain seperti Enterprise, Education, atau Pro dengan jumlah yang banyak.

Untuk menginstal sistem operasi terbaru dari Windows ini, kamu harus memperhatikan spesifikasi PC atau laptop kamu. Apakah spesifikasi laptop atau komputer ini memenuhi syarat atau nggak.

Baca Juga  Apakah Perbedaan DDR3 dan DDR3L ? Ketahui Secara Detil !

Cara Menginstal Windows 10 di Komputer atau Laptop

  1. Pertama-tama nyalakan komputer atau laptop. Bagi kamu yang menggunakan DVD installer Windows 10, kamu nggak perlu atur boot pertama di menu BIOS, namun kamu harus melakukan hal tersebut ketika menggunakan flash disk.
  2. Untuk kamu yang pakai flash disk, atur Boot di menu BIOS atau UEFI (Tampilan menu BIOS berbeda-beda tergantung dari motherboard). Bagaimana cara masuk ke menu BIOS? Tekan tombol DEL terus menerus dengan cepat ketika kamu menyalakan komputer (ada beberapa merk lain menggunakan tombol berbeda ketika ingin masuk BIOS seperti F1/F2/F9/F10. Selanjutnya setelah masuk ke dalam menu BIOS, cari Boot dan kamu pastikan gunakan DVD atau flashdisk untuk medianya pada booting pertama. Cara Menginstal Windows 10 di Komputer atau Laptop, Mudah
  3. Jika kamu sudah mengeset, simpan dan restart. Lalu kamu akan melihat tampilan seperti di bawah ini. Tekan Enter untuk masuk ke dalam instalasi Windows 10. Cara Menginstal Windows 10 di Komputer atau Laptop, Mudah
  4. Pilih bahasa dan format waktu, dan klik next. Cara Menginstal Windows 10 di Komputer atau Laptop, Mudah
  5. Selanjutnya Install Now.
  6. Masukkan Product Key. Cara Menginstal Windows 10 di Komputer atau Laptop, Mudah
  7. Centang kotak kecil “I accept the license terms”, kemudian klik “Next”. Cara Menginstal Windows 10 di Komputer atau Laptop, Mudah
  8. Untuk melakukan Clean Install pilih “Custom: Install Windows only (advanced)”. Cara Menginstal Windows 10 di Komputer atau Laptop, Mudah
  9. Selanjutnya, atur partisi sesuai keinginan kamu. Kamu harus menghapus sistem operasi yang terinstal sebeulumnya dengan cara klik Delete, dan gannti dengan partisi baru setelahnya. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, kamu sebaiknya buat backup data kamu sebelum menghapus sistem operasi lama. Cara Menginstal Windows 10 di Komputer atau Laptop, Mudah
  10. Setelah berhasil dan membuat partisi, klik next.
  11. Proses instalasi pun berjalan. Cara Menginstal Windows 10 di Komputer atau Laptop, Mudah
  12. Setelah selesai proses instalasi, komputer atau laptop kamu akan secara otomatis melakukan restart.
  13. Agar tidak terjadi pengulangan, kamu harus mencabut flashdisk kamu ketika komputer kamu mulai restart.
  14. Setelah komputer kamu melakukan restart secara otomatis, kamu akan diminta memasukkan data seperti nama dan pengaturan.
  15. Setelah mengisi data, kamu sudah bisa masuk ke dalam Windows 10. Cara Menginstal Windows 10 di Komputer atau Laptop, Mudah
  16. Selesai.
Baca Juga  6 Laptop Touchscreen (Layar Sentuh) Terbaik & Terbaru 2018

Akan tetapi jika kamu ingin Install driver untuk GPU kamu, ada beberapa versi Windows 10 yang belum kompatibel, oleh karena itu, kamu harus melakukan update terlebih dahulu. Untuk melakukan update kamu install terlebih dahulu Windows 10 Update Assistant. Update-annya cukup besar lho, jika internet kamu lama, ya kamu harap bersabar aja ya teman-teman.

Demikian artikel Laptopnesia kali ini yang membahas tentang cara menginstal Windows 10 di komputer atau laptop. Bagaimana? Mudah bukan? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment