Komputer Restart Sendiri ? Begini Cara Memperbaikinya

Komputer restart sendiri mungkin sering dialami oleh setiap orang. Komputer yang suka restart sendiri memang menyebalkan, apalagi jika pekerjaanmu belum disimpan. Banyak yang berpikir kalau komputer restart sendiri adalah hal wajar dan tidak berakibat apa-apa. Padahal ini termasuk masalah yang serius lho. Komputer yang sering restart sendiri bisa saja menandakan ada yang salah pada sistem operasi atau hardware komputermu. Jika masalah ini dibiarkan saja tanpa penanganan lebih lanjut, lama-lama komputermu bisa rusak total.

Sebenarnya ada banyak penyebab kenapa komputer restart sendiri. Penyebab paling banyak adalah adanya kesalahan hardware. Hardware komputer yang terpapar banyak debu atau kotor bisa menyebabkan komputer restart sendiri. Misalnya jika Motherboard atau RAM terlalu kotor maka akan membuat error pada sistem. Untuk menangani masalah tersebut, kamu cukup membersihkan komponen yang kotor dan setelah itu pasti normal kembali. Namun jika masalah komputer restart sendiri masih terjadi lagi? Bisa jadi ada faktor penyebab lain, seperti:

Promo Asus ZenBook Pro Duo Bhinneka - Banner

Penyebab dan Cara Menangani Komputer Restart Sendiri

1. Processor Kepanasan

Processor adalah otak dari komputer. Jika processor menerima pekerjaan berat terus menerus maka akan cepat panas. Suhu panas processor tersebut jika tidak segera didinginkan, bisa menyebabkan processor berhenti bekerja dan komputer restart sendiri. Untuk itu, kamu harus rutin memantau suhu processor secara rutin. Selain itu, pastikan tidak menggunakan komputer di suhu ruangan yang panas atau terpapar sinar matahari langsung karena bisa membuat komponen hardware di dalamnya cepat panas.

Baca Juga  Cara Membuat Hotspot di Laptop dengan dan Tanpa Aplikasi

Cara mengatasi komputer restart sendiri akibat processor kepanasan adalah dengan membersihkan komponen hardware dan kipas pendingin secara teratur. Ganti juga Thermal Paste yang sudah kering dengan yang baru untuk membantu menstabilkan suhu processor. Ada baiknya juga kamu mengganti sistem pendingin komputer dengan yang lebih baik jika permasalahan komputer restart sendiri ini terus menerus terjadi.

2. Driver/Software Tidak Kompatibel

Driver yang tidak kompatibel dengan hardware dan sistem operasi bisa menyebabkan komputer restart sendiri. Selain itu, permasalah kompatibilitas ini juga bisa menyebabkan komputer sering mengalami blue screen. Kamu bisa mengecek driver yang bermasalah pada Device Manager. Cara membuka Device Manager adalah dengan cara menekan tombol Start lalu ketik “device manager” pada kolom pencarian. Setelah itu ganti driver yang bermasalah.

Komputer restart sendiri

Selain driver, memasang software yang membutuhkan spesifikasi lebih tinggi dibanding spesifikasi komputermu sendiri akan membuat sistem restart sendiri. Jika memaksakan menggunakan aplikasi yang berat di komputer yang speknya pas-pasan akan membuat komputer lemot setelah itu restart sendiri. Untuk menangani masalah ini sangat mudah. Jangan instal aplikasi yang membutuhkan spesifikasi lebih tinggi dari komputermu.

3. Power Supply Kekurangan Daya

Kipas power supply yang macet menjadi salah satu penyebab utama komputer restart sendiri. Kipas yang macet menyebabkan power supply kepanasan atau overheat. Untuk mengetahui kipas power supply sedang bermasalah cukup nyalakan komputer. Jika terdengar bunyi berisik pada kipas dan terasa panas saat dipegang maka bisa jadi ada masalah serius pada power supply.

Jika kinerja power supply terganggu, daya listrik yang dipasok ke komputer jadi terganggu sehingga menyebabkan komputer restart sendiri. Untuk menanganinya, tidak ada cara lain selain memperbaiki atau mengganti power supply dengan yang baru. Pastikan daya listrik atau power supply kamu kompatibel dengan komputermu.

Baca Juga  Cara Mengatasi Laptop Lemot (Dijamin Ampuh)

5. Hardisk Bad Sector/Error

Penyebab komputer restart sendiri selanjutnya adalah karena ada hardisk error atau bad sector. Cakram keras yang rusak bisa membuat komputer restart terus menerus. Biasanya masalah ini juga diikuti dengan munculnya Blue Screen pada layar. Cara mengatasinya adalah dengan mengaktifkan scan disk atau check disk. Selain itu, kamu juga bisa sering melakukan defragment hardisk untuk menjaga kesehatan hardiskmu. Perawatan yang baik dan berkala bisa membuat hardisk lebih awet dan komputer tidak restart sendiri.

Mencegah Komputer Restart Sendiri Melalui System Settings

Software dan driver bisa jadi penyebab utama kenapa komputermu restart sendiri. Untuk mencegah software atau driver me-restart komputer, kamu bisa mengubah pengaturan setting dengan cara berikut ini:

  1. Buka Control Panel > System and Security > System
  2. Setelah itu klik Advanced system settings di bar kiri
  3. Pilih tab Advanced lalu klik tombol Settings di bawah Startup and Recovery
  4. Di bawah System Failure klik lepas opsi centang pada “Automatically restart.”

Komputer restart sendiri

Dengan begini, jika komputermu mengalami masalah pada sistem tidak akan restart secara otomatis. Sebagai gantinya kamu akan mendapatkan informasi atau pop up tentang permasalah pada sistem jika terjadi error. Terima kasih sudah membaca tips menangani komputer restart sendiri di Laptopnesia.

Leave a Comment