Home » Review » Laptop Lenovo Legion Y545 11ID – Siap Untuk Game Esport dan AAA

Laptop Lenovo Legion Y545 11ID – Siap Untuk Game Esport dan AAA

Legion Y545

Pasar laptop gaming hingga hari ini semakin masif, dan Lenovo Legion Y545 11ID hadir sebagai pemain baru yang siap berkompetisi dengan produk-produk dari kompetitornya yang secara kualitas dan fiturnya tergolong tinggi. Masifnya pasar laptop gaming tentu juga bersandingan juga berkembangnya teknologi gaming. Seperti yang kita tahu, terhitung hari ini, teknologi seperti ray tracing hingga dikembangkan hingga sekarang. Banyak game-game baru sudah mulai menggunakan teknologi tersebut.

Legion Y545

Apakah karena teknologi ray tracing semakin berkembang, laptop gaming yang masih belum mendukung teknologi tersebut otomatis langsung usang? Tentu tidak! Begitu juga dengan Lenovo Legion Y545 11ID. Laptop ini bisa menjadi salah satu laptop alternatif untuk para gamers untuk bisa memainkan game-game terkini dengan lancar. Bagi kalian tertarik untuk mencari laptop gaming mumpuni, kalian bisa mengikuti artikel ini hingga akhir.

Desain Laptop Lenovo Legion Y545 11ID

Semakin ke sini, laptop dengan desain yang terlalu futuristic dengan gaya robotik sudah mulai ditinggalkan. Beberapa tahun lalu, desain laptop gaming ala Alienware cukup populer. Di masa belum selaris sekarang pun, laptop gaming ASUS ROG pun memiliki desain yang tebal dan robotik. Begitu juga dengan Lenovo Legion Y545 11ID, laptop ini memiliki desain minimalis, meskipun masih meninggalkan desain gaming yang futuristik. Warna hitam raven black membuat laptop ini semakin gagah.

Legion Y545

Layar Lenovo Legion Y545 11ID

Yang membuat laptop ini menarik adalah layarnya yang hadir dengan refresh rate 144Hz. Layar dengan refresh rate tinggi sudah menjadi standar laptop gaming hari ini. Selain itu, yang juga dari layar laptop gaming ini adalah resolusi Full HD yang disertakan oleh teknologi G-SYNC. Perpaduan G-SYNC dan refresh rate 144Hz akan membuat gaming menjadi lebih mulus. Layar laptop Lenovo Legion Y545 11ID ini didesain dengan gaya bezel tipis. Bezel tipis tidak hanya membuat sudut pandang menjadi lebih luas, namun juga membuatnya terlihat lebih sleek dan elegan. Layar dengan panel IPS yang disematkan pada laptop ini juga memiliki kecerahan yang nyaman dan akurasi warna yang baik karena hadir dengan 300 nits.

Baca Juga  Acer Predator Helios 300, Review Spesifikasi & Harga Terbaru

Processor dan GPU Lenovo Legion Y545 11ID

Hanya karena dunia gaming kini sudah mulai menggunakan teknologi RTX, bukan berarti GPU non-ray tracing semudah itu ditinggalkan. Apalagi konsol seperti PS4 masih banyak di pasaran. Laptop gaming dari Lenovo ini menggunakan GTX 1660 Ti yang ditengarai sebagai GPU kelas menengah yang menjadi standardisasi GPU yang mampu menjalankan gaming dengan lancar (60 fps). NVIDIA GeForce GTX 1660 Ti ini menggunakan arsitektur Turing dan hadir dengan 1536 CUDA Core yang memiliki kecepatan 1,500MHz dan turbo 1,700MHz.

Untuk divisi CPU-nya, laptop ini ditenagai processor Intel Core i7 9750H yang memiliki 6 core yang memilki core speed 2.6 GHz yang kecepatannya bisa ditingkatkan hingga 4.5 GHz. Kemudian, untuk mendinginkan CPU dan GPU-nya, laptop ini dibekali dengan sistem pendingin Lenovo Coldfront yang memiliki dua saluran thermal dan juga empat ventilasi sehingga mampu memberikan aliran udara yang sangat baik.

Sistem Audio dan Fitur Lainnya

Laptop gaming hari ini juga tak hanya ingin mengoptimalkan sisi grafisnya. Mereka juga ingin merancang sebuah laptop gaming yang audionya juga memuaskan. Hal ini karena gaming adalah sebuah entertainment yang tak hanya mengutamakan visual, namun juga audio. Lenovo Legion Y545 11ID ini hadir dengan dua buah speaker besutan Harman Kardon yang disertai dengan fitur Dolby Atmos. Harman Kardon adalah merek audio dari Amerika Serikat yang sudah sejak lama bekerja sama dengan beberapa merek besar seperti JBL, AKG, dan masih banyak lagi. Sudah pasti, kualitas audio yang dimiliki laptop ini jangan diragukan.

Kesimpulan

Laptop dari Lenovo ini bisa dibilang adalah laptop gaming dengan harga yang cukup terjangkau. Harga yang dibanderol laptop ini tidak menyentuh angka Rp 20 juta. Dengan harga Rp 17 jutaan, Anda bisa mendapatkan sebuah laptop gaming mumpuni untuk game-game AAA dan juga game esport. Bagi kalian yang memiliki budget di bawah Rp 20 juta untuk bisa memainkan game terkini, tidak ada salahnya untuk membeli laptop gaming dari Lenovo ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *