Review ASUS ROG Strix G G531GD: Laptop ROG Murah Meriah

ASUS ROG Strix G G531D bisa dibilang menjadi laptop gaming ASUS ROG yang harganya cukup terjangkau. Untuk kelas laptop gaming harga terjangkau, ASUS sendiri padahal memiliki lini TUF Gaming. Akan tetapi ada beberapa fitur yang hanya ada di ASUS ROG seperti keyboard backlit RGB yang full dikustomisasi. Selain itu, logo ASUS ROG adalah sebuah kebanggaan.

ASUS ROG Strix G G531GD

Memiliki produk ASUS ROG bisa meningkatkan kelas kalian. Meski harganya murah dan dibanderol di bawah Rp 20 juta, laptop ini tetaplah ASUS ROG Strix yang memiliki desain keren dan juga konstruksi kokoh.

Yang membedakan dari laptop gaming di atas Rp 20 jutaan adalah isi jeroannya dan beberapa fitur saja. Kalau kalian sedang mencari sebuah laptop gaming yang harganya terjangkau, laptop ini bisa kalian lirik. Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas laptop gaming besutan ASUS ini. Ikuti hingga artikel ini hingga akhir.

Harga ASUS ROG Strix G G531GD

Seperti yang kita ketahui, laptop gaming ASUS ROG umumnya dibanderol dengan harga yang mahal yang bisa mencapai lebih dari Rp 25 juta. Selain itu, market PC gaming di dunia semakin meningkat, terlebih adanya Steam sebagai platform penjualan game secara online yang sering memberikan tawaran berupa diskon besar-besaran.

Maka dari itu, beberapa produsen membuat laptop gaming yang ditujukan untuk gamers kelas menengah yang biasanya dibanderol dengan harga di bawah Rp 20 jutaan. Karena itu pun ASUS juga merilis lini gaming yang lebih terjangkau yakni TUF gaming.

Namun, untuk seri ROG Strix G G531GD, ASUS memberikan penawaran menarik untuk para gamers kelas menengah yang ingin memiliki laptop gaming dengan logo ikonik ROG di bodinya. Bagi kalian yang ingin mendapatkan laptop ini, kalian bisa membayar dengan mahar sebesar Rp 14,299,000. Kabar baiknya lagi, meski harganya sangat murah untuk ukuran laptop gaming, laptop gaming ASUS ini masih memberikan fitur-fitur utama yang ada di laptop gaming ASUS ROG. Laptop ini dibanderol dengan harga yang sangat murah, lalu, bagaimana untuk performanya?

Baca Juga  iMac 27 inci, Spesifikasi Terbaru Layar 5K, Berapa Harganya?

Performa Cukup Memuaskan di Kelasnya

Untuk departemen hardwarenya, laptop gaming ASUS ROG Strix G G531GD ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i5 generasi ke-9. Tentu saja dengan prosesor i5 generasi yang setahun lalu rilis, harganya bisa ditekan sedemikian rupa. Begitu juga dengan GPU-nya yang masih menggunakan NVIDIA GeForce seri pascal yakni GTX 1050 4 GB.

ASUS ROG Strix G G531GD

Namun, dengan CPU dan GPU tersebut, kemampuan gaming AAA dengan resolusi Full HD, masih mampu berjalan di 40 – 60 fps dengan konfigurasi grafis mid-high hingga high. Ya tentu saja, kalian nggak bisa berekspektasi tinggi untuk mendapatkan performa mulus ketika men-setting ke settingan grafis full high hingga ultra.

Kemudian, ketika diuji dengan aplikasi benchmark Cinebench R15, laptop ini mampu mendapatkan hasil 98.68 fps. Sedangkan, ketika diuji dengan menggunakan 3D Mark, laptop ini mampu mendapatkan skor sebesar 5,680.

Fitur ASUS ROG Lengkap Meski Harganya Murah

Seperti laptop ASUS ROG pada umumnya, laptop ASUS ROG Strix G ini hadir desain futuristik dengan ketebalan yang cukup tipis. Desain yang dirancang untuk laptop gaming ini ASUS bekerjasama dengan BMW Designworks Group. Desain ini menawarkan fungsi 3D Flow Zone yang mampu memberikan aliran udara yang sangat baik untuk menjaga suhu agar tetap stabil terjaga bahkan ketika dalam sesi gaming yang cukup lama.

Beberapa fitur premium seperti ROG Lighting, ROG Armoury Crate, dan ROG Intelligent Cooling akan kalian temukan di sini. Selain itu, pada laptop ini terdapat tiga buah port USB 3.2 dan sebuah port audio combo jack 3.5 mm. Ditambah lagi di bagian belakang yang terdapat sebuah port LAN dan sebuah port HDMI untuk kalian yang ingin menghubungkan laptop ini ke sebuah monitor.

Baca Juga  Review Apple iMac Pro (Spesifikasi Baru dan Harga)

Untuk layarnya, laptop ini tampil dengan layar berukuran 15.6 inci yang mengusung panel IPS dan resolusi Full HD. Layar ini hadir dengan bezel tipis yang membuatnya memiliki ukuran layaknya laptop berukuran 14 inci. Sebagai laptop gaming, tak luput ASUS menyertai keyboard yang dilengkapi dengan fitur RGB backlit.

Kesimpulan

Tak tahu apa motif ASUS menawarkan produk satu ini padahal mereka sudah memiliki lini TUF Gaming untuk laptop gaming yang lebih terjangkau. Mungkin ASUS ingin memberikan pengalaman fitur-fitur ASUS ROG untuk para gamers kelas menengah. Selain itu, meski dibekali dengan spesifikasi yang nggak terlalu tinggi, laptop satu ini sudah sangat nyaman untuk gaming dan juga produktivitas seperti video editing, photo editing, dan sebagainya.

Spesifikasi ASUS ROG Strix G G531GD

Platform
Tipe Laptop
OS Microsoft Windows 10
Tipe Prosesor Intel Core
Prosesor OnBoard Intel Core i5-9300H quad-core, clock up to 4.1 GHz
Memori
RAM 8GB
Tipe RAM DDR4
Storage 1 TB HDD + 128 GB SSD NVMA
Grafis
GPU NVIDIA GeForce GTX 1050 4 GB
Ukuran Layar 15.6 inci
Resolusi Layar FHD 1920 x 1080 piksel
Bodi
Ukuran 23.7 x 364.3 x 273.4 mm
Berat 2.68 kg
Pilihan Warna Black, Blue, White
Lainnya
Speaker Yes, Stereo w/ Nahimic Sound Center
WebCam Yes, HD webcam
Wi-Fi Wi-Fi 5 (802.11ac) 2*2 + Bluetooth 5.0
Keyboard Standard
Touchpad Yes
Port HDMI, USB 3.2
Battery 3-cell Li-ion, 3S1P, 48WHrs

 

 

Leave a Comment