Perbedaan NTFS dan FAT32 Pada Komputer (Ga Bingung Lagi)

Ketika kamu memiliki disk yang ingin kamu format baik itu hard disk, flash disk, atau pun memory card pada komputer Windows, prosesnya akan memberikanmu opsi untuk memilih antara dua mode yakni NTFS dan FAT32. Lalu apa perbedaan NTFS dan FAT32? Mana yang harus dipilih? Berikut adalah penjelasan mengenai perbedaan NTFS dan FAT32.

Apa Arti dari NTFS dan FAT32

Perbedaan NTFS dan FAT32

FAT32 adalah format drive yang lebih tua daripada NTFS. FAT32 merupakan versi yang paling umum digunakan dari sistem file FAT (File Allocation Table) yang diciptakan pada tahun 1977 oleh Microsoft. Format tersebut pada akhirnya bisa mencapai PC-DOS pada IBM PC di tahun 1981, dan juga dibawa serta ke MS-DOS ketika menjadi produk sendiri. FAT telah menjadi format standar untuk floppy disk dan hard disk sepanjang masa DOS, dan versi Windows hingga Windows 8.

Sistem file FAT32 merupakan sistem FAT generasi terakhir yang diperkenalkan pertama kali ketika Windows 95 dirilis. Dapat dikatakan bahwa FAT32 merupakan versi perbaikan dari FAT16 yang ditingkatkan jumlah cluster pada setiap partisinya. Walaupun pertama kali dimunculkan pada sistem operasi Windows 95, sistem file ini dapat digunakan pada sistem operasi produksi Microsoft terkini.

FAT32 memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah:

  1. Dapat digunakan pada sistem operasi yang berbeda.
  2. Dapat menampung jumlah cluster lebih banyak daripada FAT

Walaupun memiliki kelebihan, ternyata sistem file ini memiliki juga beberapa kekurangan diantaranya adalah:

  1. Tidak memiliki fitur pengkompres data.
  2. Tidak ada fitur keamanan.
  3. Tidak ada enkripsi data.
  4. Tidak dapat mendukung semua jenis sistem operasi.
Baca Juga  Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet

Selain itu, ada sistem file lain bernama NTFS. NTFS atau singkatan dari New Technology File System) adalah format disk yang lebih baru. Microsoft memperkenalkannya pada tahun 1993, sebagai sebuah komponen dari Windows NT 3.1 dan kemudian Windows 2000, meskipun format ini tidak populer di kalangan komputer konsumen hingga Windows XP di tahun 2001. Windows 7 dan 8 membuat format tersebut menjadi format standar untuk komputer baru.

Tak hanya itu saja, sistem file ini menggunakan desain yang cukup simple. Performa dan kinerjanya melebihi sistem file FAT. NTFS memiliki beberapa fitur seperti access control yang memungkinkan siapa saja untuk mengakses berkas-berkas (directory), fitur enkripsi, toleransi pada kesalahan, dan juga penetapan jumlah kuota yang digunakan pada hardisk. Sistem file ini hingga kini sudah dikembangkan mulai dari versi 1.0 untuk Windows NT 3.1, 1.1 untuk Windows NT 3.50, 1.2 untuk Windows NT 4.0, 2.0, 3.0 untuk Windows 2000, 3.1 untuk Windows server 2003 dan Windows XP SP1.

Jika kamu menginstal Windows XP, sistem file NTFS merupakan sistem file default. Namun, Windows XP masih mendukung FAT32.  Sistem NTFS memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh FAT32, diantaranya adalah:

  1. Mampu mengatur kuota volume yang kamu gunakan.
  2. Adanya kompresi data secara transparan.
  3. Adanya dukungan file yang terenkripsi  dengan transparan yang menggunakan algoritma-algoritma enkripsi yang umum digunakan.

Sebagaimana FAT32, sistem file ini juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya:

  1. Tidak mendukung banyak sistem operasi.
  2. Tidak dapat mendeteksi ketika melakukan boot dengan floppy disk.

Kompatibilitas NTFS dan FAT32

Perbedaan NTFS dan FAT32

FAT32 memiliki kompatibilitas baca/tulis dengan mayoritas sistem operasi mulai dari yang baru dan juga yang baru saja obsolete, yang meliputi DOS, Windows hingga Windows 8, Mac OS X, dan UNIX ke bawah, termasuk Linux dan FreeBSD.

Baca Juga  Ransomware Adalah ? Apa Perbedaannya dengan Malware ?

Di sisi lain, NTFS memiliki kompatibilitas baca/tulis yang penuh terhadap Windows mulai dari Windows NT 3.1 dan Windows XP hingga Windows yang terbaru. Mac OS X 10.3 dan yang lebih baru juga bisa membaca format NTFS, akan tetapi menulis pada format NTFS membutuhkan aplikasi tambahan. Intinya, NTFS tidak sepenuhnya kompatibel dengan OS X.

Dukungan Ukuran File

Dukungan ukuran file pada FAT32 mentok di 4 GB dan ukuran volume mentok di 2 TB. Dengan kata lain, FAT32 mengharuskanmu untuk mempartisi FAT32 ke 2 TB jika kamu ingin menggunakan hard disk berukuran 4 TB. Selain itu file juga dibatasi sampai 4 GB saja. Hal ini bisa sangat mengganggu ketika kamu memiliki file seperti video yang berukuran besar. Kemudian, secara teoretis, NTFS dibatasi oleh desain hingga 16 EB (Exabytes). Satu Exabyte setara dengan satu miliar Gigabytes, sehingga perjalanan untuk mencapainya masih sangat jauh.

Demikian artikel Laptopnesia kali ini tentang perbedaan NTFS dan FAT32 pada komputer. Sekarang sudah mengerti kan apa perbedaannya? Semoga bermanfaat!

 

Leave a Comment