Perintah Dasar CMD yang Perlu Kamu Ketahui

Perlahan tapi pasti, Microsoft mulai menghilangkan penggunaan command line atau baris perintah pada sistem operasi Windows. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan. Baris perintah dirasa sudah mulai ketinggalan zaman dan juga terlalu merepotkan untuk dilakukan. Akan tetapi pada kenyataannya beberapa perintah masih sangat berguna, bahkan Windows 8 dan Windows 10 menambahkan fitur baru. Berikut adalah perintah dasar cmd yang perlu diketahui oleh para pengguna Windows.

Membandingkan File

Kamu bisa menggunakan perintah ini untuk mengidentifikasi perbedaan dalam teks antara dua file. Hal ini cukup berguna bagi para penulis dan programer yang ingin mencari perbedaan kecil antara dua versi file. Kamu dapat dengan mudah mengetikkan “fc” kemudian jalur direktori dan nama kedua file yang ingin kamu bandingkan. Selain itu kamu juga bisa menambahkan perintah dengan cara lain. Ketik “/b” untuk membandingkan hanya output biner. Ketik “/c” untuk mengabaikan case of text dalam perbandingan. Dan ketik “/l” untuk hanya membandingkann teks ASCII.

Sebagai contoh, perintah di bawah ini membandingkan teks ASCII dala dua dokumen word.

fc /l “C:\Program Files (x86)\example1.doc” “C:\Program Files (x86)\example2.doc”

Ipconfig

Perintah Dasar CMD

Perintah ini dapat menampilkan alamat IP yang sedang digunakan oleh komputermu. Akan tetapi jika kamu tersambung pada router, maka kamu akan menerima alamat jaringan lokal dari router tersebut.

Namun tetap saja ipconfig merupakan perintah yang sangat berguna karena ekstensinya”ipconfig /release” yang kemdian diikuti oleh “ipconfig /renew” dapat memaksa komputermu untuk mendapatkan alamat IP yang baru. Selain itu kamu juga bisa mengetikkan “ipconfig /flushdns” untuk menyegarkan alamat DNS-mu. Perintah tersebut baik dilakukan jika troubleshooter jaringan Windows tersendat, yang mana tak jarang terjadi.

Baca Juga  Bagaimana Cara Video Call WhatsApp di Laptop ? Ini Dia !

Netsat

Perintah Dasar CMD

Memasukkan perintah “netstat -an” akan menyajikanmu dengan sebuah daftar dari alamat IP terkait dan port yang sedang terbuka. Perintah ini juga akan memberitahumu kondisi port apakah listening, established, atau closed.

Perintah ini perintah yang bagus jika kamu ingin mencoba memecahkan masalah pada perangkat yang terhubung ke komputer ketika kamu takut ada virus yang yang menginfeksi sistem serta kamu mencoba menemukan koneksi berbahaya.

Ping

Perintah Dasar CMD

Kadang-kadang kamu ingin mengetahui apakah internet di rumah kamu benar-benar tersambung atau tidak. Hal tersebut bisa kamu lakukan dengan mengecek pink. Ketikan “ping” yang diikuti dengan alamat IP atau domain web untuk bisa mengetahui apakah IP atau domain tersebut memberikan respon. Jika respon tersebut datang, maka kamu tahu bahwa komputermu tersambung dengan internet. Jika tidak, berarti ada yang salah dengan internet atau pengaturan jaringan di komputermu.

Tasklist

Perintah Dasar CMD

Kamu bisa menggunakan perintah “tasklist” untuk menampilkan semua task yang sedang berjalan pada pc kamu. Meskipun sebenarnya kamu bisa menggunakan Task Manager, namun dengan baris perintah kamu terkadang kamu bisa menemukan task yang tersembunyi dari alat tersebut.

Selain itu kamu juga baris perintah juga menawarkan sejumlah modifier seperti “tasklist -svc” untuk menampilkan layanan terkait setiap task, “tasklist -v” untuk mengetahui lebih detail setiap task, dan “tasklist -m” untuk menemukan file .dll terkait dengan task aktif.

Taskkill

Semua task yang ditampilkan melalui perintah “tasklist” bisa kamu eksekusi. Dengan begitu kamu bisa memaksa mengehentikan atau force stop terhadap aplikasi yang diinginkan untuk berhenti menggunakan “taskkill -im” yang diikuti dengan nama dari program yang ingin dihentikan. Sekali lagi, proses ini sebenarnya juga bisa kamu lakukan melalui Task Manager, namun kamu bisa menggunakan langkah ini apabila terdapat program tersembunyi yang tidak merespon.

Leave a Comment