Review ASUS ROG Zephyrus G14: Desain Minimalis dengan Fitur AniMe

ASUS dengan ASUS ROG Zephyrus G14-nya ingin menunjukkan bahwa laptop gaming kencang bisa dirancang dengan ukuran yang minim. Seperti yang kita ketahui, jarang sekali laptop gaming di bawah ukuran 15.6 inci sekarang-sekarang ini. Padahal sekitar 1 dekade lalu, DELL dengan Alienware-nya merilis laptop berukuran netbook yang cukup laris dipasaran. Terlebih lagi, laptop gaming berukuran kecil memungkinkan desainer atau kreator konten bisa bekerja dengan lebih optimal dengan laptop kencang berukuran ringkas.

ASUS ROG Zephyrus G14

Setelah bertahun-tahun, ASUS akhirnya mempersembahkan sebuah laptop gaming kencang dengan ukuran 14 inci. Ditambah lagi desainnya yang ramping membuatnya tambah mudah untuk disimpan di dalam tas ketika sang user membawanya. Lantas, selain itu apa yang membuat para gamers harus melirik laptop gaming satu ini? Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas laptop gaming terbaru dari ASUS yang patut untuk disimak fitur-fitur dan kelebihan-kelebihannya. Bagi kalian yang penasaran, ikuti artikel ini hingga akhir.

Harga ASUS ROG Zephyrus G14

ASUS ROG merupakan lini gaming yang dibuat untuk ASUS untuk mendiferensiasikan dengan produk kelas bisnis maupun konsumer biasa. Namun, untuk seri ROG Zephyrus G14, ASUS “memperbolehkan” produknya ini digunakan untuk pengguna lain, mulai dari desainer sampai kreator konten. Selain itu, laptop ini ingin menyatukan fanboy AMD dengan NVIDIA agar bisa menikmati kedua performa kedua kubu tersebut secara bersamaan.

CPU-nya menggunakan AMD Ryzen Mobile 4000 series yang dirancang dengan arsitektur Zen 2 dan difabrikasi dengan 7nm FinFet. Sedangkan untuk GPU-nya, laptop gaming ASUS ini dibekali dengan NVIDIA GeForce RTX 2060. Secara spesifikasi sangatlah menarik, bagaimana dari segi harga? Untuk versi dengan RTX dan Ryzen 9 kamu bisa membawa pulang dengan harga Rp 35,000,000, sedangkan untuk kamu yang ingin memiliki versi yang lebih murah yakni dengan Ryzen 7 dan GTX 1650 Ti, kamu bisa merogoh kocek sebesar Rp 24,000,000.

Baca Juga  Asus ZenBook UX430UN Spesifikasi Terbaru Intel Gen 8, Harga?

Performa Paling Kencang untuk Laptop Gaming 14 inci

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya bahwa laptop gaming 14 inci sangatlah jarang, maka dari itu, laptop gaming dari ASUS ini bisa dibilang laptop gaming 14 inci paling kencang. Hal ini bukan hanya jarangnya laptop berukuran 14 inci, namun juga performa yang dihasilkan oleh kombinasi CPU AMD Ryzen 4000 Mobile Series yang sudah menggunakan arsitektur terbaru yakni Zen 2 dan juga metode fabrikasi 7nm.

ASUS ROG Zephyrus G14

Apalagi yang ditenagai AMD Ryzen 9 4900HS dengan 8 core dan 16 thread serta kecepatan clock yang mampu mencapai 4.3 GHz, laptop ini tentu mampu menjalankan pekerjaan multitasking dan juga aplikasi berat. Selain itu, GPU-nya juga menggunakan NVIDIA RTX 2060 yang sudah mendukung teknologi ray-tracing terbaru.

ASUS ROG Zephyrus G14

Ada tiga mode yang meliputi performa dari laptop ini, di antaranya mode Turbo, Performance, dan juga Silent. Tentu ketiganya memiliki performa yang berbeda. Ketika diuji dengan menggunakan game AAA, ketiganya memiliki hasil yang cukup signifikan. Dalam game Far Cry 5 Ultra, mode Turbo mampu mendapatkan max fps mencapai 98.0.

Justru untuk mode performance mampu mendapatkan fps sedikit lebih tinggi. Untuk mode Silent, fps yang dihasilkan sangat jauh dibandingkan keduanya. Kemudian, untuk minimum dan average fps, Silent hanya mendapatkan 39.7 fps dan 51.3 fps untuk rata-ratanya. Sedangkan untuk mode Turbo dan Performance memiliki fps rata-rata yang sama, dan mode Turbo menang untuk fps minimum.

Desain Ramping dengan Fitur Unik

Selain memamerkan performa, tentu desain dari laptop ini pantas untuk dilirik. Dari penampilan, laptop ini nggak mirip dengan laptop-laptop gaming ASUS pada umumnya yang memiliki siluet ala laptop gaming dan warna hitam. ASUS ROG Zephyrus G14 tampil dengan desain minimalis yang disertai dengan backlit animated bernama AniMe di bagian bodi yang bisa kalian personalisasi.

Baca Juga  Review Acer Aspire VX 15, Spesifikasi Gaming, Harganya ?

ASUS ROG Zephyrus G14

Laptop gaming besutan ASUS ini hadir dengan dua varian warna elegan, yakni Moonlight White dan Eclipse Grey. Laptop gaming dengan desain minimalis sepertinya semakin populer. 2 tahun lalu Gigabyte mengeluarkan Gigabyte AERO dan MSI dengan MSI Raidernya. Seri Zephyrus dan Strix pun juga sudah mulai mengusung gaya minimlais. Akan tetapi, seri Zephyrus 14 inci ini ingin menampilkan sebuah laptop gaming yang keren tapi nggak ingin terlalu menunjukkan identitas gamingnya. Maka dari itu, laptop gaming ini cocok juga untuk para kreator konten maupun desainer.

Kesimpulan

Laptop ini baru saja dirilis dan sangat fresh. Nggak hanya menawarkan performa kencang di kelas laptop 14 inci, laptop ini juga menawarkan desain yang minimalis. Bagi kalian yang nggak ingin memiliki laptop gaming dengan siluetnya yang khas, laptop ini sangat tepat untuk jadi pilihan. Apalagi terdapat AniMe yang bisa kamu kustomisasi.

Spesifikasi ASUS ROG Zephyrus G14

Platform
Tipe Laptop
OS Microsoft Windows 10
Tipe Prosesor Intel Core
Prosesor OnBoard AMD Ryzen 9 4900HS octa-core, clock up to 4.3 GHz

AMD Ryzen 7 4800HS octa-core, clock up to 4.2 GHz

Memori
RAM 2x16GB

8 GB

Tipe RAM DDR4
Storage 512GB

1 TB

SSD

Grafis
GPU NVIDIA GeForce RTX 2060

NVIDIA GeForce GTX 1650 Ti

Ukuran Layar 14  inci
Resolusi Layar FHD 1920 x 1080 piksel
Bodi
Ukuran 32.4 x 22 x 1.99 cm
Berat 1.7 kg
Pilihan Warna Moonlight White dan Eclipse Grey
Lainnya
Speaker Yes, Stereo
WebCam Yes, HD Camera
Wi-Fi Intel® Wi-Fi 6 with Gig+ performance (802.11ax)
Keyboard Backlit chicklet keyboard
Touchpad Yes
Port HDMI, USB 3.2, Keningston Lock
Battery 76 WHrs

 

Leave a Comment