Review Asus VivoBook 15 X505ZA, Spesifikasi AMD Ryzen, Harganya?

Asus VivoBook 15 X505ZA hadir sebagai laptop dengan harga terjangkau yang menyediakan performa multimedia yang asik banget. Mengapa kami bilang asik banget? Laptop ini hadir dengan prosesor generasi terbaru AMD Ryzen yakni Ryzen 3 2200U. Selain itu, dengan menggunakan AMD Ryzen 3 sebagai CPU-nya, Asus terbantu untuk membuat laptop bagus dengan harga yang rendah.

Laptop dengan CPU dengan arsitektur AMD terbaru ini, Raven Ridge, sudah disertai dengan pengolah grafis yang terintegrasi, atau yang disebut juga sebagai APU, AMD Radeon RX Vega 3. Laptop entry level ini memadukan prosesor dan APU dari AMD dengan memori RAM DDR4 berkapasitas 4 GB berkecepatan 2400 MHz. Asus VivoBook ini mendukung memori RAM hingga 16 GB.

Laptop ini akan berjalan dengan lebih optimal dengan memori dual channel walaupun pada pembeliannya memori yang terpasang adalah dengan konfigurasi single channel. Oleh karena itu laptop ini masih belum maksimal kinerjanya ketika belum diupgrade. Kamu nggak perlu membeli memori dual channel lagi karena laptop ini masih menyediakan satu slot lagi untuk satu memori lagi.

Review Asus VivoBook 15 X505ZA, Spesifikasi AMD Ryzen

Spesifikasi Asus VivoBook 15 X505ZA

Platform
Tipe Laptop
OS Windows 10
Tipe Prosesor AMD Ryzen
Prosesor OnBoard AMD Ryzen 3 2200U (6M Cache, 2.80 GHz)
Grafis AMD Radeon RX Vega 3 Graphics
Memori
RAM 4GB
Tipe RAM DDR4
HDD 1 TB
SSD
Grafis
GPU AMD Radeon RX Vega 3 Graphics
Ukuran Layar 15.6 inci
Resolusi Layar Full HD 1366 x 768 piksel
Bodi
Ukuran 36.1 x 24.4 x 20.4 cm
Berat 1.68 kg
Pilihan Warna Icicle Gold, Star Grey
Lainnya
Speaker Integrated 18W
WebCam Yes
Wi-Fi 802.11 ac
Bluetooth Yes
Keyboard Chiclet Keyboard
Touchpad Yes
Port USB Type C, USB 3.0, USB 2.0, RJ45, Card Reader, HDMI, Smart Card
Battery 3-Cell

Harga Asus VivoBook 15 X505ZA

Laptop besutan Asus dengan prosesor AMD Ryzen 3 2200U ini merupakan laptop entry level. Maka dari itu, laptop ini sangat cocok digunakan oleh para mahasiswa atau pengguna newbie. Namun, untuk laptop entry level, Asus VivoBook 15 X505ZA memiliki performa yang cukup oke untuk beberapa skenario. Semurah apa sih laptop ini? Laptop ini dibanderol dengan harga Rp 6,4 juta. Akan tetapi, Asus menawarkan beberapa varian spesifikasi laptop Asus ini. Kamu bisa memilih spesifikasi paling kuat yakni dengan AMD Ryzen 7 2700U. Harga yang dibanderol lebih tinggi pastinya.

Laptop Murah Desain Nggak Murahan

Salah satu hal yang membuat laptop besutan Asus ini menarik adalah penampilannya. Desainnya elegan, cakep, dan ramping. Buat kamu yang punya mobilitas tinggi, laptop ini cocok banget karena bobotnya yang cuma 1.5 Kg (1.68 Kg dengan baterai cell). Selain itu ukurannya yang ramping juga mudah dibawa-bawa dan disimpan ke dalam tas. Tentu dengan membawa laptop ini, kamu nggak bakal malu.

Review Asus VivoBook 15 X505ZA, Spesifikasi AMD Ryzen

Performa Asus VivoBook 15 X505ZA

Laptop ini memang ada di kelas entry level, namun apakah untuk performa tidak memuaskan. Mari kita bahas, biar kamu nggak penasaran. Seperti yang kami bahas sebelumnya, laptop Asus ini, untuk seri terendah, menggunakan CPU Ryzen 3 2200U. Untuk artikel kali ini kami akan membahas tentang seri terendah laptop ini karena apa yang bisa diperlihatkan oleh Ryzen 3 2200U pada beberapa skenario.

Ryzen 3 2200U merupakan prosesor dengan konfigurasi 2 inti, namun teknologi SMT (Silmutaneous Multithreading), prosesor besutan AMD ini memungkinkan melakukan 4 proses komputasi secara bersamaan. Untuk base clocknya, Ryzen 3 2200U memiliki kecepatan 2.5 GHz. Kecepatannya dapat ditingkatkan hingga 3.4 GHz. Untuk beberapa pengujian, CPU dan APU yang digunakan laptop ini cukup memuaskan untuk dikelasnya. Pada pengujian menggunakan Cinebench (sebuah aplikasi yang ditujukan untuk menggukur kemampuan prosesor dan pengolah grafis), prosesor ini memiliki performa multithread lebih tinggi daripada Intel Core i5-7200U dan i7-6500U.

Sepertinya dari beberapa tes, Ryzen (untuk seri desktop dan laptopnya) memiliki performa multithread yang cukup baik. Untuk performa single threadnya, laptop ini juga masih lebih unggul dari kedua prosesor Intel Core tersebut. Bagaimana performa gamingnya? Untuk kamu yang ngarep bermain game dengan setting rata kanan dan resolusi tinggi sepertinya jangan berekspektasi lebih deh.

CPU dan APU dari AMD ini memang tidak diperuntukkan untuk skenario gaming. Namanya juga laptop entry level. Jika kamu pengin bermain game, sebaiknya membeli laptop dengan GPU minimal GTX 1050 atau nggak rakit PC. Tapi kami tetap mau menunjukkan beberapa hasil gaming kok, jangan khawatir. Mengetes laptop ini bermain game balapan rally dengan grafis memukau, DiRT Rally, hasilnya tidak begitu memuaskan. Pada setting low dan resolusi 1366 x 768, laptop ini cuma mendapatkan frame rate sebesar 29.11 fps.

Review Asus VivoBook 15 X505ZA, Spesifikasi AMD Ryzen

Kesimpulan

Untuk laptop entry level, Asus VivoBook 15 X505ZA memiliki performa yang memuaskan. Apalagi buat kamu yang mahasiswa, laptop ini bisa menemani kamu ketika lagi bengong. Tapi seperti yang kami jelaskan sebelumnya, laptop ini nggak bisa terlalu diharapkan untuk skenario gaming. Oleh karena itu, untuk mendapatkan performa gaming oke, kamu sebaiknya membeli laptop gaming. Kamu bisa membeli HP Pavilion Gaming, bila kamu menginginkan laptop gaming murah.

 

Leave a Comment