Review DELL G5 15: Laptop Gaming Murah dengan Performa Memuaskan

DELL G5 15 bisa menjadi alternatif pilihan untuk kalian yang ingin memiliki laptop gaming yang terjangkau. Beberapa tahun lalu, untuk gaming, DELL dikenal sebagai brand yang memiliki lini gaming ternama bernama Alienware. Akan tetapi, di Indonesia sendiri nama Alienware sudah mulai meredup sejak kemunculan beberapa laptop gaming seperti ASUS ROG, ASUS TUF, MSI Gaming, dan juga ACER Predator meski seri Alienware masih tetap dirilis. Namun, DELL juga punya lini laptop gaming lain yang mencantumkan nama DELL-nya sendiri.

DELL G5 15

Desainnya pun nggak terlalu ingin memamerkan bahwa seri laptop gaming besutannya ini memiliki tampilan sangat gaming seperti kompetitor-kompetitor atau bahkan lini Alienware-nya. Meski begitu jangan remehkan kemampuan laptop gaming DELL G5 15. Laptop gaming ini tampil dengan desain minimalis dan performa yang sudah bisa menjalankan game-game AAA dengan cukup lancar. Bagi kalian yang sedang mencari laptop gaming dan pensaran dengan produk dari DELL satu ini, nggak ada salahnya untuk mengikuti artikel Laptopnesia kali ini.

Harga Laptop Gaming DELL G5 15

Sebagai laptop gaming, DELL G5 15 ini termasuk murah di jajarannya. Dengan laptop ini, DELL ingin menyasar ke segmen laptop gaming entry-level. Maka dari itu, kalian nggak akan mendapatkan fitur-fitur seperti laptop gaming lainnya seperti RGB backlit atau pun fitur-fitur “gaming” lainnya.

DELL G5 15

Meski begitu, performanya masih bisa bersaing dan cukup bertenaga. Ada beberapa varian laptop gaming besutan DELL yang bisa kalian temukan di pasaran. Pertama adalah varian yang ditenagai prosesor Intel Core i7-9750H yang dibanderol dengan harga Rp 16,999,000.

Yang lainnya, kalian bisa mendapatkan harga lebih murah yakni Rp 15,299,000, namun dengan spesifikasi yang lebih rendah yaitu dengan menggunakan Core i5-9300H. Meskipun bukan yang terbaru prosesor ini sudah cukup mumpuni untuk menjalankan game terkini dengan lancar. Nah, untuk berikutnya, kami akan membahas performa yang diberikan oleh DELL G5 15. Bagaimana ya performanya?

Baca Juga  Laptop HP Spectre x360, Review Spesifikasi & Harga Terbaru

Performa yang Bisa Diandalkan Untuk Game AAA

Ada dua varian yang bisa kalian dapatkan untuk seri laptop gaming dari DELL ini yakni yang ditenagai dengan prosesor Intel Core i7-9750H dan Intel Core i5-9300H. Apabila kalian ingin mendapatkan performa prosesor 6 core, kalian bisa mengambil varian i7-9750H. Sedangkan, untuk varian i5-9300H, kalian hanya mendapatkan performa prosesor quad-core. Tentu saja performa yang dihasilkan cukup signifikan.

Untuk departemen GPU-nya, kedua varian tersebut menggunakan chip grafis NVIDIA GeForce GTX 1650 4 GB yang sudah mumpuni untuk menjalankan game-game AAA terkini di resolusi Full HD dan setting medium ke high. GPU dengan arsitektur Turing ini mengandalkan 896 CUDA Core dengan kecepatan clock 1395 MHz.

Namun, yang disayangkan adalah kapasitas RAM default yang hanya 8 GB, dimana besar kapasitas tersebut sudah menjadi kebutuhan minimum untuk beberapa game AAA terkini. Kemudian, di bagian audionya terdapat sepasang speaker stereo yang disertai dengan teknologi Nahimic Sound Center yang mampu memberikan pengalaman audio gaming yang mendalam. Nggak hanya itu saja, DELL G5 15 disertai dengan fitur Alienware Command Center untuk kamu yang ingin mengeksplorasi suara.

Desain Minimalis dan Tak Berlebihan

Entah ini menjadi kelebihan atau kekurangan dari DELL. Tapi bagi kami ini sudah mengenai selera. Bagi sebagian user, mereka lebih suka laptop gaming dengan desain yang sangat gaming karena desain tersebut begitu berbeda dengan laptop biasa. Sedangkan, user lainnya lebih suka desain biasa saja atau bahkan minimalis.

DELL G5 15 nggak banyak fitur yang biasanya ada di laptop gaming. Alih-alih menggunakan keyboard dengan RGB backlit, DELL G5 15 hanya menggunakan keyboard dengan LED backlit biasa. Walaupun seperti itu, masih ada teknologi dan fitur-fitur lain yang mendukung kebutuhan gaming kalian dengan lebih optimal.

Baca Juga  Review Acer Aspire VX 15, Spesifikasi Gaming, Harganya ?

Salah satunya dengan layar yang mengusung resolusi Full HD dan memiliki kecerahan hingga 300 nits. Kemudian, desain bezel tipis yang diusung nggak hanya membuat sudut pandang lebih luas, namun membuat laptop ini memiliki ukuran yang lebih ringkas dibandingkan laptop gaming 15 inci lainnya.

Kesimpulan

Laptop gaming satu ini bagi kami adalah salah satu opsi paling tepat untuk gamers yang sedang mencari sebuah laptop yang murah meriah. Selain harganya murah, laptop ini sudah menggunakan spesifikasi generasi terbaru terutama di departemen GPU-nya. Untuk desainnya pun bagi kami sangat keren. Bagi kalian yang suka dengan laptop gaming minimalis DELL G5 15 adalah pilihan paling cocok.

Spesifikasi DELL G5 15

Platform
Tipe Laptop
OS Microsoft Windows 10
Tipe Prosesor Intel Core
Prosesor OnBoard Intel Core i7-9750H hexa-core, clock up to 4.5 GHz

Intel Core i5-9300H quad-core, clock up to 4.1 GHz

Memori
RAM 8GB
Tipe RAM DDR4
Storage 1 TB SSD
Grafis
GPU NVIDIA GeForce GTX 1650 4 GB
Ukuran Layar 15.6 inci
Resolusi Layar FHD 1920 x 1080 piksel
Bodi
Ukuran 360 x 275 x 24.9 mm
Berat 2.57 kg
Pilihan Warna Black
Lainnya
Speaker Yes, Stereo
WebCam Optional
Wi-Fi WiFi 802.11ac, Killer Networks 2500V2 LAN, Bluetooth 5.0
Keyboard Standard
Touchpad Yes w/ backlit
Port USB 3.1 Gen1, Port USB 3.1 Gen2 Type-C (support Thunderbolt and DisplayPort), Port HDMI, card reader, port combo audio
Battery 4-cell Li-ion, 3S1P, 74 WHrs

Leave a Comment