Review Laptop Gaming HP Omen X (Spesifikasi & Harga Terbaru)

HP Omen X merupakan seri laptop dari HP yang siap menggempur pasar gaming laptop. Sepertinya HP nggak mau diam melihat keriuhan peperangan gaming notebook yang diramaikan oleh brand-brand pesaingnya seperti Asus, Acer, Gigabyte, MSI, dan juga Lenovo. Sepertinya hardware dan laptop yang ditujukan untuk keperluan gaming pada beberapa tahun belakangan ini sangat mendapatkan tempat. Dimana-mana bisa kita lihat produk komputer yang berlabel gaming. Tentunya produk-produk dengan label gaming ini dilengkapi dengan spesifikasi wah dan harga yang tentunya nggak murah guys. Laptop gaming besutan HP ini hadir juga dengan spesifikasi dan kualitas yang nggak main-main. Mereka sepertinya ingin menantang gempuran Asus ROG. HP Omen X menggunakan raja GPU generasi sekarang yaitu NVIDIA® GeForce® GTX 1080 yang sudah mendukung DirectX 12 dan juga ditenagai prosesor Intel® Core i7-7820HK yang tentunya performanya keren banget.

Spesifikasi Laptop Gaming HP Omen X

Platform
Tipe Laptop
OS Windows 10
Tipe Prosesor Intel Core i7
Prosesor OnBoard Intel® Core™ i7-7820HK Processor (6M Cache, 2.90 GHz up to 3.90)
Grafis Intel HD Graphics 630
Memori
RAM Up to 32 GB
Tipe RAM DDR4
HDD 1 TB
SSD 1 GB
Grafis
GPU Nvidia Geforce GTX 1080 8 GB GDDR5 VRAM
Ukuran Layar 17.3 inci
Resolusi Layar Full HD 1920 x 1080 piksel 120 Hz
Bodi
Ukuran 16.3 x 12.88 x 1.43 inci
Berat 4.8 kg
Pilihan Warna Black
Lainnya
Speaker Bang and Olufsen with HP Audio Boost
WebCam Yes
Wi-Fi 802.11 b/g/n/ac (2×2)
Bluetooth Yes
Keyboard Backlit Keyboard
Touchpad Yes
Port USB Type C, USB 3.1, USB 3.0, Card Reader, HDMI
Battery 6-Cell Li-Ion

Harga Laptop Gaming HP Omen X

Laptop gaming selalu dibanderol dengan harga yang fantastis. Minimal diatas Rp 1 juta. Tapi gimana sih melihat laptop dari sisi harga ke perfoma? Bisa kita lihat dari spesifikasi yang diberikan dan harga yang ditawarkan. Menurut kami Laptop Gaming berukuran 17.3 inci ini memiliki harga yang bisa dibilang bagus. HP Omen X dirilis pada tahun lalu pada bulan November dengan harga mulai dari Rp 28.785.000. Bila dibandingkan dengan Asus ROG Zephyrus GX501 harga yang ditawarkan HP Omen X jauh dibawahnya. Bagaimana berminat?

Performa Laptop Gaming HP Omen X

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya laptop gaming dari HP ini menggunakan kartu grafis GTX 1080 dan Intel® Core i7-7820HK. Selain memori yang digunakan sebesar 16 GB RAM DDR4 dan bisa pengguna upgrade hingga ke 32 GB RAM DDR4. Prosesor yang menenagai HP Omen X berjalan pada base clock di 2.9 GHz, dan dapat dioverclock hingga keangka 3.9 GHz. Nggak cuma prosesornya aja yang dapat dinaikkan tenaganya, GPUnya pun bisa dioverclock bila pengguna mau memperoleh kinerja lebih. Namanya juga laptop gaming, performa gamingnya udah pasti memuaskan, tapi sehebat apa sih emang? Kami menemukan hasil benchmark untuk beberapa game seperti Far Cry Primal disetingan Ultra mencapai frame rate lebih dari 100 fps. Untuk game lebih anyar kami mencoba mengetes dengan game action Tom Clancy’s Ghost Recon Wildlands, dan frameratenya mencapai 130an fps dan paling rendahnya 112an fps. Udah pasti laptop gaming ini bisa melibas game-game terkini di frame rate tinggi pada resolusi full HD.

Di samping itu penyimpanan data menggunakan kombinasi SSD sebesar 1 TB dan HDD 1 TB. Menyimpan data-data penting dan menginstall game kesayangan nggak perlu mengkhawatirkan akan cepat penuh. Untuk kinerja yang lebih cepat kamu bisa menyimpan data atau menginstal sistem operasi di SSD.

Review HP Omen X

Display, Desain, dan Ukuran

Omen X hadir dengan ukuran yang besar yakni 17.3 inci. Bagi kami agak kurang cocok jika digunakan untuk mobile, selain itu jika kamu membawa laptop gaming ini, kamu akan merasa berat dan pegal karena bebannya yang hampir 5 Kg. Laptop gaming persembahan produsen yang biasanya memproduksi perangkat untuk office ini menyediakan dua varian layar yakni dengan resolusi full HD (1920 x 1080) dengan refresh rate 120 Hz yang membuat setiap gerakan dalam game terlihat lebih mulus dan 4K (3840 x 2160). Tentunya harga yang disediakan untuk kedua varian tersebut juga berbeda.

Bila melihat bagian atasnya terdapat logo omen berupa gambar seperti boneka daruma asal negeri Sakura. Sepertinya HP ingin memberikan logo yang iconic seperti pesaingnya, Asus ROG, Gigabyte Aorus, MSI Gaming, dan juga Asus Predator. Sepertinya sudah menjadi pakem desain laptop gaming menggunakan warna hitam dengan backlit berwarna merah. Kami akui desain seperti ini memang terlihat sangar.

Review HP Omen X

Demikian pembahasan kami untuk kali ini. Laptop gaming besutan HP ini bisa dijadikan pilihan bagi kamu yang menginginkan sebuah laptop gaming yang harganya dibawah 30 juta namun spesifikasinya tinggi.

 

Leave a Comment