Review Final Fantasy XV PC Lengkap Akhirnya Dirilis di Steam

Tahun lalu, akhirnya Square Enix Merillis Final Fantasy XV PC di Steam pada tahun lalu. Ini menjadi kabar baik bagi para PC gamers yang pingin banget seri kelima belas yang sebelumnya cuma dirilis di konsol. Tentu salah satu franchise game JRPG terbesar di dunia ini memiliki grafis yang lebih baik di platform PC.

Final Fantasy XV

Kamu bisa mengubah setting grafis berdasarkan dengan kapasitas spesifikasi yang kamu punya. Tapi, bisa dibilang Final Fantasy XV PC membutuhkan spesifikasi yang kuat. Secara gameplay, kamu nggak akan menemukan gameplay turn based RPG ala seri-seri sebelumnya.

Sebagai game yang mendobrak tradisi lama, Final Fantasy XV tentu mendapatkan pro dan kontra. Terlebih dalam game ini kamu nggak akan menemukan heroine.

Di sepanjang jalan kamu akan terus bermain sebagai Noctis dan tiga orang sahabatnya yakni Prompto, Ignis, dan juga Gladiolus.

Sebenarnya ada karakter lain dari karakter-karakter tersebut seperti Aranea, tapi kamu hanya bisa menggunakan karakter tersebut diwaktu-waktu tertentu saja.

Nah, pada artikel ini kami akan membahas salah satu seri dari franchise game JRPG terbesar di dunia, Final Fantasy XV.

Plot dan Story Final Fantasy XV

Pada game kelima belasnya ini, kamu akan bermain sebagai seorang protagonis yang bernama Noctis Lucis Caelum. Noctis merupakan seorang pangeran dan pelindung Lucis yang dipilih oleh Crystal, sang Raja yang legendaris. Noctis disini pergi mengunjungi Altissia untuk menemui Lunafreya yang akan dinikahi olehnya.

Final Fantasy XV

Dalam petualangannya, Noctis ditemani oleh tiga orang sahabatnya, Prompto Argentum, Ignis Scientia, dan juga Gladiolus Amicitia. Yang membedakan Final Fantasy ini dengan seri sebelumnya adalah semesta yang lebih luas.

Baca Juga  Pengertian Hardware (Perangkat Keras) Pada Komputer Lengkap!

Maka dari itu, sebelum peluncuran gamenya beberapa tahun sebelum versi PC dirilis, tim Square Enix merilis film CGI dan animenya. Dengan menonton filmnya, kamu akan mendapatkan cerita dibalik semua itu.

Final Fantasy XV

Dalam perjalanannya menuju Altissia, Noctis mendapatkan berita buruk bahwa Insomnia, ibukota Lucis, jatuh ke tangan Niflheim dengan tipu muslihatnya yang menggunakan kekuatan militer. Dalam perjalannya, Noctis nggak hanya menghadapi pasukan Niflheim, namun juga menghadapi monster-monster kuat.

Grafis dan Gameplaynya

Satu hal yang dari dulu menjadi keunggulan seri Final Fantasy selain storyline dan plotnya adalah grafisnya. Final Fantasy XV dirancang dengan menggunakan Unreal Engine yang juga digunakan pada beberapa game terkenal lainnya.

Final Fantasy XV

Hal ini membuat grafis game ini memberikan setiap detil yang berarti. Jika setting grafis kamu set ke rata kanan, kamu bakalan nikmatin betapa realistisnya gerakan rambut dari setiap karakter.

Dalam game ini kamu bakalan ngerasain sensasi realistis. Apalagi setelah karakter-karakter kamu mengeluarkan magic.

Ketika kamu menyerang musuh dengan menggunakan magic, lingkungan sekitar akan mendapatkan dampaknya seperti efek gosong di tanah dan juga tanaman.

Begitu juga ketika kamu mengeluarkan summon. Berbeda dengan Final Fantasy sebelumnya yang hampir setiap battle bisa mengeluarkan summon, dalam Final Fantasy XV PC, summon akan keluar secara random dan nggak bisa kamu atur. Kamu hanya bisa mengeluarkan summon ketika kamu disuruh menekan tombol untuk mengeluarkan summon.

Final Fantasy XV

Sama seperti magic, setiap attack yang dikeluarkan oleh summon memiliki efek pada lingkungan sekitar. Sebagai contoh, ketika kamu memanggil Ramuh, sekelilingmu akan gosong diakibatkan petir yang dikeluarkan oleh summon raksasa tersebut.

Kemudian, jika kamu mengeluarkan Shiva, seluruh lingkungan akan membeku dan terkena es. Feel ini yang sepertinya yang diimpikan oleh beberapa penggemar Final Fantasy.

Baca Juga  Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Baterai CMOS Pada Laptop

Selain itu, walaupun kamu sepanjang perjalanan kamu akan menjalankan 4 karakter, karakter yang bisa kamu kontrol hanya Noctis. Karakter lain akan berjalan secara otomatis. Akan tetapi, Noctis bisa mengeluarkan serangan bersama salah satu 3 karakter lainnya.

Kesimpulan: DLC Episode Setiap Karakter

Square juga menawarkan DLC yang memungkinkan kamu bermain sebagai karakter selain Noctis. Kamu bisa bermain sebagai Prompto, Ignis, Gladiolus, bahkan Ardyn. Tentu game ini disuguhkan untuk kamu yang nggak mau ekspektasi lebih, karena ada beberapa hal yang bikin kamu kecewa, terutama dari segi storyline.

Final Fantasy XV

Bagi kami game ini terasa kurang selesai, dan Square Enix sepertinya membuat game ini terburu-buru. Apalagi sewaktu Square menayangkan prototipe game ini dengan judul Final Fantasy Versus XIII. Banyak hal-hal yang dihilangkan dari yang kita lihat di trailer versus XIII.

Dibalik segala kekurangannya, game ini tetaplah game Final Fantasy yang tampil dengan segala kemegahan dan kedalaman cerita. Sekecewa-kecewanya kamu, Final Fantasy XV nggak akan membuat kamu kecewa berat, dan masih tetap merasa bahwa game ini worth to buy.

Spesifikasi Minimum Final Fantasy XV

  • Sistem Operasi: Windows 7, Windows 8.1, Windows 10 (64-bit)
  • Processor: Intel Core i5-2500 atau AMD FX-6100
  • VGA Card: NVIDIA GeForce GTX 760 atau AMD Radeon R9
  • Memory: 8 GB RAM
  • HDD Space: 100 GB

Spesifikasi Rekomendasi Final Fantasy XV

  • Sistem Operasi: Windows 7, Windows 8.1, Windows 10 (64-bit)
  • Processor: Intel Core i7-3770 atau AMD FX-8350
  • VGA Card: NVIDIA GeForce GTX 1060 atau AMD Radeon RX 480
  • Memory: 16 GB RAM
  • HDD Space: 155 GB

Leave a Comment