Home » Review » Review MSI Prestige 14: Pilihan Tepat Untuk Content Creator

Review MSI Prestige 14: Pilihan Tepat Untuk Content Creator

MSI Prestige 14

Beberapa laptop gaming bisa menjadi laptop content creator, namun MSI Prestige 14 dirancang khusus untuk para content creator agar pekerjaan mereka menjadi semakin efisien. Memang laptop gaming terkini sangat mendukung segala kebutuhan content creator, akan tetapi beberapa dari mereka merasa laptop gaming memiliki desain yang kurang minimalis dan simple.

MSI Prestige 14

Laptop dari MSI ini tampil dengan desain yang keren dan juga sleek. Diluncurkan pada bulan Desember 2019 silam, laptop ini cukup mencuri perhatian bukan hanya desainnya, namun juga spesifikasi yang ditawarkan.

Meski tidak dibekali dengan prosesor i7 paling tinggi, setidaknya prosesor yang digunakan untuk laptop ini sudah memiliki 6 core. Begitu juga dengan GPU-nya. Chip grafis yang mendukung pengolahan grafis laptop ini bukanlah seri paling tinggi dari NVIDIA, namun chip grafis ini adalah chip grafis gaming dengan arsitektur Turing terbaru. Bagi kalian yang ingin memulai atau sedang menjadi content creator, kalian bisa menilik laptop ini di artikel ulasan MSI Prestige 14 kali ini. Yuk ikuti artikel ini hingga akhir.

Harga MSI Prestige 14

Bagi para kreator konten, desainer, atau pekerja kreatif lainnya, pilihan laptop yang biasanya mereka gunakan kalau bukan MacBook ya laptop gaming (yang lebih terbiasa menggunakan Microsoft Windows). Akan tetapi, beberapa dari mereka yang menggunakan Microsoft Windows, menganggap laptop gaming bentuknya terlalu “berlebihan” dan juga bobotnya cukup berat.

Maka dari itu, MSI menawarkan sebuah alternatif bagi mereka laptop bernama MSI Prestige 14 yang ukurannya cenderung lebih ringkas dan ramping, dan juga bobotnya yang jauh lebih ringan. Alasan lain menjadi opsi laptop pekerja kreatif adalah mobilitas tinggi yang didukung ukuran dan juga bobotnya.

Baca Juga  Asus ROG G703 Terbaru dengan Spesifikasi Monster, Harganya?

Kemudian, karena laptop ini merupakan laptop yang ditujukan untuk pekerja kreatif, ada beberapa fitur yang memang khusus dirancang untuk mereka salah satunya seperti layar dengan akurasi warna yang tinggi. Untuk kalian yang ingin membawa pulang laptop gaming ini, harganya mulai dari Rp 29,899,000 – Rp 30,399,000. Untuk laptop yang dibekali prosesor hexa-core dan chip grafis NVIDIA GeForce GTX Turing, harga segitu sangatlah menarik. Sebenarnya, laptop ini juga tak cuma bisa untuk kerja, buat yang ingin menikmati kemampuan gamingnya, laptop ini juga sangat mumpuni.

Performa Kencang yang Cukup Untuk Gaming

Hiburan adalah hal yang sangat penting terlebih selepas bekerja seharian. Karena laptop ini ditenagai prosesor Intel Core i7-10710U dan GPU NVIDIA GeForce GTX 1650 Max-Q Design, sudah tentu bisa menjalankan game-game terkini dengan resolusi Full HD dengan settingan grafis rata-rata high. Chip grafis satu ini menggunakan arsitektur Turing yang mengandalkan 896 CUDA Core dengan kecepatan clock 1020 MHz dan turbo 1245 MHz.

MSI Prestige 14

Seri Max-Q Design memang diperuntukkan bagi laptop berukuran tipis, maka dari itu ada sedikit pengurangan dari segi clock speed dibanding seri non-Max Q Design. Untuk laptop dengan ukuran dan bobot yang begitu ringkas dan ringan, laptop ini memiliki tenaga yang sangat cukup untuk content creation. Bagaimana dengan performa gamingnya? Ketika dicoba untuk memainkan game yang saat kini masih dimainkan yakni GTA V, mampu mencapai fps average sekitar 50-60 fps. Sedangkan untuk game esport seperti DOTA 2 dan CS-GO laptop ini mampu mendapatkan hasil yang mencapai 112 fps. Akan tetapi, yang disayangkan adalah fps drop yang suka dialami akibat stuttering.

Desain Elegan dengan Layar yang Akurasi Warnanya Ciamik

Bagian desain adalah yang menjadi daya tarik utama yang dimiliki laptop ini. Laptop ini hadir dengan desain minimalis dengan logo naga MSI. Selain itu, layarnya mengusung resolusi 4K dengan rentang warna Adobe RGB 100 %. Nggak hanya itu saja, yang menarik dari laptop ini adalah monitornya yang dilengkapi dengan fitur True Pixel Display yang memungkinkan kalian untuk mengkalibrasi warna.

Baca Juga  MSI Alpha 15: Laptop Gaming Pertama dengan VGA AMD 7nm

MSI Prestige 14

Ditambah lagi dengan nilai defiasi warna ΔE < 2 yang memuaskan kalian para desainer. Kemudian, laptop ini dibekali dengan keyboard yang disertai hinge yang naik ketika dibuka. Hal ini akan membuat kalian nyaman ketika mengetik. Tentu laptop ini sangat mendukung mobilitas kalian karena bobotnya hanya 1,3 Kg. Meski ringan durabilitasnya jangan diragukan, karena MSI Prestige 14 menggunakan material yang sudah diuji dengan uji coba standar militer.

Kesimpulan

Mungkin nggak ada salahnya untuk para konten kreator atau desainer beralih ke laptop ini dari laptop gaming karena bobotnya yang ringan dan layarnya yang sudah memiliki gamut warna yang sangat luas.

Namun, meski untuk gaming sudah cukup mumpuni, laptop ini belum bisa memuaskan karena adanya stuttering walaupun mampu mencapai fps tinggi. Untuk bermain game, stuttering sebenarnya cukup menyebalkan. Maka dari itu, kami nggak begitu menyarankan kalian untuk menggunakan laptop ini untuk gaming di sesi yang lama.

Spesifikasi MSI Prestige 14

Platform
Tipe Laptop
OS Microsoft Windows 10
Tipe Prosesor Intel Core
Prosesor OnBoard Intel Core i7-10710U hexa-core, clock up to 4.7 GHz
Memori
RAM 16GB
Tipe RAM LPDDR3
Storage 1 TB HDD
Grafis
GPU NVIDIA GeForce GTX 1650 4 GB
Ukuran Layar 14  inci
Resolusi Layar UHD 3840 x 2160piksel
Bodi
Ukuran 319 x 215 x 15.9 mm
Berat 1.3  kg
Pilihan Warna Pure White, Carbon Grey
Lainnya
Speaker Yes, Stereo w/ Nahimic Sound Center
WebCam Yes, HD webcam
Wi-Fi Wi-Fi 6 AX201(2*2 ax), Bluetooth 5.0
Keyboard Standard
Touchpad Yes
Port HDMI, USB 3.2
Battery 3-cell Li-Polymer, 52Whr

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *