Review Razer Blade Pro (Spesifikasi dan Harga Terbaru)

Razer Blade Pro hadir untuk menjadi sebuah bukti bahwa laptop gaming yang memiliki performa setara dengan komputer desktop tidak harus memiliki dimensi yang besar dan bobot yang berat. Laptop ini dibekali dengan prosesor Intel Core i7, kartu grafis Nvidia GTX 1080, layar 4K 17 inci, dan memori RAM sebesar 32 GB. Semua komponen tersebut dirancang menjadi sebuah laptop bertenaga besar yang memiliki ketebalan hanya 22,5 mm saja.

Razer Blade Pro memiliki performa yang bisa diadu dengan komputer desktop gaming berukuran penuh. Meskipun harga yang ditawarkan memang sangat tinggi yakni bisa mencapai Rp50 juta untuk varian kartu grafis GTX 1080, namun laptop ini bisa menggantikan peran komputer desktop dengan bentuk yang jauh lebih ringkas.

Desain Razer Blade Pro

Review Razer Blade Pro

Material yang digunakan pada bodi laptop ini mirip dengan material yang digunakan pada produk Apple. Dengan warna hitam yang menutupi seluruh bagian laptop, Blade Pro tetap menghadirkan karakteristik khususnya yang berupa logo Razer pada bagian tengah penutupnya. Logo tersebut bisa menyala dengan indah dan bisa dikonfigurasi atau dimatikan melalui aplikasi Synapse dari Razer.

Laptop ini dirancang dengan dimensi yang sangat minimalis yakni dengan panjang 281 mm, lebar 424 mm, dan ketebalan 22,5 mm. Ditambah lagi dengan beratnya yang hanya sekitar 3 kg membuat laptop gaming ini bisa dengan mudah kamu bawa untuk bermain game ke mana pun kamu pergi.

Trackpad & Keyboard Razer Blade Pro

Ketika kamu membuka laptop ini, kamu akan langsung melihat posisi trackpad yang berbeda dari laptop pada umumnya. Posisi trackpad pada Razer Blade Pro tidak diletakkan di bawah keyboard, melainkan berada di sampingnya di sebelah kanan. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan penempatan trackpad tersebut, malahan kamu akan menyukainya jika sudah membiasakan diri menggunakannya selama beberapa jam.

Baca Juga  Review Asus ROG Zephyrus GX501 (Spesifikasi & Harga Terbaru)

Ukuran dari trackpad tersebut juga terbilang cukup luas dan ditambah lagi dengan pergerakan kursor yang lebih mulus membuatmu bisa menavigasikan Windows dengan lebih nyaman. Dengan ukuran tersebut, kamu bisa menggulir halaman website dengan lebih mudah. Posisi tersebut juga membuatmu merasa nyaman karena seolah kamu sedang menggunakan mouse yang memang pada umumnya berada di sebelah kanan keyboard.

Review Razer Blade Pro

Berpindah ke bagian keyboard, papan tombol pada Razer Blade Pro ini juga tak kalah mengesankan dari trackpadnya. Jika dilihat secara sekilas, keyboard tersebut tampak sama seperti keyboard laptop pada umumnya. Namun tunggu hingga kamu menekan tombolnya. Kamu akan merasakan dan mendengar suara yang sangat khas dari switch mechanical.

Razer telah mengimplementasikan mekanisme switch mechanical dengan profil yang sangat rendah pada laptop gaming ini. Hasilnya adalah tombol yang terasa taktil dan mengeluarkan suara clicky ketika ditekan.

Kemudian, sama seperti produk keyboard Razer lainnya, keyboard pada laptop ini juga dilengkapi dengan pencahayaan Chroma yang bisa diatur. Pencahayaan tersebut tak hanya bisa diterapkan pada keyboardnya saja, namun juga pada bagian pinggir dari trackpadnya dengan pilihan hingga 16,8 juta warna.

Layar Razer Blade Pro

Review Razer Blade Pro

Fitur lain yang sangat menarik perhatian dari Razer Blade Pro adalah layarnya yang berukuran 17 inci dengan display IGZO. Selain mendukung resolusi hingga 4K, layar tersebut juga mendukung 100% Adobe RGB spectrum, kontrol multi-touch, dan teknologi G-Sync untuk mempermulus framerate dari Nvidia.

Selain itu tingkat kecerahan dari layar tersebut juga sangat mengesankan. Ketika digunakan di dalam ruangan, kamu bisa melihat layar tersebut tanpa kesulitan dengan tingkat kecerahan 30%. Bahkan pada tingkat kecerahan 50% kamu tetap bisa melihat layar dengan jelas meskipun kamu berada di dalam ruangan yang terkena sinar matahari.

Performa Razer Blade Pro

Review Razer Blade Pro

Sebagai sebuah laptop dengan ukuran layar 17 inci, Razer Blade Pro menjadi salah satu laptop yang paling tipis dan paling ngebut di kelasnya. Laptop ini dapat menjalankan semua beban yang kamu berikan padanya dengan baik baik itu untuk memainkan game terbaru ataupun untuk mengedit video.

Baca Juga  Asus ZenBook UX430UN Spesifikasi Terbaru Intel Gen 8, Harga?

Kemudian, laptop ini juga ditenagai oleh baterai berkapasitas besar yang dapat diisi ulang. Akan tetapi baterai Lithium-ion polymer 99 WHr yang ada pada laptop ini dirasa kurang bisa memberikan daya dalam waktu yang cukup lama. Dengan penggunaan ringan, baterai tersebut hanya bisa bertahan hingga 3 jam 20 menit.

Apabila kamu menurunkan tingkat kecerahan layarnya dan juga mematikan efek pencahayaan pada keyboardnya, maka kamu bisa mendapatkan tenaga yang lebih lama.

Spesifikasi Razer Blade Pro

Operating System Windows® 10 Home (64-bit)
Processor Overclocked Quad-Core 7th Gen Intel® Core™ i7-7820HK Processor with Hyper-Threading 2.9GHz / 3.9GHz / 4.3GHz (Base / Turbo / Overclock)
Display l 17.3” 4K, 3840 x 2160

l IGZO, 16:9 aspect ratio, NVIDIA® G-SYNC™, 100% Adobe RGB, capacitive multi-touch

Graphics NVIDIA® GeForce® GTX 1080 (8GB GDDR5X VRAM)
Chipset Mobile Intel® HM175 Chipset
Memory 32GB dual-channel memory (DDR4, 2667MHz), fixed
Storage l 512GB SSD RAID 0 (2x 256GB PCIe M.2)

l 1TB SSD RAID 0 (2x 512GB PCIe M.2)

l 2TB SSD RAID 0 (2x 1TB PCIe M.2)

THX® Certified Mobile Device Yes
Communication Killer DoubleShot™ Pro:
Killer™ Wireless-AC 1535 (IEEE 802.11a/b/g/n/ac + Bluetooth® 4.1)
Killer™ E2500 (Gigabit Ethernet 10/100/1000)
Keyboard Ultra-low-profile mechanical, anti-ghosting with individually backlit keys
Input & Output l Built-in webcam (2.0MP)

l Multimedia keys with scroll wheel

l Multi-touch touchpad

l SDXC card reader

l Thunderbolt™ 3 (USB-C™)

l USB 3.0 port x 3 (SuperSpeed)

l HDMI 2.0 audio and video output

Audio l Built-in stereo speakers

l Built-in array microphone

l 3.5mm combo audio port

l Dolby® Digital Plus Home Theater Edition

l 7.1 Codec support

Additional Features l Keyboard and trackpad lighting powered by Razer Chroma™

l Razer™ Synapse enabled with programmable keyboard, trackpad, backlighting, and fan control

l Kensington™ Security Slot

l Trusted Platform Module (TPM 2.0) security chip embedded

Power & Battery l Compact 250W power adapter

l Built-in 99Wh rechargeable lithium-ion polymer battery

Approximate Size 22.5mm (Height) x 424mm (Width) x 281mm (Depth)
Approximate Weight 3.49 kg

 

Leave a Comment