Review Resident Evil 5 PC Game Klasik yang Masih Laris

Walaupun umurnya sudah satu dekade, Resident Evil 5 PC masih asyik dimainkan. Resident Evil hingga saat ini masih menjadi franchise game horror terlaris.

Resident Evil 5 PC

Nggak lama beberapa waktu lalu, Capcom baru saja merilis Resident Evil 2 Remake yang hadir dengan gameplay baru yang berbeda dengan versi aslinya.

Resident Evil 2 Remake memiliki gameplay yang mirip dengan Resident Evil 5. Nah, Resident Evil 5 ini tampil dengan grafis keren dan storyline yang cukup apik.

Pada sekuelnya ini, kamu akan bermain sebagai salah satu protagonis versi originalnya, yakni Chris Redfield yang juga merupakan kakak dari protagonis seri kedua.

Resident Evil 5 PC 1

Pada game ini Chris Redfield menjadi seorang anggota BSAA (Bioterrorism Security Assessment Alliance), dan ditemani oleh seorang perempuan yang kali ini bukan partnernya pada seri pertama, Jill Valentine.

Chris Redfield pada seri kelima ini akan bertualang di Afrike bersama Sheva Alomar. Namun, pada kali ini, kamu akan dihadapkan dengan parasit yang bermutasi.

Yang asyik dari game ini adalah fitur offline co-opnya. Akan tetapi fitur ini membuat Resident Evil 5 PC nggak seseram versi sebelumnya. Apalagi kali ini suasanyanya nggak segelap dulu.

Storyline Resident Evil 5

Game ini berawal dari 5 tahun setelah kejadian di Resident Evil 4. Chris yang dulu merupakan anggota polisi Racoon City, kini sudah menjadi anggota Bioterrorism Security Assesment Alliance yang ditugaskan ke daerah Kijuju di Africa.

Resident Evil 5 PC 2

Ia dan partner barunya, Sheva Alomar ditugaskan untuk menghentikan Ricardo Irving sebelum ia menjual senjata bio-organik di pasar gelap.

Akan tetapi, ketika mereka baru sampai ditujuan, mereka menemukan penduduk daerah tersebut terinfeksi dengan parasit yang bernama Las Plagas, dan orang-orang yang terjangkit oleh parasit tersebut adalah Majini. Kemudian Chris dan Sheva ditolong oleh tim Delta BSAA yang di dalamnya ada yang telah melatih Sheva, Josh Stone.

Baca Juga  Perbedaan AMD dan Intel Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Gameplay

Pada sekuel Resident Evil 5 PC ini, kamu tidak akan menemukan gameplay seperti Resident Evil 3 dan pendahulunya.

Resident Evil 5 PC 3

Game ini memiliki kamera yang serupa dengan Resident Evil 4 yakni kamera third person. Secara gameplay game ini mirip dengan salah satu game ikonik eksklusif Xbox yakni Gears of War. Hal ini bisa dibuktikan dengan mode co-opnya atau offline multiplayernya.

Akan tetapi yang disayangkan adalah pengurangan beberapa aspek yang seharusnya ada di setiap game Resident Evil yaitu puzzle.

Pada game ini sepertinya berkurang puzzle-puzzle yang membingungkan yang bikin kamu frustasi. Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, Resident Evil 5 atau RE5 memiliki mekanisme gameplay run and gun seperti apa yang ada di Gears of War.

Kamu bisa menggunakan Sheva ketika memainkan mode co-op. Ketika menggunakan kedua protagonis utamanya, layar akan terbelah atau seprti yang kita kenal sebagai split screen.

Mode ini mengingatkan kita sama game-game PlayStation pertama ketika bermain mode multiplayer. Akan tetapi, ketika nggak ada yang menjalankan secara manual, peran Sheva disini akan diisi oleh AI atau Artificial Intelligent.

AI di Resident Evil 5 sebenarnya agak menyebalkan terutama AI Sheva. Walaupun Sheva akan selalu menemani kita di sepanjang perjalanan, Sheva akan dengan nggak pedulinya menghambur-hamburkan peluru.

Maka dari itu, sebisa mungkin kamu harus dengan cerdas membekali Sheva dengan senjata yang powerful supaya musuh bisa langsung mati, dan Sheva nggak seenaknya buang-buang peluru.

Selain itu, AI musuhnya juga ikut-ikutan bodoh. Kami nggak tau ini bug atau memang AI-nya bodoh, musuh-musuh yang kamu hadapi akan berlari ke hadapan kamu dan cuma diam. Akan tetapi ada hal yang harus diwaspadai dalam game ini yakni Oboros yang lincah yang dengan cepat dapat membunuh kamu.

Baca Juga  Cara Beli Game di Steam Termudah Untuk Kamu Para Gamers

Grafis

Pada masanya grafis yang disuguhkan oleh Resident Evil 5 begitu spektakuler. Kamu akan disuguhkan detil yang apik dari segi karakter begitu juga lingkungannya.

Resident Evil 5 PC 4

Tapi menurut kami, jika disandingkan game-game terkini, grafis Resident Evil 5 nggak ketinggalan jaman amat. Selain itu, untuk mengetes hardware kamu, kamu bisa melakukan benchmark. Jika selesai dibenchmark, nanti muncul nilai. Jika FPS yang dihasilkan mencapai 100an, skor yang kamu terima adalah S.

Kesimpulan: Game Lama Tapi Tetap Asyik Dimainkan

Walaupun usia game ini sudah mencapai satu dekade, bukan berarti game ini pantas dilewatkan. Game ini memiliki gameplay yang cukup seru walaupun nggak semengerikan atau semembingunkan seri sebelumnya ataupun seri terbarunya. Begitu juga grafisnya, Resident Evil 5, tampil dengan grafis yang masih relevan untuk generasi sekarang. Kamu bisa memainkan game ini dengan membelinya di Steam. Harganya juga murah lho!

Demikian artikel Laptopnesia tentang Resident Evil 5, Semoga Bermanfaat

Spesifikasi Minimum Resident Evil 5

  • Sistem Operasi: Windows 7
  • Processor: Intel Core 2 Quad 2.4 GHz atau AMD Phenom II X4 3.4 GHz
  • VGA Card: NVIDIA GeForce 9800 atau ATI Radeon HD 7770
  • Memory: 4 GB RAM
  • HDD Space: 15 GB

Spesifikasi Rekomendasi Resident Evil 5

  • Sistem Operasi: Windows 7
  • Processor: Intel Core i5-3570 atau AMD Phenom II X4 3.4 GHz
  • VGA Card: NVIDIA GeForce GTX 650 atau ATI Radeon HD 7770
  • Memory: 4 GB RAM
  • HDD Space: 15 GB

Leave a Comment