Keunggulan & Tingkatan AMD Ryzen Terbaru yang Kencang

Tingkatan AMD prosesor penting untuk kamu pertimbangkan karena mendukung kinerja laptop atau PC. Prosesor dari AMD ini biasanya disematkan untuk laptop atau PC gaming kenamaan di seluruh dunia. AMD sebenarnya singkatan dari Advanced Micro Device yakni sebuah nama perusahaan yang bergerak dibidang industri semikonduktor yang bermarkas di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Sementara itu, nama perusahaan pembuat prosesor AMD dalah Advanced Micro Device. Inc. Beberapa produknya yang terkenal dibidang komputer adalah microprosesor dan chipset motherboard, serta IC (Integrated Circuit). Perusahaan ini didirikan pada tahun 1969 dan tetap beroperasi hingga sekarang.

Sejak berdiri berpuluh-puluh tahun lalu, tentunya AMD punya banyak prosesor yang diluncurkan. Beberapa produk dari AMD bahkan diklaim memiliki keunggulan pada kecepatannya yang sangat tinggi. Hal ini karena AMD terus melakukan pembaruan terhadap produknya. Sehingga selalu ada tingkatan AMD prosesor baru pada setiap generasi.

Macam-macam Tingkatan AMD Ryzen

AMD membuat gebrakan pada lini CPU desktopnya pada tahun 2017 di mana AMD merilis produk terbarunya tersebut yang berlabelkan Ryzen. AMD Ryzen ini mengusung teknologi fabrikasi terbaru yaitu 14nm. Seperti yang pada CPU terbaru Intel yaitu seri Coffeelake saat 2017 lalu. Saat ini Ryzen ada di generasi ke-3 atau AMD Ryzen 3000. Kabarnya di tahun 2020 ini akan diluncurkan Ryzen 4000 atau generasi ke-4. Namun hingga kini peluncuran tersebut masih belum pasti waktunya.

Perlu diketahui bahwa AMD Ryzen memiliki beberapa seri yaitu Ryzen 3, Ryzen 5, Ryzen 7 dan Ryzen 9. Tiap seri ada beberapa pembagian lagi misalnya untuk AMD Ryzen 5 ada 3500 dan 3500x. Performa AMD Ryzen dianggap dapat mampu bersaing dengan prosesor Intel di kelas harga yang sama. Memang boleh dibilang AMD cukup terlambat untuk mengusung fabrikasi 14nm itu karena baru diadaptasi tahun 2017 lalu. Namun, hal itu tentunya menjadi hadiah akhir bagi para pecinta AMD.

Tingkatan AMD Ryzen Seri Terbaru

Sebelumnya dibahas bahwa AMD Ryzen punya macam-macam tingkatan yakni Ryzen 3, 5, 7 dan 9. Nah segmentasi dari AMD Ryzen tersebut pun berbeda biasanya Ryzen 3 dan Ryzen 5 untuk laptop consumer. Kemudian Ryzen 7 dan Ryzen 9 untuk gaming atau editing konten maksimal. Berikut tingkatan AMD Ryzen serti terbaru yang bisa kamu jadikan sumber informasi kalau mau beli laptop.

Baca Juga  10 Merk Laptop Terbaik 2019 (Peringkat Apple Mengecewakan?)

1. AMD Ryzen 3 3200G

Seperti dijelaskan di atas tiap lini produk Ryzen memiliki beberapa seri lain. Terbaru saat ini adalah AMD Ryzen 3 3200G yang memiliki fabrikasi 12nm. Prosesor ini pun sudah dilengkapi dengan Radeon Vega 8 yang dijanjikan punya performa lebih baik dari sebelumnya. Ryzen 3 3200G membawa peningkatan clockspeed lebih tinggi hingga 4.0 GHz dengan clockspeed dasar sebesar 3.6 GHz. Dengan prosesor Quad core (4 core) yang membawa performa cukup baik untuk kerja biasa maupun pembuatan konten dengan tambahan 4 threads. Nilai TDP masih terhitung sebesar 65W, namun AMD menjanjikan bahwa selain peningkatan kinerja yang jauh lebih baik, CPU ini bisa jauh lebih efektif dalam urusan konsumsi daya.

benchmark ryzen 3 3200G
Credit to: www.cpubenchmark.net

Keunggulan AMD Ryzen 3 3200G

  • Encoding untuk gaming lebih cepat, berbeda 7% dibandingkan dengan seri sebelumnya
  • Kinerja Radeon Vega 8 dengan nilai spesifikasi yang lebih ditingkatkan (gaming kasual dengan resolusi 1080 piksel nyaman di mata). Contohnya, DOTA 2 dimana nilai Fps rata-rata hingga 52 Frame per second dan memberikan perbedaan hingga 13%

2. AMD Ryzen 5 3500X

Untuk tingkatan AMD Ryzen 5 juga ada beberapa seri. Namun yang akan dibahas adalah seri terbaru yakni Ryzen 5 3500X. Prosesor ini diluncurkan untuk bisa menyaingi kompetitornya yakni Intel dengan jajaran prosesor generasi ke-9 mereka. Prosesor ini memiliki spesifikasi 6 core dengan 6 threads dan dijual dengan harga Rp 2 jutaan. Ryzen 5 3500X akan memiliki kecepatan clock dasar 3.6 GHz dan kecepatan clock boost 4.1 GHz. Dengan spesifikasi singkat itu membuat 3500X sebagai CPU versi “budget tanggung”. Nilai TDP masih terhitung sebesar 65W, namun AMD menjanjikan bahwa selain peningkatan kinerja yang jauh lebih baik.

benchmark ryzen 5 3500x
Credit to: www.cpubenchmark.net

Keunggulan AMD Ryzen 5 3500X

  • Harganya murah yakni Rp 2 jutaan
  • Menawarkan performa lebih baik dari seri sebelumnya

3. AMD Ryzen 7 3700X

Jadi salah satu tingkatan AMD untuk kelas berat, target utama Ryzen 7 3700X adalah kalangan konten kreator sekaligus gamer enthusiast yang menginginkan tenaga komputasi penuh untuk semua skenario berat sehari-hari. Meski kinerjanya mantap, default TDP prosesor ini rendah yakni hanya 65W. Ryzen 7 3700X hadir dengan 8 core dan 16 thread dengan clock dasar 3.6 GHz dan max boost hingga 4.4 GHz. AMD meyakinkan penggunanya bahwa prosesor bisa bekerja 15% lebih efektif dibandingkan dengan seri ke-2 mereka. Selain itu, kehadiran Wraith Prism RGB LED yang dibawa prosesor ini masih cukup layak untuk kegiatan kasual, gaming maupun OC pada level ringan.

Baca Juga  5 SSD Terbaik, Laptop Makin Cepat dan Harga Terjangkau !
benchmark ryzen 7 3700x
Credit to: www.cpubenchmark.net

Keunggulan AMD 7 3700X

  • Kinerja single maupun multi core yang cepat, jauh lebih baik dibanding 2700X
  • Hemat daya dengan TDP 65W
  • Cooler dengan RGB yang keren dan bisa untuk mendinginkan suhu jangka Panjang
  • Kinerja gaming cukup meski belum superior

4. AMD Ryzen 9 3900X

Ryzen 9 3900X bisa dibilang menggebrak ekspektasi semua orang. Tingkatan AMD prosesor untuk high-end ini punya kekuatan dengan jumlah core besar, clockspeed tinggi, tapi memiliki konsumsi daya yang rendah. Terlebih lagi kamu bisa dapetin semua keunggulan itu dengan harga prosesor yang terbilang murah.  Prosesor ini hadir dengan kekuatan 12 core dan 24 threads, clockspeed up to 4.6 GHz, L3 Cache 64MB dan TDP 105W. Kalau kamu beli Ryzen 9 3900X tak perlu pusing mikirin pendingin ekstra, pasalnya prosesor ini juga sudah menyediakan bonus CPU Cooler Wraith Prism RGB yang keren saat bekerja. Intinya, kalau pakai prosesor ini seakan tidak ada halangan lagi buat melakukan banyak hal, mau buat gaming sampai edit video bisa dilakukan secara bersamaan. Ini bisa jadi salah satu prosesor terbaik untuk solusi ideal konsumen yang memiliki banyak pekerjaan berat seperti konten kreator, game streamer, ataupun desain grafis.

benchmark ryzen 9 3900x
Credit to: www.cpubenchmark.net

Keunggulan AMD Ryzen 9 3900X

  • Mendukung multitasking terbaik buat editing konten
  • Dalam tes blender skema BMW, hanya menghabiskan waktu sekitar 142 detik dan itu pastinya sangat cepet.
  • Closkspeed tinggi yang bersaing dengan kompetitor

Nah, itu dia tingkatan AMD prosesor  terbaru. Selain prosesor yang mendukung kinerja kamu edit konten dan gaming, kinerja dari VGA AMD Radeon juga perlu jadi pertimbangan. Namun, ketika kamu membeli prosesor AMD biasanya sudah sepaket dengan kartu grafis alias VGA yang sesuai dan mendukung kinerja prosesornya. Salah satu yang bisa kamu kepoin adalah kinerja dari AMD Radeon RX 5700 yang cocok buat gamer dan konten kreator.

Leave a Comment