VGA AMD Radeon Terbaik dan Tebaru 2020 Gaming Lancar Jaya

VGA AMD di Indonesia punya penggemarnya sendiri, bahkan fanboy-nya sendiri terkadang mati-matian membela brand idolanya ketika diserang fanboy brand kompetornya. Beberap tahun lalu pun AMD sempat kalah dengan NVIDIA, walaupun pada tahun 2004 -2005 mereka meraup kejayaannya dengan VGA flagshipnya yakni X850XT dan X1950XT (what a memory, tho!). Apalagi bagi kamu yang dulu sempat ngerasain gimana asiknya main game dengan frame rate tinggi berkat VGA card-VGA card tersebut, pasti kangen banget.

Kini AMD kembali lagi untuk menghajar kompetitor-kompetitornya dengan berinovasi nggak cuma dari segi teknologi, namun dari segi harga. Terlebih lagi setelah dirilisnya AMD Ryzen dengan teknologi yang nggak kalah kencang dengan Intel, AMD yang sebelumnya kalah telak dengan Intel dari segi konsumsi daya dan juga performa, kini dengan gagah berani menantang kompetitornya tersebut.

Begitu juga lini VGA-nya, AMD merilis seri RX yang mampu menantang NVIDIA. Pada kali ini, bagi kamu yang sedang memulai bangun komputer dekstop gaming, Laptopnesia akan memberikan kamu 5 rekomendasi VGA AMD yang bikin gaming kamu lancar jaya tanpa bikin kantong kamu boncos. Berikut listnya:

Urutan VGA AMD Terbaik

AMD Radeon RX 5700 XT

AMD baru saja merilis kartu grafis terbaru mereka, yakni RX 5700 XT. Kartu grafis ini mampu bersanding dengan chip GTX terbaru NVIDIA, GTX 1660 Ti. Selain itu, dengan performa yang sangat mendukung untuk kebutuhan gaming sekarang, RX 5700 XT dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Sangat tepat untuk kamu yang ingin membangun PC gaming dengan budget yang lebih minim.

AMD Radeon RX 5600 XT

Selain RX 5700 XT, AMD merilis versi adiknya yakni RX 5600 XT dan RX 5500 XT. Untuk seri ini, kalian bisa mendapatkan performa gaming kencang untuk resolusi Full HD dan setting grafis pada konfigurasi high hingga very high. Apabila kalian ingin merasakan game AAA dengan grafis terbaik, namun dengan kocek yang ramah kantong, ini adalah solusinya.

AMD Radeon RX 5500 XT

Seri terakhir dari RX 5000 adalah RX 5500 XT. Seri ini merupakan seri paling bawah dari chip grafis terbaru AMD Radeon. Meski chip ini adalah seri paling bawah, performanya jangan dianggap remeh. Dengan harga sekitar Rp 3 jutaan ke bawah, kalian bisa menikmati gaming AAA dengan performa terbaik.

AMD Radeon RX Vega 64

VGA AMD terbaik pertama versi kami adalah AMD Radeon RX Vega 64. Kartu grafis satu ini ditengarai sebagai seri tertinggi dari jajaran VGA AMD Radeon. GPU ini berbasiskan fabrikasi 14 nm FinFET dan memiliki spesifikasi yang cukup bersaing dengan kompetitornya yakni stream processor 4096, clock speed (base) 1406 MHz, memori 8 GB HBM2, memory bus 2048 bit, bandwidth 484 GB/s, dan masih banyak yang lainnya.  Walaupun VGA ini dirilis beberapa tahun lalu, kartu grafis besutan AMD ini masih layak untuk bermain game AAA terkini.

Baca Juga  Fungsi Firewall pada Jaringan Komputer (Penjelasan Lengkap)

AMD Radeon RX 590

Bagi kamu yang masih menggunakan monitor Full HD dan ingin bermain game AAA dengan setting grafis terbaik dan fps tinggi, serta harganya terjangkau, VGA AMD terbaik satu ini bisa kalian pilih.  Spesifikasi GPU satu ini sudah mumpuni untuk bersaing di dunia kartu grafis hari ini. VGA AMD Radeon dengan arsitektur Polaris ini dirancang dengan fabrikasi 12 nm. Dibandingkan adiknya, RX 580, AMD Radeon RX 590 memiliki clock speed yang jauh lebih kencang.

AMD Radeon RX Vega 56

Satu lagi VGA AMD terbaik 2019 untuk kelas high-end, yaitu AMD Radeon RX vega 56. Sebagai jajaran GPU AMD Radeon terbaik 2019 kelas flagship, RX Vega 56 memiliki spesifikasi yang nggak kalah keren dengan kakaknya, RX Vega 64. VGA ini memiliki boost clock 1,471 MHz, memori clock 1.6 Gbps, base clock 1,156 MHz, dan juga bandwidth 410 GB/s.

AMD Radeon RX 580

Walaupun kartu grafis ini masih setara dengan GTX 1060 Ti, kartu grafis ini nggak berarti bisa ditinggalkan. GPU AMD ini memiliki performa yang cukup ciamik untuk memainkan game-game terkini dengan konfigurasi grafis high atau bahkan ultra pada resolusi Full HD. Spesifikasi pengolah grafis besutan AMD ini diantaranya: GPU cores 2,304, base clock 1,257 MHz, boost clock 1,340 MHz, memori bandwidth 256 GB/s, memori 8 GB GDDR5, dan memory clock 8 GT/s.

VGA AMD Radeon Terbaik 2020

1. AORUS Radeon RX 5700 XT

Harga: Rp 8.160.000

Kartu grafis AMD Radeon pertama adalah chip grafis seri terbaru bernama Gigabyte Aorus Radeon RX 5700 XT. Aorus merupakan lini gaming dari Gigabyte yang memiliki desain dan performa khusus untuk menjalankan game-game AAA terkini. Kartu grafis besutan Gigabyte ini bisa menjadi sebuah ancaman bagi seri RTX GeForce karena secara performa VGA card ini sedikit lebih unggul bila dibandingkan dengan RTX 2070 Super. Kini kalian sudah punya alternatif lain apabila ingin membangun sebuah PC gaming bertenaga.

VGA AMD

2. SAPPHIRE PULSE RX 5600 XT

Harga: Rp.5.100.000

Tahun ini, AMD merilis 3 chip terbaru yakni RX 5700 XT, RX 5600 XT, dan RX 5500 XT. Sapphire Pulse Radeon RX 5600 XT  kami posisikan di urutan kedua. Sapphire merupakan salah satu vendor khusus Radeon yang termasuk ke dalam jajaran brand berkualitas. Untuk urusan performa, Sapphire Radeon RX 5600 XT  ini memiliki performa mampu menjalankan game AAA dengan konfigurasi grafis high – very high pada resolusi Full HD dan 60 fps. Sistem pendingin yang disuguhkan oleh kartu grafis Sapphire ini akan menjadi pertimbangan untuk gaming PC kalian.

VGA AMD

3. Gigabyte AMD Radeon RX 580 Gaming 4 GB

Harga: Rp 2,904,000

Gigabyte sudah nggak diragukan lagi sebagai vendor yang mampu memberikan komponen, teknologi, dan fitur berkualitas tinggi yang mampu memberikan performa kelas atas. Pada VGA AMD nya yakni RX 580 ini, Gigabyte melengkapinya dengan sistem pendingin Windforce 2X yang menghadirkan dua buah kipas berukuran 90mm yang mampu meningkatkan aliran udara hingga 23% dibanding sistem pendingin dengan kipas tradisional.

Baca Juga  7 Laptop Asus Intel Core i3 Murah & Terbaik di Tahun 2020

Di samping itu, tiga buah heatpipe dengan material tembaga murni juga mampu meningkatkan pendinginan hingga 29%. Bagi kamu yang suka RIG kamu bling-bling ala lampu disko, kamu bisa mengkostumisasi dan personalisasi VGA kamu dengan RGB fusion.

VGA AMD

4. PowerColor Radeon RX Vega 56 HBM2

Harga: Rp 11.185.000

PowerColor merupakan salah satu vendor AMD paling setia. Dengan logo naga merah, VGA AMD terbaik 2019 ini mengusung 3584 stream processor dengan memory 8 GB. Clock yang dihadirkan pada VGA card ini hingga 1478 MHz dan memory clock 800 MHz. Selain itu, untuk future proof, VGA card ini sudah mendukung DirectX 12. Sudah tentu kartu grafis ini siap perang untuk melibas game-game terbaru dengan frame rate tinggi pada resolusi tinggi juga.

PowerColor tidak lupa menyematkan sistem pendingin dengan tiga buah kipas yang mampu mendinginkan komponen-komponen yang ada di dalam kipas dengan optimal sehingga kamu bisa menikmati sesi gaming kamu tanpa khawatir.

VGA AMD Radeon Terbaik dan Tebaru 2018 Gaming Lancar Jaya

5. ASUS ROG STRIX RX 580 Gaming

Harga: Rp 5,200,000

ASUS nggak mau ketinggalan untuk bekerja sama dengan AMD walaupun mereka juga memproduksi VGA dari kubu hijau. Tentu ASUS nggak pilih kasih karena VGA AMD rilisannya ini dikonstriksi dengan sebuah 2.5 slot yang mampu mengurangi panas hingga 40%. Selain itu, teknologi inovatif 0dB menghentikan kipas yang ada pada VGA ini ketika temperatur rendah, sehingga membuat sesi gaming kamu semakin nyaman ketika VGA ini sunyi.

VGA AMD RX 580 besutan ASUS ini didukung juga dengan teknologi IP5X yang mampu menangkal debu, maka dari itu, dengan teknologi ini dapat memperpanjang masa pemakaian dan kamu nggak perlu beli lagi karena VGA-nya rusak.

VGA AMD Radeon Terbaik dan Tebaru 2018 Gaming Lancar Jaya

6. HIS RX 580 IceQ X2 OC 8GB

Harga: Rp 3,100,000

HIS sudah lama setia dengan AMD. Bila diibaratkan HIS dengan AMD adalah seperti Saras 008 dengan Milky Man. Salah satu seri terkenal dari HIS adalah seri IceQ. Sistem pendingin IceQ dikenal karena kemampuannya mendinginkan komponen-komponen pada VGA dengan maksimal dengan sunyi. Hal ini berkat heatpipe yang dibuat khusus untuk meningkatkan area permukaan keseluruhan untuk mengusir panas pada GPU.

Kipas HIS IceQ RX 580 8 GB ini dapat mendinginkan temperatur pada GPU hingga mencapai sekitar 60°C. Kemudian kipas akan berhenti ketika suhu pada GPU menurun ke 50°C. Kamu bisa menikmati sesi gaming kamu tanpa harus tertanggu suara berisik yang keluar pada GPU karena VGA AMD ini sunyi banget.

VGA AMD Radeon Terbaik dan Tebaru 2018 Gaming Lancar Jaya

7. MSI RX 480 Gaming X

Harga: Rp 4,499,000

VGA AMD yang terakhir adalah dari MSI yakni RX 480 X Gaming. RX 480 besutan MSI ini memiliki kinerja yang mengaguman karena sitem pendingin yang sangat baik. Nggak hanya itu, sesi gaming kamu nggak akan terganggu karena suara yang keluar dari GPU ini sunyi. Namun, kamu harus memiliki case dengan ventilasi yang baik karena jika sistem aliran udaranya nggak baik, VGA ini akan menjadi bising.

VGA AMD Radeon Terbaik dan Tebaru 2018 Gaming Lancar Jaya

Demikian artikel Laptopnesia kali ini tentang VGA AMD terbaik dan terbaru. Sesuaikan dengan budget dan nikmati sesi gaming kamu dengan memuaskan. Selamat berburu VGA!

Leave a Comment