Fungsi Sound Card (Perlukah Saya Membelinya?)

Sound card bisa menjadi sebuah komponen yang sangat bermanfaat tak hanya bagi para profesional multimedia dan gamer, namun juga untuk pengguna pada umumnya. Namun apa itu sound card dan apa fungsi sound card? Sound card adalah sebuah komponen tambahan pada komputer berfungsi untuk memproduksi suara yang dapat didengar melalui speaker atau headphone. Tapi seberapa pentingkah sound card di komputer saya? Masih relevankah jika saya menggunakan sound card untuk komputer baru saya?

Sejarah Sound Card

Pada mulanya, komputer adalah sebuah perangkat eletronik yang hanya digunakan untuk menghitung dan mengetik. Awalnya perangkat ini juga sudah bisa mengeluarkan suara, akan tetapi nada yang dihasilkan masih sangat sederhana. Hal tersebut kemudian dimanfaatkan oleh para programer untuk menciptakan game dengan suara yang khas pada masanya.

Fungsi Sound Card

Seiring berjalannya waktu, komputer telah berkembang menjadi sebuah perangkat yang semakin kompleks dan membutuhkan semakin banyak komponen agar bisa memenuhi kebutuhan secara spesifik. Nah, sound card hadir di masa ini. Sebuah sound card juga belum secanggih sekarang ini, di mana pada waktu itu dengan memuat hanya suara 8 bit dan 11 kHz. Berbeda dengan komputer masa kini yang dapat merekam dan memainkan suara hingga 32 bit dan 192 kHz.

Fungsi Sound Card

Sound card berfungsi sebagai sebuah komponen yang bertugas untuk memproses audio untuk komputer. Sinyal digital atau analog yang masuk ke dalam komponen tersebut diterjemahkan secara digital sebagai algoritma yang kemudian berubah menjadi bentuk gelombang dan menghasilkan sinyal sonik pada outputnya. Sound card ini mengendalikan semua audio yang diproduksi dalam komputer.

Baca Juga  Pengertian BIOS Serta Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

Fungsi Sound Card

Sound card juga hadir dalam tipe yang berbeda-beda, namun semuanya dibekali dengan kemampuan untuk mengendalikan volume, mute, dan routing audio yang masuk dan keluar. Kamu bisa melakukan pengaturan terhadap sound card melalui sistem operasi tanpa harus masuk ke bagian BIOS.

Dikarenakan sound card itu sendiri adalah sebuah komponen terpisah, maka komponen tersebut juga akan berkontribusi dalam penggunaan RAM dan CPU komputer. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap performa komputer. Akan tetapi sound card yang lebih mahal biasanya dirancang dengan daya pemrosesannya sendiri sehingga tidak akan membebani kinerja dari komputer.

Perlukah Menggunakan Sound Card?

Hal ini tergantung pada beberapa faktor. Faktor pertama adalah tipe perangkat audio seperti apa yang kamu gunakan. Apakah kamu menggunakan speaker berukuran besar, sebuah headphone yang sangat mahal atau sekadar menggunakan earphone yang ada saja? Selain itu apakah kamu menggunakan komputer untuk kebutuhan mixing audio atau untuk bermain game dan ingin mendapatkan pengalaman terbaik?

Fungsi Sound Card

Jika memang kamu adalah seorang komposer musik atau profesional gamer yang membutuhkan keunggulan taktis dari fitur surround sound, maka kamu bisa menggunakan sebuah sound card di komputermu.

Satu hal lagi yang perlu kamu ketahui adalah apabila kamu sudah menggunakan motherboard high-end, maka penggunaan sound card bisa kamu evaluasi kembali. Pasalnya, motherboard tersebut biasanya sudah dibekali dengan komponen audio yang sangat mumpuni untuk bisa mengimbangi penggunaan headphone yang memiliki impendansi tinggi.

Leave a Comment