Mengetahui Bagian-bagian Komponen Motherboard Lebih Lengkap

Apakah kamu tahu bagian-bagian komponen motherboard? Jika belum tahu, ini waktunya. Motherboard, sebagaimana namanya, merupakan komponen yang paling penting yang ada dalam komputer. Tanpa adanya motherboard, komponen-komponen lain seperti processor, VGA card, bahkan power supply nggak akan berguna, semahal atau secanggih-canggihnya komponen kamu.

Komponen Motherboard

Motherboard merupakan gabungan dari kata Mother=Ibu dan juga Board=Papan. Hal ini berarti motherboard merupakan komponen ibu dari komponen-komponen lainnya. Dapat diartikan juga motherboard memiliki fungsi sebagai pusat penghubung antara komponen (perangkat keras) satu dengan yang lainnya.

Kini motherboard Intel sudah mencapai seri Z390 yang sudah kompatibel dengan processor Intel Core generasi ke-9. Sedangkan AMD sudah mencapai soket AM4 untuk processor terbarunya yakni Ryzen.

Nah, setelah mengetahui fungsi dari motherboard secara keseluruhan, berikutnya kami akan membahas komponen dalam motherboard komputer yang kami jelaskan bersama fungsinya.

Komponen Motherboard Dalam Motherboard

1.  Socket Processor

Bagian komponen motherboard pertama adalah processor. Processor merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam komputer, karena komponen ini merupakan otak dari komputer. Sebagaimana fungsi otak manusia, processor memiliki fungsi yang sangat krusial. Untuk memasangkannya ke processor, terdapat sebuah bagian komponen motherboard yang bernama socket.

Komponen Motherboard

Umumnya, socket processor memiliki 4 lubang yang mengelilingi socket tersebut yang berfungsi sebagai penyangga heatsink fan atau CPU Cooler. Karena Intel dan AMD memiliki socket yang berbeda, sebisa mungkin kamu membeli sesuai dengan pilihan brand yang kamu beli. Jangan sampai keliru, membeli processor AMD namun motherboardnya khusus Intel atau sebaliknya.

Baca Juga  Bunyi Beep Pada Komputer, Kenali Arti-arti Dari Jenis-jenisnya !

2. Slot Memory

Memory juga memiliki fungsi penting pada komputer. Komponen ini memiliki bentuk yang memanjang. Memory yang keluar sekarang ini umumnya memiliki pendingin. Bahkan diantaranya ada yang dengan LED RGB. Posisi slot memory biasanya ada di samping socket motherboard.

Jumlah slot memory pun beragam ada yang hanya 2, 4, 8, hingga diatas itu. Jika motherboard yang kamu beli formatnya Micro ATX, biasanya slot memory yang tersedia hanya dua buah.

Komponen Motherboard

Memory sendiri memiliki beberapa tipe, diantaranya DDR1, DDR2, DDR3, DDR3L, dan juga DDR4. Masing-masing tipe memiliki slot berbeda-beda, oleh karena itu, kamu nggak bisa memasangkan memory DDR4 ke slot DDR3. Hal ini karena bentuk dari slot masing-masing tipe berbeda.

3. Slot IDE dan SATA

Kedua slot ini bentuknya berbeda, namun pada dasarnya memiliki fungsi yang sama. Slot ini memiliki fungsi sebagai penghubung hardisk/SSD atau DVD/CD/BD Rom ke motherboard. Umumnya motherboard tipe lama masih menghadirkan slot IDE, sedangkan motherboard versi baru hanya menggunakan slot SATA. Slot SATA yang terpasang kini hingga 6 buah.

Komponen Motherboard

Semakin banyak slot SATA yang dimiliki motherboard kamu, semakin banyak juga SSD atau Hardisk yang dapat terpasang ke motherboard kamu. Slot SATA kini sudah mencapai serinya yang ke-3.

4. Slot PCI Express x16 dan AGP

Bagian komponen motherboad yang keempat adalah slot PCI Express x16 atau dulu AGP. Slot ini digunakan untuk memasang kartu VGA. VGA card memiliki fungsi untuk mengolah grafis. Bagi para gamers, komponen ini adalah yang paling penting selain motherboard dan juga memory.

Komponen Motherboard

Karena semakin tinggi kartu grafis yang digunakan, semakin tinggi juga performa komputer mereka ketika menjalankan game terkini. Motherboard versi lama masih menggunakan slot AGP, sedangkan untuk versi baru menggunakan slot PCI Express x16.

Baca Juga  5 Laptop Terbaik 6 Jutaan Murah dan Berkualitas 2018

Beberapa motherboard memiliki slot PCI Express x16 lebih dari 1. Hal ini memungkinkan penggunanya untuk menggunakan lebih dari VGA card.

5. I/O Ports

Bagian komponen motherboard selanjutnya adalah I/O ports. Komponen motherboard ini merupakan kumpulan dari beberapa port dan slot yang terletak di luar casing. Port ini berfungsi untuk mencolokkan komponen-komponen seperti monitor (DVI atau HDMI), audio, USB atau PS2 (motherboard dan mouse dengan format lama).

Komponen Motherboard

6. Power Connector

Komponen motherboard keenam adalah power connector. Port ini memiliki fungsi untuk menghubungkan power supply dengan motherboard. Power supply juga merupakan salah satu komponen penting yang ada pada komputer, bila tidak ada komponen ini, komputer kamu nggak akan bisa menyala. Slot power connector ini biasanya memiliki 20 – 24 lubang untuk menghubungkan pin yang ada pada kabel power pada power supply.

Komponen Motherboard

7. Pin Kabel Front Panel

Bagian komponen motherboard terakhir adalah pin kabel front panel. Coba lihat deh motherboard kamu, pasti ada tombol power, restart, lampu yang menandakan komputer kamu sedang menyala atau tidak dan juga lampu yang menandakan komputer kamu sedang dalam keadaan hardisk terbaca atau tidak.

Komponen Motherboard

Demikian artikel Laptopnesia kali ini tentang komponen motherboard, sudah tahu kan bagian-bagiannya. Jangan sampai salah lagi ya.

Leave a Comment