Urutan Prosesor AMD Berdasarkan Budget (Dengan Harga)

Pada tahun 2017 kemarin, AMD mencoba untuk bangkit kembali dan masuk ke persaingan panas di industri prosesor komputer dengan mengeluarkan Ryzen. Prosesor seri ini menghadirkan opsi yang sangat beragam untuk kamu, baik itu jika kamu mencari yang paling ‘ganas’, yang paling murah, dan beberapa varian di antaranya. Pada artikel kali ini kami akan membahas urutan prosesor AMD berdasarkan budget yang kamu miliki.

Sebelum memasuki pembahasannya, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa di segmen ini kami hanya akan menyebutkan prosesor besutan AMD saja. Kamu bisa juga membandingkan kembali prosesor yang akan disebutkan di sini dengan prosesor produksi Intel. Namun apabila memang kamu penggemar setia AMD, maka berikut adalah daftar prosesor terbaik yang bisa kamu dapatkan.

Kelas Bawah: Ryzen 3 2200G (Rp1.500.000)

Urutan Prosesor AMD

Produk APU (Accelerated Processing Units) buatan AMD memang kurang bisa bersaing dalam hal hardware gaming kelas menengah. Namun Ryzen generasi terbaru dengan Vega APU kini tak lagi bisa dipandang sebelah mata. Dari pengujian yang telah dilakukan oleh Digital Trends, produk ini mungkin belum akan menggantikan prosesor sesungguhnya dengan kartu grafis khusus dalam waktu dekat, terutama jika kamu ingin memainkan game keluaran terbaru. Akan tetapi jika kamu ingin merakit komputer yang ramah di kantong atau case PC mu tidak memiliki ruang untuk memasang kartu grafis, maka Ryzen 3 2200G ini bisa dijadikan pilihan tepat.

Prosesor ini memiliki kemampuan yang lebih baik jika dibandingkan dengan prosesor grafis Intel UHD 620 dan mampu bersaing kuat dengan CPU Ryzen sesungguhnya seperti 1300X. Untuk kelas harga di kisaran 1,5 juta, prosesor ini bisa dijadikan pilihan yang cukup sepadan dengan tawaran ekstra berupa GPU Vega yang bisa menjalankan game level bawah atau jika kamu ingin rakitan komputer yang sederhana.

Baca Juga  Notebook ASUS Harga 2 Jutaan Terbaik dengan Spesifikasi

Kelas Menengah: Ryzen 5 1600 (Rp2.700.000)

Urutan Prosesor AMD

Di kelas harga menengah, persaingan prosesor yang ada jauh lebih kompetitif karena kamu akan disajikan dengan pilihan yang sangat beragam. Meskipun begitu, dari semua prosesor yang ada, kami akan menjatuhkan rekomendasi pada Ryzen 5 1600 yang tak hanya cukup terjangkau, namun juga memiliki performa mumpuni.

Sebagaimana tren quad-core yang menguasai kelas menengah, seri prosesor Ryzen 5 mempersembahkan prosesor hexa-core yang cukup jarang hadir di kelas ini. Dengan dukungan penuh terhadap multithreading, kamu akan mendapatkan 12 thread bersama dengan enam core tersebut. Selain itu, frekuensi dari prosesor ini juga tak bisa diremehkan dengan clock diam 3,2 GHz dan dapat meningkat hingga 3,6 GHz ketika diperlukan.

Kelas Atas: Ryzen 7 1800X (Rp4.900.000)

Urutan Prosesor AMD

Ryzen 7 1800X hadir dengan berbekal delapan core dan berkat dukungan multithreading, prosesor ini memiliki total 16 thread untuk bekerja. Hal tersebut membuat prosesor ini memiliki kinjera yang mengesankan untuk multitasking atau untuk menjalankan aplikasi yang benar-benar bisa memanfaatkan thread tambahan yang banyak. Prosesor ini membuatmu bisa merasakan perbedaan yang cukup signifikan ketika encoding atau editing video. 1800X juga bisa dijadikan prosesor gaming yang hebat, namun belum sehebat beberapa prosesor yang ditawarkan oleh Intel.

Performa yang dimiliki oleh prosesor ini pada dasarnya cukup mengesankan dengan clock dasar 3,6 GHz dan dapat meningkat hingga 4,0 GHz ketika dibutuhkan, dan kamu juga bisa meningkatkannya lagi sebesar 100 MHz dari fitur XFR.

Jika kamu ingin opsi yang sedikit lebih murah, kamu bisa mengambil Ryzen 7 1700 dengan harga sekitar Rp4.100.000. Jika kamu bisa menerapkan overclock pada prosesor ini, maka performa yang kamu dapatkan tidak akan jauh berbeda dengan 1800X.

Baca Juga  7 Aplikasi Edit Audio PC Terbaik Gratis Gak Pake Bayar

Kelas Ekstrem: Ryzen Threadripper 1950X (Rp13.000.000)

Urutan Prosesor AMD

Prosesor yang satu ini pantas mendapatkan mahkota dalam rangkaian prosesor seri Ryzen. Pemuncak dari seri tersebut adalah Ryzen Threadripper 1950X yang memiliki tenaga super besar. Apabila kamu menginginkan performa tiada tanding, khususnya untuk menjalankan aplikasi yang benar-benar dapat memanfaatkan multi-thread, bisa dibilang ini adalah pilihan prosesor yang paling tepat saat ini.

Hadir dengan harga di bawah kompetitornya, 1950X dibekali dengan 16 core dan 32 thread. Hal tersebut membuatnya memiliki performa yang sangat cukup untuk multitasking bahkan dengan aplikasi yang berat.

Dengan kecepatan clock dasar 3,4 GHz, prosesor ini dapat meningkatkannya hingga 4,0 GHz dan bisa mencapai 4,2 GHz dengan XFR. Cukup cepat bukan? Ditambah lagi jika kamu menggunakan sistem pendinginan yang tepat, maka kamu bisa menaikkannya lagi bahkan hingga 5,0 GHz (membutuhkan pengalaman dan pengetahuan khusus).

Leave a Comment