Review Marvel’s Avengers: Bisakah Menjadi Game Superhero Terbaik?

Marvel’s Avengers – Seri Batman Arkham dan Spider-man yang dirilis di PS4 kini menjadi tolok ukur game bertema superhero. Dan bagi kami sendiri standardisasi tersebut cukup tinggi karena kedua seri tersebut mampu memberikan sajian game yang tak hanya memiliki grafis yang keren, namun juga mekanisme gameplay yang fluid. Beberapa lalu, Square Enix bersama Crystal Dynamics menggarap sebuah game yang mengambil tema pahlawan super Marvel yakni Marvel’s Avengers.

Marvel's Avengers

Yang kami lihat, game ini sepertinya ingin mengikuti film Avengers yang beberapa waktu lalu tayang agar euforia film tersebut masih bisa diikuti. Pada versi betanya, Square Enix dan juga Crystal Dynamics menampilkan gameplay yang cukup menjanjikan. Di sini kalian bisa menggunakan karakter-karakter Marvel seperti Iron Man, Thor, Hulk, dan yang lainnya. Untuk selanjutnya, kami akan mengulas game ini lebih lengkap di artikel Laptopnesia ini. Ikuti artikel ini hingga akhir.

Storyline Marvel’s Avengers

Apabila kalian fanboy Marvel dan memiliki koleksi komik Avengers, kalian tidak akan menemukan cerita ini di dalam komik atau pun di MCU (Marvel Cinemated Universe). Ini semua karena cerita yang digarap pada game ini adalah secara orisinal garapan Crystal Dynamics. Cerita game bertema tim superhero Marvel ini dimuali ketika para anggota Avengers ini merayakan lahirnya The Chimera yang merupakan Helicarrier mereka. The Chimera ini diberi sumber tenaga bernama Kristal Terrigen. Namun, sayangnya hari kelahiran The Chimera tersebut berujung bencana yang besar. Helicarrier tersebut dikepung oleh pasukan yang dipimpin oleh Taskmaster. Pengepungan tersebut akhirnya berakhir dengan kehancuran yang sangat besar. Yang lebih menyedihkannya, Captain Amerika sebagai pemimpin Avengers menjadi korban.

Baca Juga  11 Rekomendasi Game Sniper PC dengan Grafis Terbaik

Marvel's Avengers

Tak hanya memakan korban, kehancuran The Chimera menghasilkan efek samping yang mengeluarkan kabut Terrigen yang membuat manusia berubah menjadi makhluk bernama Inhuman yang bisa melakukan hal-hal destruktif seperti melemparkan api dan membuat clone. Berubahnya bangsa menusia menjadi makhluk destruktif bernama Inhumans tersebut tak bisa dihalangi bahkan oleh Avengers sendiri. Karena kekosongan posisi sebagai pelindung kota, sebuah perusahaan teknologi bernama AIM yang dipimpin George Tarleton menciptakan robot yang sangat cerdas yang ditengarai mampu menyelamatkan umat manusia dari Inhumans.

Marvel's Avengers

Salah satu korban dari kabut yang dihasilkan Kristal Terrigen adalah Kamala Khan. Ia kini memiliki kekuatan yang aneh yang membuatnya berbeda dengan ia sebelumnya. Kamala merupakan seorang fans Avengers dan ia menemukan sebuah rekaman rahasia dari AIM yang menunjukan kematian Captain America. Hal ini membuat Kamala diburu oleh perusahaan tersebut. Karena memiliki kekuatan yang aneh tersebut, Kamala berencana membongkar rencana jahat yang ingin diluncurkan oleh AIM. Dan, ini membuatnya ingin mengembalikan tim superhero bernama Avengers kembali seperti semula.

Gameplay dan Graphics

Pertama kami melihat preview game ini, kami cukup kagum dengan penggarapannya. Namun, kami agak sedikit ragu dengan eksekusinya. Mungkin karena seri Batman Arkham dan juga Spider-man PS4 menjadi standar untuk game bagus bertema superhero. Apalagi sewaktu awal-awal pemberitaan game ini di mana Square Enix hanya menampilkan fitur-fitur yang berhubungan dengan mikrotransaksi. Akhirnya, kami mencoba game ini dan merasakan mekanisme yang digarap oleh Crystal Dynamics. Alhasil, kami cukup puas dengan mekanisme gameplay-nya.

Di sini kita bisa bermain dengan sekelompok superhero Marvel secara lansung. Sedikit mengingatkan kami pada game Marvel Ultimate Alliances. Akan tetapi, tentu grafis dan mekanisme yang dipamerkan cukup berbeda. Dalam awal permainan kalian akan memainkan Kamala Khan yang merupakan seorang Miss Marvel. Kelebihan yang dimiliki oleh game superhero terbaru satu ini adalah map yang besar yang kamu bisa telusuri secara bebas. Pada dasarnya game ini memiliki elemen RPG yang kental sehingga kalian bisa melakukan upgrade stats maupun skil karakter kalian. Kemudian, aksi-aksi yang ditampilkan game ini sangat fluid dan seru. Animasi yang ditampilkan cukup hidup dan sangat seru untuk disaksikan.

Baca Juga  Aplikasi Edit Video Terbaik PC (Gratis!)

Akan tetapi, tentu game ini ada kekurangan yang menurut kami seharusnya bisa diperhatikan karena cukup membuat kami belum bisa menyandingkan dengan Batman Arkham series atau Spider-man yaitu kerepetitifan gameplaynya. Meskipun mengusung open world dengan mapnya yang luas, tidak membuat game ini menjadi lebih variatif karena musuh yang dihadirkan dibilang itu-itu saja. Selain itu, boss fightnya pun tergolong sedikit dan masih terdapat banyak bug.

Kesimpulan

Sebagai game bertema superhero, Marvel’s Avengers sebenarnya bisa dibilang sebagai game yang bagus. Namun, ada beberapa hal yang membuat game ini banyak kekosongan terutama battle yang cukup repetitif. Mekanisme grinding di sini membuat kami cukup bosan apalagi bermain lama. Ditambah lagi bugnya yang cukup mengganggu permainan.

Spesifikasi Minimum Marvel’s Avengers

  • Butuh prosesor 64-bit and operating system
  • OS: Windows 10 64-bit
  • Processor: i3-4160 or AMD equivalent
  • Memory: 8 GB RAM
  • Graphics: NVIDIA GTX 950 / AMD 270 (min 2GB video ram)
  • DirectX: Version 12
  • Storage: 75 GB available space

Spesifikasi Rekomendasi Marvel’s Avengers

  • Butuh prosesor 64-bit and operating system
  • OS: Windows 10 64-bit
  • Processor: Intel Core i7 4770K, 3.4 Ghz or AMD Ryzen 5 1600, 3.2 Ghz
  • Memory: 16 GB RAM
  • Graphics: NVIDIA GTX 1060 6GB or AMD Radeon RX 480, 8GB
  • DirectX: Version 12
  • Storage: 110 GB available space

 

Leave a Comment