Manfaat Main Game Online untuk Kesehatan Mental & Tubuh

Main game terkadang sering dianggap sebagai perbuatan tidak berguna dan membuang-buang waktu. Kebanyakan orang juga menganggap bermain game tidak baik untuk kesehatan mental dan tubuh. Buat kamu yang menganggap main game hanya buang-buang waktu, mungkin ada baiknya membaca manfaat main game berikut ini:

1. Main Game Menghilangkan Stress

Manfaat bermain game yang pertama adalah dapat menghilangkan stress. Setelah lelah seharian beraktivitas di luar rumah, bermain game bisa mengembalikan mood kamu. Sehingga ketika beraktivitas keesokan hari, tubuh dan pikiran kamu akan lebih fit. Apalagi saat ini, game online sedang berkembang pesat. Dengan bermain game online, permainan akan lebih seru karena kamu bisa main bareng temen sambil bercanda tanpa mengenal jarak.

manfaat bermain game online

Manfaat main game adalah dapat membuatmu sejenak mengalihkan pikiran dari dunia nyata ke dunia game. Jadi semua beban pikiran yang tadinya membuat stress akan sejenak teralihkan. Sehingga pikiran bisa lebih rileks dan setelahnya kamu bisa tidur lebih nyenyak.

2. Meningkatkan IQ dan Mengasah Otak

Salah satu manfaat main game yang paling besar adalah dapat mengasah otak. Setiap game memiliki tingkat level yang harus dilalui. Semakin tinggi level, semakin keras kamu harus berpikir untuk menyelesaikannya. Karena otak dipaksa untuk memikirkan strategi baru saat melalui level tertentu, otak akan semakin terasah.

Game juga dapat membantu meningkatkan kecerdasan atau IQ. Saat mengalahkan bos, kamu harus memikirkan celah dan mencari jalan keluar untuk mengalahkannya. Dengan begini, IQ akan terus diuji dan terus meningkat seiring semakin sering memainkan game. Genre game yang disarankan untuk meningkatkan IQ adalah Adventure, RPG, atau MMORPG.

Baca Juga  Laptop Murah Spek Tinggi, di Bawah 5 Juta Bisa Main Game

3. Main Game Melatih Koordinasi Otak dan Otot

Saat main game FPS, MOBA, atau Action kamu membutuhkan respon cepat untuk mengalahkan musuh. Jika kamu terbiasa main game genre tersebut, koordinasi otak dan otot akan semakin terlatih. Karena terbiasa bereaksi cepat, otot-otot di tangan dan jari dapat merespon perintah dari otak dengan cepat. Orang yang punya koordinasi otak dan otot cepat biasanya adalah orang yang kerjanya cepat.

4. Melatih Bahasa Inggris

Kebanyakan game menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa utama dalam game. Apalagi game yang dijual dan dimainkan dalam skala internasional. Buat kamu yang hobi main game, mau tidak mau harus mempelajari bahasa inggris supaya main game lebih lancar. Mempelajari bahasa inggris juga dibutuhkan untuk memudahkan kamu untuk menyelesaikan misi dengan benar.

manfaat bermain game

Jika kamu benar-benar buta dengan bahasa inggris, tentu akan menyulitkan saat main game. Sebaiknya kamu buka kamus bahasa inggris saat main game. Walaupun di awal terkesan ribet, tapi lama kelamaan kamu akan terbiasa dengan istilah dan percakapan dalam game yang notabene menggunakan bahasa inggris.

5. Melatih Kemampuan Problem Solving

Setiap stage atau level memiliki tingkat kesulitan dan tantangannya sendiri. Semakin tinggi level, kamu harus mempersiapkan strategi tertentu jika ingin melewatinya. Ditambah lagi, saat ingin mengalahkan bos di setiap level membutuhkan strategi berbeda-beda. Karena dituntut untuk menemukan solusi dan celah untuk mengalahkan bos, otak jadi terbiasa untuk menemukan solusi ketika menghadapi masalah.

6. Main Game Melatih Komunikasi

Saat bermain game online, kita bisa bermain bersama teman atau player lain dari jarak jauh. Main game bisa sambil ngobrol bareng buat nemuin solusi ngalahin bos atau lawan. Game online memang melatih komunikasi playernya. Sembari istirahat setelah main game, kamu bisa ngobrol bareng temen-temen di clan atau guild tentang gimana caranya kalahin player lain.

Baca Juga  Cara Cek DirectX yang Terinstal Pada Komputer PC Windows Kamu

manfaat main game online

Selain itu, kelebihan game online dapat membuat orang yang baru kenal terasa lebih dekat. Apalagi kalau keduanya juga sama-sama memainkan game yang sama. Topik pembicaraan mengenai game online cukup seru untuk dibahas di tongkrongan.

7. Manfaat Main Game untuk Melatih Kerjasama Tim

Manfaat main game yang lainnya adalah dapat melatih kerjasama tim. Game online biasanya mengharuskan beberapa player bergabung dalam satu tim. Untuk mengalahkan tim lain atau bos di setiap level, tim kamu harus bisa saling bekerjasama. Komunikasi antar sesama tim dibutuhkan supaya tim kamu bisa menjadi tim nomor satu di daftar atau chart tim terbaik dalam game.

manfaat main game

Tim yang biasa bertanding di turnamen game, juga harus punya kekompakan tim. Jika tidak kompak, tentu akan menyulitkan untuk berkoordinasi satu sama lain. Setiap tim harus punya pemahaman yang sama supaya bisa meraih goal yang diinginkan.

8. Menghasilkan Uang dari Main Game

Beberapa game online PC populer, seperti: Call of Duty, PUBG, dan Fortnite biasanya menggelar turnamen buat tim atau player pro. Nah kalau kamu punya tim dan merasa cukup jago, silakan ikuti turnamen mulai dari audisi, penyisihan, hingga final supaya bisa bertanding di kelas yang lebih tinggi. Turnamen game e-sport populer di dunia, tidak segan-segan memberikan hadiah berupa uang tunai yang jumlahnya tidak sedikit.

manfaat main game pc

Kalau kamu berhasil memenangkan turnamen game e-sport online, tentu kamu bisa bawa pulang uang yang banyak. Nah itu adalah manfaat main game yang paling besar, yaitu bikin kamu jadi tajir melintir. Tapi supaya bisa mencapai gelar juara kamu harus sering latihan dan main game dengan benar. Jangan sembarangan main seperti player newbie pada umumnya.

Leave a Comment