Cara Memasang VGA atau Kartu Grafis di Komputer (Siap Main Game!)

Cara memasang VGA atau kartu grafis merupakan salah satu solusi paling meyakinkan jika kamu ingin memainkan game dengan visualisasi yang mengesankan. Komponen ini bisa merubah komputermu yang sebelumnya kesulitan menjalankan game berat menjadi jauh lebih enteng. Tapi sebelumnya kamu harus tahu cara memasang VGA atau kartu grafis di komputer. Berikut adalah panduan yang bisa kamu baca agar kamu tak hanya tahu cara memasangnya, namun juga membantu memilih VGA yang baik.

Pertimbangan Membeli VGA Baru

Memilih VGA baru untuk komputermu merupakan pertimbangan yang kompleks namun menyenangkan. Dua merek VGA yang paling terkenal dan bisa kamu pilih antara lain adalah AMD dan Nvidia yang menyediakan beragam pilihan untuk anggaran yang berbeda-beda.

Cara Memasang VGA atau Kartu Grafis di Komputer

Idealnya, kamu pasti menginginkan VGA yang memiliki performa terbaik yang bisa kamu beli dengan anggaran yang kamu miliki. Akan tetapi kamu juga harus memastikan bahwa komponen lain seperti prosesor, motherboard, RAM, dan power supply juga mendukung penggunaan VGA yang akan kamu beli.

Satu hal yang sering lepas dari perhitungan orang adalah kemampuan power supply yang kurang memadai, baik power supply tersebut tidak memiliki kapasitas watt yang cukup, atau tidak tersedianya konektor daya PCI-E. Penghitungan mudahnya, misalkan VGA yang akan kamu beli membutuhkan pasokan daya sebesar 300 watt, maka kamu setidaknya membutuhkan power supply dengan kapasitas 600 watt dan juga konektor daya PCI-E 8-pin dan 6-pin. Selain itu, memilih power supply yang tepat juga menjadi faktor yang jauh lebih penting apabila kamu ingin menggunakan lebih dari satu VGA.

Cara Memasang VGA atau Kartu Grafis di Komputer

Nah hal terakhir yang juga tak boleh kamu lewatkan adalah ukuran dari VGA yang akan dibeli. Apakah case yang kamu miliki cukup untuk memuat ukuran dari VGA tersebut? Sebagian besar VGA yang semakin canggih hadir dengan ukuran yang semakin besar. Kamu bisa mencari tahu ukuran VGA melalui website resmi dari merek VGA yang akan kamu beli.

Baca Juga  Cara Menginstal Windows 10 di Komputer atau Laptop, Mudah !

Cara Memasang VGA di Komputer

Cara memasang VGA prosesnya sangatlah sederhana. Kamu juga hanya membutuhkan tidak lebih dari sebuah benda yakni obeng dengan kepala plus.

  1. Sebelum memulai, pastikan terlebih dahulu bahwa komputermu sedang dalam keadaan mati dan tidak tersambung dengan colokan listrik.
  2. Kemudian, jika motherboard kamu memiliki lebih dari satu slot untuk pemasangan VGA, pastikan bahwa kamu memasang VGA ini di slot yang paling dekat dengan prosesor.
  3. Selanjutnya, jika kamu ingin memasang lebih dari satu VGA, maka kamu bisa mengurutkan pemasangannya mulai dari yang terdekat dari prosesor. Cara Memasang VGA atau Kartu Grafis di Komputer
  4. Apabila kamu harus melepas VGA yang lama terlebih dahulu sebelum memasang yang baru, berikut adalah caranya.
  5. Pastikan tidak ada kabel melintang yang menghalangimu untuk mengakses slot VGA tersebut. Selain itu kamu juga harus melepas kabel yang tersambung ke VGA (jika ada), dan juga melepas sekrup yang mengunci posisi VGA pada case komputer. Lepaslah sekrup tersebut dari bagian belakang case.
  6. Kemudian, sebagian besar motherboard melengkapi slot VGA-nya dengan sebuah tuas kecil yang harus ditarik untuk melepaskan VGA dari slotnya. Jangan lupa untuk menarik tuas tersebut kemudian lepaskan VGA dengan perlahan. Nah, sekarang saatnya untuk memasang VGA baru ke slot yang sudah tersedia itu.
  7. Masukkan konektor VGA ke slot PCI-E tersebut secara perlahan dan pastikan terpasang rapat-rapat. Selanjutnya, turunkan tuas slot untuk menguncinya dan juga pasang sekrup di bagian belakang case untuk mengokohkan posisinya. Kamu bisa menggunakan sekrup yang tadi digunakan untuk memasang VGA lamamu. Perlu kamu ketahui juga bahwa sebagian besar VGA terbaru, terutama yang dirancang khusus untuk kebutuhan gaming, memerlukan konektor daya tambahan.Cara Memasang VGA atau Kartu Grafis di Komputer
  8.  Apabila VGA milikmu termasuk salah satunya, maka kamu harus menyambungkan kabel daya PCI-E ke VGA-mu. Jika tidak, maka pasti VGA tersebut tidak bisa bekerja dengan sebagaimana mestinya. Malahan, mungkin saja komputermu bisa gagal melakukan proses booting jika VGA tersebut tidak diberi daya sesuai dengan kebutuhannya.
Baca Juga  Cara Mengkompres Video di Laptop untuk Posting Instagram

Cara Memasang VGA atau Kartu Grafis di Komputer

Merapikan Pemasangan VGA

Setelah kamu tahu cara memasang VGA, agar VGA kamu kabelnya tetap terlihat rapi dan nggak berantakan, cara ini mungkin bisa membantu kamu agar PC kamu terlihat enak dilihat.

  1. Jika VGA sudah terpasang dengan sempurna beserta dengan suplai dayanya, maka kamu bisa kembali merapikan komputer. Jangan lupa untuk menyambungkan kabel display dari VGA ke monitormu. Tutup kembali panel samping dari case komputer yang kamu buka untuk memasang VGA, dan juga pasang kembali steker komputer ke colokan listrik. Jika sudah, kamu bisa menyalakan kembali komputermu.
  2. Selanjutnya adalah sentuhan akhir dengan pemasangan software atau driver yang dibutuhkan untuk VGA baru. Jika kamu membeli VGA baru dengan merek yang sama dengan yang kamu gunakan sebelumnya, maka prosesnya lebih mudah. Kamu hanya perlu mengunjungi website resmi dari merek VGA dan mengunduh driver terbaru untuk sistem operasi yang kamu gunakan.
  3. Jika sudah diunduh, kemudian lanjutkan dengan proses instalasi. Setelah prosesnya selesai, kamu mungkin akan diminta untuk me-restart komputer, dan sesudah itu kamu bisa menggunakan komputermu seperti biasa.
  4. Kemudian jika kamu mengganti pabrikan VGA dari Nvidia ke AMD atau sebaliknya, maka kamu perlu menghapus driver dari VGA yang lama, kemudian restart komputer sebelum memasang driver yang baru.

Selesai sudah! Begitulah cara memasang VGA atau kartu grafis di komputer kesayanganmu. Tidak sulit, bukan? Kini dengan VGA baru yang sudah terpasang, maka kamu bisa menikmati peningkatan performa visual yang disajikannya. Selamat bermain.

Leave a Comment