10 Aplikasi Desain Rumah PC Terbaik 2019 Bisa Untuk Pemula

Bagi kamu yang arsitek atau desain interior, kamu pasti membutuhkan aplikasi desain rumah PC. Namun, bagi kamu yang baru belajar atau pemula, pasti bingung aplikasi yang mana yang bisa kamu gunakan. Sebelum teknologi secanggih sekarang, untuk mendesain rumah, kamu harus menggambar secara manual.

Seiring berkembangnya teknologi dan zaman, kini untuk mendesain rumah, kamu bisa menggunakan software. Kamu bisa merancang dengan format 2D dan 3D dengan menggunakan software-software tersebut.

Aplikasi desain rumah PC yang akan kami bahas nanti memiliki fitur-fitur menarik yang memudahkan kamu ketika kamu sedang merancang rumah. Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan di platform Mac ataupun Windows.

Nah berikut 10 aplikasi desain rumah terbaik untuk PC yang bisa kamu gunakan bahkan untuk pemula. Berikut rekomendasinya.

10 Aplikasi Desain Rumah PC Terbaik 2019 Bisa Untuk Pemula

1. ArchiCAD

Aplikasi desain rumah PC pertama adalah ArchiCAD. Software satu ini bisa dikatakan aplikasi yang versatile. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mendesain rumah atau bangunan dengan format 2D ataupun 3D.

Bagi kamu mahasiswa arsitektur, kamu bisa menggunakan aplikasi ini, karena aplikasi ini cukup mudah digunakan. Apabila kamu seorang arsitektur yang sudah mahir, menggunakan aplikasi ini juga masih cocok digunakan.

2. AutoCAD Architecture

Aplikasi Desain Rumah PC

Aplikasi desain rumah PC ini merupakan aplikasi ternama yang digunakan oleh banyak arsitek. Mengapa aplikasi ini bisa dikatakan sebagai aplikasi desain rumah yang banyak digunakan?

Salah satunya adalah antarmuka atau interfacenya yang sederhana yang dapat digunakan siapa saja bahkan untuk pemula.

Kamu bisa mencoba aplikasi ini secara gratis dengan mencoba versi trial-nya sebelum mencoba versi berbayarnya yang harganya cukup mahal.

Baca Juga  Review The Sims 4 + Expansion Pack (Dunia Baru yang Fun!)

3. Chief Architect

Aplikasi Desain Rumah PC

Aplikasi desain rumah PC selanjutnya adalah sebuah software profesional bernama Chief Architect. Walaupun banyak penggunanya menggunakan software ini untuk mendesain ruangan atau bangunan dengan format 3D, perangkat lunak ini juga digunakan dalam format 2D.

Salah satu keunggulan dari software ini adalah fitur otomatis yang memudahkan proses mendesain dengan lebih cepat. Apabila kamu tertarik untuk menggunakan aplikasi ini kamu bisa mencobanya dengan mengunduh versi trialnya. Atau apabila kamu ingin mendapatkan versi fullnya, kamu bisa membelinya dengan harga $200.

4. Vectorworks Architecture

Aplikasi Desain Rumah PC

Apabila kamu membutuhkan sebuah aplikasi yang dapat membantu kamu mendesain dengan lebih detail, kamu bisa menggunakan aplikasi desain rumah PC satu ini.

Tentu, aplikasi ini diperuntukan bagi desainer atau arsitek profesional. Dibalik kerumitan dan kedetilannya, Vectorworks akan membantu kamu mendapatkan hasil terbaik dan sempurna. Bagi kamu yang mau mencoba, kamu bisa mendownload versi trialnya selama sebulan.

5. SketchUp

SketchUp merupakan salah satu aplikasi desain rumah PC yang terkenal dikalangan desainer maupun arsitek. Ini karena Google telah membeli hak cipta software ini beberapa waktu lalu.

Software ini memiliki interface yang sederhana sehingga pengguna dapat mendesain 3D dengan lebih cepat. Bagi kamu yang masih mahasiswa dibidang arsitek ataupun desain interior, kamu bisa menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini sangat ramah sekali dengan pemula.

6. Virtual Architect Ultimate Home Design

Aplikasi Desain Rumah PC

Software untuk mendesain rumah selanjutnya adalah sebuah perangkat lunak yang dinamakan Virtual Architect Ultimate Home Design.

Aplikasi desain rumah PC satu ini membantu kamu dengan memberikan referensi beberapa ide desain rumah untuk kamu yang sedang mencari inspirasi.

Selain itu, aplikasi ini memberikan tutorial untuk kamu yang baru mencoba. Yang lebih kerennya lagi, aplikasi ini cocok banget untuk kamu yang pemula.

Baca Juga  Cara Beli Game di Steam Termudah Untuk Kamu Para Gamers

7. Planner5D

Seperti namanya, aplikasi desain rumah PC satu ini menawarkan fitur efek 5D ketika kamu mendesain atau mendekor rumah.

Yang lebih asyiknya lagi, apabila kamu pengguna Windows atau PC kamu bisa memakai aplikasi ini dengan gratis. Yang kamu butuhkan hanya koneksi internet untuk membukanya. Bagi kamu pengguna iOS atau Android, kamu bisa mendownload aplikasi ini via AppStore atau Play Store.

8. Revit Architecture

Revit Architecture merupakan aplikasi desain rumah yang memiliki fitur yang cukup lengkap. Hal ini karena Revit Architecture adalah software berbasis informasi yang mana ketika kamu mendesain perangkat lunak ini akan menginformasikan secara otomatis ke proyek yang kamu kerjakan. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini dengan gratis untuk versi betanya.

9. Microstation

Aplikasi Desain Rumah PC

Aplikasi desain rumah kesembilan adalah sebuah software bernama Microstation. Aplikasi ini cocok banget untuk kamu yang pemula karena kemudahan penggunaannya.

Akan tetapi yang menjadi kekurangan dari aplikasi ini adalah kompatibilitasannya. Kamu nggak bisa membuka file dengan format AutoCAD dengan menggunakan aplikasi ini.

Dibalik kekurangannya ini, software ini bisa dipelajari sendiri tanpa harus sekolah arsitek atau desain interior karena kemudahannya.

10. Softplan

Aplikasi Desain Rumah PC

Software untuk mendesain rumah atau arsitek terakhir adalah Softplan. Perangkat lunak ini sangat mudah digunakan dan juga lengkap karena aplikasi ini merupakan aplikasi berbasis informasi yang akan mendokumentasikan proyek yang kamu kerjakan dengan lengkap.

Kamu bisa mendesain rumah dengan format 3D dengan menggunakan Software. Untuk menggunakan software ini kamu butuh untuk berlangganan setiap bulan yang biaya perbulannya sebesar $95.

Kesimpulan

Masing-masing aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya. Kenali dulu aplikasi tersebut dengan menggunakan versi trialnya, terlebih bagi kamu yang masih mahasiswa yang masih butuh mempelajari aplikasi-aplikasi di atas lebih mendalam. Demikian artikel Laptopnesia kali ini tentang 10 aplikasi desain rumah terbaik. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment