Sejarah Windows, Perjalanan Panjang dan Perkembangannya

Kamu sudah tahu bagaimana sejarah Windows? Kali ini artikel Laptopnesia akan membahas tentang sejarah sistem operasi terlaris dan terbesar di dunia milik Bill Gates ini. Penggunaan Windows memang sangat masif. Penggunanya mulai dari entry-level hingga ke enthusiast seperti modder atau high-end gamers. Kini Windows sendiri sudah mencapai ke seri 10, dan seri ini juga menjadi salah satu seri paling laris.

Sejarah Windows

Windows pun memiliki naik turunnya seperti produk yang dikatakan gagal dan yang lainnya. Bill Gates bersama istrinya Melinda Gates kini fokus dengan yayasan yang bergerak dibidang kesehatan dan juga pendidikan bernama Bill and Melinda Gates Foundation.

Tanpa basa-basi lagi, kami akan membawa kamu untuk kembali ke masa-masa awal dimana Bill Gates bersama rekannya Paul Allen mengembangkan perusahaannya bernama Microsoft. Ini sejarah Windows beserta dengan perusahaan yang mengembangkan sistem operasi terlaris hingga kini yakni Microsoft.

Sejarah Windows dan Awal Terbentuknya Microsoft

Pada tahun 1972, dua orang sahabat yang sudah bermain bersama semenjak mereka kecil, Bill Gates dan Paul Allen, membangun sebuah bisnis yang berdasarkan dari kemampuan mereka dalam pemrograman komputer bernama Traf-O-Data, yang mana menjual sebuah komputer yang belum sempurna untuk menganalisis lalu lintas data otomobil.

Sejarah Windows

Kemudian, Gates mendaftarkan dirinya ke Harvard, dan Allen mengejar pendidikannya di Washington State University jurusan Ilmu Komputer, walaupun akhirnya Ia keluar dan mulai berkerja di Honeywell.

Pada tahun 1975, majalah komputer Amerika Serikat bernama Popular Electronics merilis edisi yang membicarakan tentang Instrumentasi Mikro dan Sistem Telemetri Altair 8800 yang lalu menginspirasi Allen untuk mengusulkan bahwa mereka bisa memrogram sebuah interpreter BASIC untuk perangkatnya.

Sejarah Windows

Allen berkerja pada sebuah simulator untuk Altair dan Gates mengembangkan interpreter ketika mereka tidak memiliki interpreter yang diminta oleh MITS. Akhirnya mereka mengembangkan interpreter tersebut pada sebuah simulator, bukan pada perangkat sungguhan. Lalu interpreter tersebut didemonstrasikan pada MITS di Alburquerque, di New Mexico.

Selanjutnya, MITS menyetujui untuk mendistribusikan interpreter yang dikembangkan kedua sahabat tersebut, dan memasarkannya dengan nama Altair BASIC. Setelah itu, Gates dan Allen mendirikan sebuah perusahaan yang Bernama Microsoft pada April 4, 1975 yang awalnya bernama Micro-Soft.

Baca Juga  Review ASUS ZenBook Duo UX481: Dual Layar Buat Multitasking

Pada Agustus 1977, perusahaan yang dikembangkan kedua sahabat tersebut membentuk sebuah persetujuan dengan majalah ASCII di jepang.

Sejarah Windows dan Awal Microsoft Mengembangkan Sistem Operasi

Pada 1980, Microsoft memulai bisnis sistem operasi Xenix yang mana versi Unix mereka sendiri. Setelah itu, pada bulan November, 1980, IBM memberikan sebuah kontrak pada Microsoft untuk memberikan versi sistem operasi CP/M yang ditujukan untuk digunakan komputer personal milik IBM.

Sejarah Windows dan Bagaimana Microsoft Mengembangkannya

Walaupun pada sebelumnya Microsoft telah bekerja sama dengan IBM untuk mengembangkan sistem operasi untuk komputer personalnya, pada 20 November, 1985, Microsoft merilis sistem operasi MS-DOS yang lebih menampilkan tampilan visual yakni Windows. Berikut adalah timeline Windows menurut tahunnya.

Timeline Sejarah Windows

Setelah mengetahui sejarah pengembangan Microsoft, kami akan menjelaskan timeline sejarah Windows beserta tahunnya.

1. Windows 1.0 (20 November, 1985)

Windows 1.0 merupakan sistem operasi pertama dalam sejarah Windows dengan antarmuka bergrafis yang dikembangkan oleh Microsoft pada tahun 1985. Sebenarnya sistem operasi ini adalah sistem operasi MS-DOS dengan antarmuka bergrafis.

Sejarah Windows

Namun, sayangnya sistem operasi ini masih memiliki banyak kekurangan dalam hal fungsionalitas sehingga tidak begitu laris dipasaran. Selain itu, Windows 1.0 masih memiliki kekurangan yang dimiliki oleh MS-DOS.

2. Windows 2.0 (9 Desember, 1987)

Tidak seperti pendahulunya, Windows 2.0 memungkinkan penggunanya untuk menumpuk aplikasi satu sama lain. Tak hanya itu, Windows 2.0 juga mengenalkan shortcut keyboard yang lebih canggih. Istilah minimize dan maximize ini pertama kali dikenalkan pada Windows seri 2.0. Windows 2.0 merupakan sistem operasi yang pertama kali menggunakan VGA untuk mengoperasikannya.

Sejarah Windows

3. Windows 3.0 (22 Mei, 1990)

Versi 3.0 merupakan versi pertama yang mengenyam kesuksesan dalam sejarah Windows. Windows 3.0 memiliki banyak aplikasi yang sebelumnya belum pernah dimiliki pendahulu-pendahulunya. Pada versi ini pengguna dapat melukis dengan menggunakan aplikasi Paintbrush, dan bermain game seperti Solitaire dan juga Reversi. Versi in ijuga sudah mendukung 16 warna dalam mode EGA, MCGA, dan VGA.

Sejarah Windows

4. Windows 95 (24 Agustus, 1995)

Setelah kesuksesan Windows 3.0 dan 3.x, Microsoft mulai mengembangkan sistem operasi dengan nama kode Chicago. Sistem operasi ini didesain untuk memiliki dukungan untuk multitasking 32-bit.

Sejarah Windows

Selain itu, Windows 95 sudah mendukung jaringan internet dengan dial-up networking dan juga adanya fitur Plug and Play yang mana memungkinkan penggunanya dapat menginstal perangkatnya dengan hanya mencolok kabel peranti kerasnya. Sistem operasi ini juga mengingkatkan kemampuan multimedia yang lebih kaya.

5. Windows 98 (15 Mei, 1998)

Sistem operasi dengan antarmuka bergrafis versi 98 ini hadir dengan codename Memphis. Seperti dengan pendahulunya, Windows 95, versi ini merupakan penggabungan dari 16-bit dan 32-bit. Suara startup pada Windows 98 dikomposisikan oleh Ken Kato, seorang sound engineer dari Microsoft. Pada versi ini Microsoft memperkenalkan kompatibilitas dengan port USB.

Baca Juga  Daftar Harga Lenovo Yoga dan Rekomendasi Terbaru 2020

Sejarah Windows

6. Windows ME/Millenium Edition (19 Juni, 2000)

Microsoft menyatakan tidak akan ada versi Windows 9x setelah 98. Pada tahun 1999, Microsoft merilis Windows 98 Second Edition yang setelahnya dinyatakan menjadi codename Millenium. Pada tahun 2000, sistem operasi dengan codename Millenium ini dirilis dengan nama Windows ME (Millenium Edition). Windows ME memiliki waktu booting yang lebih cepat daripada pendahulunya.

Sejarah Windows

7. Windows XP (25 Oktober, 2001)

Windows XP hadir dengan antarmuka yang lebih segar dan lebih modern dari pendahulunya. Selain itu, ketika pendahulunya masih berbasis MS-DOS, Windows XP malah tidak. Sistem operasi versi ini mendapatkan respon positif karena kestabilannya. Windows XP hadir dengan versi Bisnis dan Home yang masing-masingnya memiliki fitur yang berbeda sesuai dengan kebutuhannya.

Sejarah Windows

8. Windows Vista (30 Januari, 2007)

Windows Vista memiliki fitur terbaru dan antarmuka dengan tampilan yang lebih futuristik. Fitur-fitur yang ada pada Windows Vista adalah Windows Aero yang mana menampilkan antarmuka dengan animasi, Ready Boost yang mana sudah mendukung USB 2.0, dan Touchscreen yang mana sudah mendukung teknologi layar sentuh.

Sejarah Windows

9. Windows 7 (22 Oktober, 2009)

Berbeda dengan Windows Vista yang mana memperkenalkan fitur-fitur baru yang lebih canggih, Windows 7 berfokus pada pengembangan dasar yang bertujuan agar komputer lebih kompatibel dengan aplikasi dan hardware. Hal ini dikarenakan karena banyak yang mempermasalahkan Windows Vista karena kekompatibilitasannya dengan aplikasi-aplikasi dan juga perangkat keras.

Sejarah Windows

10. Windows 8 dan 8.1 (26 Oktober, 2012 dan 17 Oktober, 2013)

Sebenarnya pengembangan Windows 8 sudah dilakukan sebelum Windows 7 diluncurkan. Pada sebuah acara bernama CES (Consumer Electronics Show) Microsoft menyatakan bahwa sistem operasinya ini telah mendukung mikroprosesor ARM dan x86 dari AMD, NVIDIA, dan VIA Technologies. Pada seri ini, setelah sekian lama, Microsoft tidak menggunakan tombol Start yang tak muncul di taskbar.

Sejarah Windows

Lalu setahun kemudian, Microsoft merilis Windows 8.1 yang dilengkapi dengan tombol Start baru, booting yang langsung ke desktop, dan layar kunci yang disempurnakan.

11. Windows 10 (25 Juli, 2015)

Pada dasarnya, Windows 10 mencoba memperbaiki kekurangan yang ada pada Windows 8. Windows 10 memiliki antarmuka yang lebih familiar untuk pengguna lamanya karena memunculkan kembali menu Start.

Sejarah Windows

Selain itu, versi Windows ini menambahkan beberapa fitur canggih yang belum pernah digunakan oleh pendahulunya. Seri ini bisa dikatakan menjadi salah satu seri terlaris dalam sejarah Windows.

Demikian artikel Laptopnesia tentang sejarah Windows. Begitu panjang bukan perjalan sebuah perusahaan besar hingga kini.

Perusahaan besar tentunya mengalami jatuh bangun, dan mereka nggak menyerah untuk bangkit lagi. Yang penting adalah bukanlah terus menerus sukses, namun bagaimana caranya kita untuk bagun dari kejatuhan. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment