7 Aplikasi Wajib di Laptop Windows 10 yang Harus Diinstal

Aplikasi wajib laptop adalah aplikasi yang harus ada di laptop/PC kamu setelah beli. Aplikasi atau software yang harus instal di laptop diantaranya mulai dari browser, office, hingga multimedia dan antivirus. Buat kamu yang baru beli laptop dan masih bingung kamu bisa download atau instal aplikasi yang disaranin Laptopnesia di bawah ini.

Daftar Aplikasi Wajib Laptop yang Harus Instal

Ketika kamu beli laptop/PC ada beberapa aplikasi yang wajib kamu instal. Pasalnya, kalau tidak ada aplikasi ini kemungkinan kamu nggak akan bisa bekerja secara normal. Nah, kira-kira kategori software wajib yang perlu diinstal?

aplikasi wajib laptop LAPTOPNESIA

Software Antivirus

Sebagai salah satu perangkat baru keberadaan aplikasi antivirus jadi hal penting. Karena dengan adanya antivirus di laptop/PC membuat perangkat kamu lebih mudah terlindungi dari malware. Kamu pun akan lebih aman dan nyaman karena tidak perlu khawatir dengan data yang tersimpan di laptop/PC kamu.

Aplikasi Office

Aplikasi kantor atau office sangat dibutuhkan apalagi kalau kamu karyawan. Dengan adanya aplikasi ini akan membantu kamu buat menyelesaikan pekerjaan kamu setiap hari.

Aplikasi Multimedia

Selanjutnya adalah software wajib laptop baru yakni multimedia. Maksudnya di sini adalah aplikasi hiburan yang akan mendukung atau sebagai sarana pelepas penat setelah kerja. Aplikasi multimedia di laptop bisa berupa aplikasi pemutar video, pemutar musik hingga game untuk laptop/PC terbaru. Kamu bisa memilih sendiri apa yang paling kamu butuhkan ya.

Browser Internet

Siapa yang nggak butuh internet? Nah, tentunya internet tidak bisa diakses jika kamu nggak punya aplikasi browser terbaik di laptop. Oleh karenanya, kamu juga perlu mendownload browser favorit kamu di laptop.

Download Aplikasi Wajib Laptop Terbaik

Setelah kamu tau bidang-bidang aplikasi yang wajib diinstal, berikutnya adalah nama aplikasi itu sendiri. Berikut rekomendasi nama aplikasi wajib laptop terbaik untuk PC/laptop yang baru kamu beli.

Baca Juga  Serupa Tapi Nggak Sama, Perbedaan Laptop dan Notebook

1. Google Chrome

aplikasi wajib laptop google chrome LAPTOPNESIA

Kegiatan sehari-hari pada laptop tentu tidak akan terlepas dari browsing internet. Maka dari itu kita membutuhkan browser yang bagus dan dapat menjamin kelancaran ketika berselancar di internet. Tentu saja jawabannya adalah Chrome. Meski begitu, Laptopnesia juga tidak bisa melarang kalau kamu lebih pilih Mozilla Firefox atau Internet Explorer. Kenapa merekomendasikan Chrome? hal ini karena Chrome adalah aplikasi buatan Google yang paling stabil dan nyaman ketika digunakan. Memiliki fitur yang lengkap dan tampilan yang keren menjadikan aplikasi ini digunakan oleh banyak orang.

2. Aplikasi Wajib Laptop WinrRAR

aplikasi wajib laptop winrar LAPTOPNESIA

WinRAR adalah software paling bermanfaat untuk PC dan laptop yang bisa digunakan untuk mengkompres kumpulan file jadi sebuah file ZIP atau RAR. Selain itu, fungsi WinRAR juga sebagai extractor untuk membuka berbagai file berformat ZIP, RAR, 7z, JAR, ISO, dan sebagainya. Kalau kamu punya aplikasi wajib laptop ini maka otomatis kamu bisa membuka berbagai file dengan mudah.

3.  VLC Media Player

aplikasi wajib laptop vlc LAPTOPNESIA

Meski kebanyakan laptop baru sudah ada pemutar video bawaan, biasanya masih banyak kekurangan. Salah satunya adalah banyak format video yang tidak bisa diputar menggunakan aplikasi tersebut. Bagaimana caranya agar video tersebut bisa diputar? Salah satu solusi terbaik adalah dengan download VLC Media Player. Aplikasi pemutar video terbaik ini bisa memutar berbagai format video dengan performa aplikasi yang stabil didukung tampilan yang keren. Bahkan kamu bisa memutar DVD lho dengan VLC dan bisa dipakai untuk memutar kualitas Blu-ray. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa memainkan musik yang terdapat di dalam file laptop Anda dengan menggunakan VLC Media Player.

4. Microsoft Office

aplikasi wajib laptop microsoft office LAPTOPNESIA

Sebenarnya aplikasi microsoft office sudah diinstal pada komputer/PC kebanyakan. Microsoft Office menyediakan aplikasi perkantoran yang memang dirancang agar bisa dipakai di OS Windows dan Mac OS X. Kamu pasti sudah akrab dengan Microsoft Windows, Excel, dan PowerPoint, kan? Salah satu kegiatan yang sering dilakukan menggunakan laptop adalah membuat dokumen dan mengedit dokumen menggunakan aplikasi Microsoft Office. Aplikasi ini wajib di install di laptop karena dapat mempermudah kegiatan mengolah angka dan kata. Nah, salah satu dari ketiga aplikasi Office di atas pasti biasa kamu pakai sehari-hari. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki Microsoft Office di laptop kamu.

Baca Juga  10 Game Pesawat Tempur PC Terbaik Untuk Segala Spesifikasi

5. Avast Antivirus

aplikasi wajib laptop avast LAPTOPNESIA

Avast Antivirus sudah ada sejak tahun 1988. Bahkan, sebelum teknologi berkembang pesat seperti saat ini. Bahkan, ini adalah program antivirus pertama yang dirancang khusus sistem operasi Windows x64. Tapi kalau kamu saat ini masih menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows 8 atau Windows 10, kamu tetap bisa menginstal Avast Antivirus versi terbaru. Seperti antivirus lainnya, Avast diciptakan untuk melindungi laptop dari virus, malware, atau spyware yang mengancam komputer . Avast adalah antivirus yang paling ringan dan tidak membuat laptop kamu menjadi lambat. Keuntungan lainnya adalah kamu bisa coba dulu Avast Antivirus selama 30 hari pertama lho.

6. Aplikasi Wajib Laptop CCcleaner

aplikasi wajib laptop cc cleaner LAPTOPNESIA

Nggak cuman perlu antivirus, laptop kamu juga perli software yang mendorong kinerjanya lebih baik. CC Cleaner berfungsi agar performa dan kinerja laptop tetap berjalan baik. Dimana akan membersihkan file-file sampah seperti cache, temporary files, dan sebagainya. Dengan memasang dan menjalankan CCleaner, PC atau laptop kamu akan terasa jadi jauh lebih ringan dan cepat ketika digunakan.

7. Internet Download Manager

aplikasi wajib laptop IDM LAPTOPNESIA

Karena aktivitas sehari-hari tidak terlepas dari internet, tentu download juga jadi termasuk kegiatan dari browsing yang kamu lakukan. Nah, kalau kamu sering download file, film, atau video yang berkapasitas besar tentu aplikasi Internet Download Manager (IDM) ini akan sangat membantu. IDM akan membuat proses download menjadi lebih cepat, ditambah lagi bisa melanjutkan proses download yang tertunda atau gagal. Selain itu, aplikasi IDM juga ringan dan tidak membutuhkan space besar pada sistem komputer/PC kamu.

Itulah tadi aplikasi wajib instal setelah kamu beli laptop/PC. Kamu juga bisa menambahkan berbagai aplikasi lain seperti aplikasi desain rumah PC untuk pemula kalau kamu suka gambar dan merancang bangunan. Kalu kamu suka desain bisa juga mendownload aplikasi Adobe Illustrator atau Corel Draw. Tapi pastikan laptop kamu juga menampung aplikasi berat ya!

Leave a Comment