ASUS ZenBook 3 UX390UA, Review Spesifikasi & Harga Terbaru

Asus ZenBook 3 UX390UA adalah laptop super tipis, ringan, kuat, dengan spesifikasi tinggi. Laptop ini dirancang untuk kamu yang memiliki mobilitas tinggi. Laptop super tipis ini memiliki konsep komputasi masa depan di mana desainnya semakin ringkas dan lebih powerful. ZenBook 3 menggabungkan desain dan teknologi paling canggih untuk menciptakan perangkat komputasi ultra portabel. Saat diluncurkan pertama kali, laptop ini sudah menyabet beragam penghargaan seperti CES Innovation Award 2017, iF Design Award 2017, dan Computex Best Choice Award 2016. Seperti apa kelebihan dan kekurangan laptop seharga 23 jutaan ini? Yuk kita simak review Asus ZenBook 3 UX390UA bersama Laptopnesia.

Asus ZenBook 3 UX390UA

Desain Asus ZenBook 3 UX390UA

Asus ZenBook 3 adalah salah satu laptop tertipis yang pernah dibuat oleh Asus. Laptop ini memiliki tebal hanya 11.9 mm. Laptop ini memiliki empat buah speaker audio yang powerful hasil besutan Harman Kardon. Beralih ke cover terdapat pola lingkaran yang khas ala produk seri Zen keluaran Asus. Laptop ini memiliki desain unibodi sehingga terasa sangat tipis saat ditenteng.

Asus ZenBook 3 UX390UA

Bodi laptop dibuat dari logam Alumunium kelas penerbangan (aerospace) sehingga membuatnya tidak hanya kuat namun juga ringan. Logam Alumunium di laptop ini 50% lebih kuat dari logam biasa. Walaupun terbuat dari logam, laptop ini tetap terasa ringan. Beratnya hanya 910 gram saja dengan ketebalan 11.9 mm. Di bagian layar, Asus menambahkan lapisan kaca Corning Gorilla Glass 4 setebal 0.4 mm supaya lebih kuat dan aman dari goresan.

Layar 12.5 inci Full HD

Layar Asus ZenBook 3 UX390UA memiliki bezel yang sangat tipis, hanya 7.6 mm. Bezel yang lebih tipis membuat rasio layar ke bodinya mendominasi hingga 82%. Panel layar bersudut pandang 178 derajat memastikan warna dan ketajaman gambar tidak pudar saat layar dilihat dari berbagai sudut. Untuk kamu yang memiliki mobilitas tinggi, ukuran layar 12.5 inci pada ZenBook 3 ini dirasa cukup pas. Namun untuk penggunaan sehari-hari rasanya layar sebesar ini kurang memuaskan.

Baca Juga  Keren! Review ASUS VivoBook S14 i7, Laptop Alternatif MacBook!

Asus ZenBook 3 UX390UA

Kualitas gambar dan warna layar laptop ini dirasa cukup baik. Asus ZenBook 3 menggunakan panel layar lebar 72% NTSC dengan rasio kontras kelas TV 1000:1. Kualitas gambarnya terasa lebih hidup dan warnanya lebih nyata dan akurat. Seperti biasa, Asus membenamkan teknologi ASUS Tru2Life Video di layar laptopnya. Teknologi ini mengoptimalkan tampilan piksel di setiap frame video sehingga bisa memberikan kontras hingga 200% lebih baik dan tajam dari biasanya.

Performa, Memory, dan Storage

Asus ZenBook 3 seri UX390UA ditenagai prosesor Intel Core i7-7500U. Prosesor dengan dua inti ini memiliki kecepatan clock 2.7 – 3.5 GHz. Prosesor Intel Core seri U ini mengkonsumsi listrik lebih efisien sehingga laptop bisa bertahan lebih lama. Kapasitas memorinya pun luar biasa besar. ZenBook 3 memiliki RAM 16GB, luar biasa besar terutama pada sebuah laptop super tipis. Kapasitas RAM yang sangat besar membuat kinerja multitasking laptop ini terasa sangat ringan. Ditambah lagi dengan dukungan storage SSD PCIE Gen3 berkapasitas 512 GB membuat laptop ini dapat menjalankan program berat tanpa kendala berarti.

Asus ZenBook 3 UX390UA

Sistem Pendingin yang Canggih

Masalah utama pada laptop berspesifikasi tinggi adalah panas. Untuk mencegah laptop ini cepat panas, Asus menyediakan teknologi pendingin khusus. Sistem pendingin ini menggunakan kipas cairan kristal polimer setipis 0.3mm dan tembaga pipa panas dengan dinding pipa hanya setipis 0.1 mm. Secara keseluruhan, sistem pendingin yang canggih di laptop ini hanya setebal 3 mm saja.

Kekuatan Baterai Asus ZenBook 3 UX390UA

Laptop yang dibuat untuk pengguna dengan mobilitas tinggi harus memiliki baterai tahan lama. Asus ZenBook 3 dibekali baterai lithium-polimer dengan kapasitas tinggi 40Wh ini dirancang khusus pada laptop yang sangat tipis. Untuk penggunan normal, baterai laptop ini bisa bertahan hingga 9 jam. Untuk mempersingkat waktu pengisian ulang baterai, Asus menambahkan teknologi pengisian baterai cepat yang bisa mengisi baterai hingga 60% hanya dalam waktu 49 menit.

Baca Juga  Dell G7 15 Terbaru, Spesifikasi Kelas Gaming, Harganya?

Keyboard dan Touchpad untuk Produktivitas

Keyboard Asus ZenBook 3 terasa sangat penuh sehingga sangat nyaman untuk diajak mengetik. Bezel antara keyboard dan sisi tepinya hanya 2.1 mm saja. Jarak antara tombol hanya 19.8 mm sama seperti keyboard pada umumnya. Keyboard Asus ZenBook 3 juga lebih tipis, bahkan 28% lebih tipis dibanding ZenBook sebelumnya. Meskipun lebih tipis namun jarak kedalaman tombolnya hanya 0.8 mm, atau dua kali lebih dalam daripada laptrop lainnya. Selain itu, tombol keyboard juga menggunakan tombol backlit sehingga lebih nyaman dipakai mengetik di lingkungan gelap. Sensor sidik jari diletakan di touchpad untuk memudahkan kamu login ke Windows.

Spesifikasi Asus ZenBook 3 UX390UA

Platform
Tipe Laptop
OS Windows 10 Home
Tipe Prosesor Intel Core i7
Prosesor OnBoard Intel Core i7-7500U up to 3.5 GHz, Cache 4MB
Grafis Intel HD Graphics 520
Memori
RAM 16 GB
Tipe RAM LPDDR3 2133MHz SDRAM
HDD
SSD SSD 512GB PCIE Gen3
Grafis
GPU
Ukuran Layar 12.5 inci
Resolusi Layar Full HD (1920 x 1080 piksel)
Bodi
Ukuran 296 x 191.2 x 11.9 mm
Berat 910 g
Pilihan Warna Rose Gold, Royal Blue, Quartz Grey
Lainnya
Speaker Yes
WebCam VGA Web Camera
Wi-Fi Integrated 802.11 AC
Bluetooth
Keyboard Illuminated Chiclet Keyboard
Touchpad Yes
Port 1 x COMBO audio jack

1 x USB 3.1 Type C port(s)

Battery 6 Cells 40 Whrs Polymer Battery

Leave a Comment