Home » Review » Review Asus Zephyrus Duo 15 GX550 – Laptop Gaming Content Creator

Review Asus Zephyrus Duo 15 GX550 – Laptop Gaming Content Creator

ASUS ROG Zephyrus Duo

Satu lagi inovasi Asus untuk lini gaming atau ROG-nya, yakni laptop Asus Zephyrus Duo 15 GX550. Laptop ini ingin memadukan laptop gaming ROG Zephyrus dengan laptop seri ZenBook Pro Duo. Menurut kami, Asus ingin menarik pasar kreator konten sekaligus gamer agar kedua target tersebut bisa membeli laptop canggih ini yang bisa melibas game-game AAA terkini, namun tetap bisa menunjang kebutuhan produktivitas.

ASUS ROG Zephyrus Duo

Untuk harga, laptop ini dibanderol dengan sangat tinggi, yakni mencapai Rp 100 jutaan. Sudah pasti dengan harga segitu, target pasarnya semakin tersegmentasi. Hanya gamers kelas enthusiast atau pun content creator sultan saja yang bisa membeli laptop ini. Mungkin bagi kalian yang masih berangan-angan memiliki laptop ini, cukup penasaran dengan apa yang ada di dalam laptop ini, dan bertanya-tanya dalam sukma dan kalbu perihal apa yang membuat laptop ini sangat-sangat mahal. Penasaran? Ikuti artikel Laptopnesia ini hingga akhir.

Layar dan Desain Asus Zephyrus Duo 15 GX550

Seri Zephyrus Duo 15 GX550 bisa dibilang laptop gaming Asus pertama yang menggunakan layar ganda. Layar utamanya memiliki ukuran sebesar 15.6 inci dengan panel IPS, resolusi 4K (3840 x 2160p), refresh rate 60Hz dan dibingkai dengan bezel tipis.

ASUS ROG Zephyrus Duo

Selain itu, layar pada laptop ini juga mengusung color gamut 100% Adobe RGB dengan kecerahan 400 nits. Ditambah lagi, monitor pada laptop gaming besutan Asus ini sudah divalidasi oleh Panton sehingga sangat cocok untuk para graphic designer, content creator, videographer, dan pekerjaan di bidang kreatif lainnya.

Membicarakan laptop ini tentu jangan melupakan layar keduanya atau yang disebut sebagai ROG Screenpad+. Layar kedua atau screenpad ini hadir dengan ukuran memanjang 14.1 inci yang sama-sama mengusung panel IPS.

Baca Juga  Review ASUS ROG Strix G G531GD: Laptop ROG Murah Meriah

Selanjutnya, untuk resolusinya layar keduanya ini hadir dengan resolusi 3840 x 1110p. Tak hanya layar utamanya saja yang sudah memiliki rentang warna 100% sRGB, ROG Screenpad+ ini juga memiliki color gamut yang serupa dengan layar utamanya.

ASUS ROG Zephyrus Duo

Pada dasarnya, ROG Screenpad+ memiliki beragam fungsi yang diantaranya adalah untuk membuka jendela aplikasi yang sudah terbuka di layar utama. Bisa dibilang layar kedua ini mirip dengan layar ganda ketika Anda menggunakan PC desktop.

Selain itu, layar kedua laptop ini bisa menampilkan aplikasi streaming ketika pengguna memainkan game. Tentu, dengan maraknya streamer di dunia, laptop ini sangat mendukung hal tersebut. Buat apa memiliki dua layar tapi bukan untuk multitasking. Layar kedua pada laptop ini sangat menunjang kalian yang sering melakukan multitasking lebih dari 2 aplikasi. Kegunaan yang terakhir yang dimiliki oleh layar ROG Screenpad+ adalah untuk para desainer agar mudah untuk menggambar dengan menggunakan stylus.

Untuk bodinya, laptop ini hadir dengan desain ala Zephyrus, yakni dengan desain minimalis yang menyertakan logo ikonik ROG di bagian kiri bodi. Material yang digunakan laptop ini adalah logam dengan warna abu-abu. Sedangkan, untuk dimensinya, laptop gaming ini berdimensi 36 x 26.8 x 2 cm dan juga memiliki bobot sekitar 2.53 Kg.

Spesifikasi Asus Zephyrus Duo 15 GX550

Laptop gaming dari ASUS ini hadir dengan dua varian yang secara spesifikasi sedikit agak berbeda yakni, seri Asus ROG Zephyrus Duo 15 GX550 GX550LWS-HC099T dengan processor Intel Core i7-10875H dan chip VGA NVIDIA GeForce RTX 2070 Super Max-Q Design. Sedangkan untuk ROG Zephyrus Duo 15 GX550 GX550LXS-HC021R ditenagai dengan processor Intel Core i9-10980HK dan chip VGA NVIDIA GeForce RTX 2080 Super Max-Q Design.

Baca Juga  Review Gigabyte Aorus X9 DT (Harga dan Spesifikasi)

Untuk gaming hari ini dengan resolusi 4K sepertinya spesifikasi, terutama spesifikasi chip grafisnya masih belum bertenaga. Mungkin untuk seri ke depannya Asus bisa membuat laptop seri ini dengan RTX 3000 yang sudah lumayan untuk gaming sekarang.

Apalagi dihadapkan dengan game-game seperti Cyberpunk 2077, The Medium, dan Control yang sangat memanfaatkan teknologi ray tracing. Bagaimana tidak, RTX 3090 saja belum tentu bisa menjalankan game-game tersebut dengan resolusi 4K dan berjalan di frame rate 60 fps.

Kesimpulan

Dilihat dari resolusi monitornya, laptop ini lebih condong ke content creation dibandingkan dengan gaming. Gaming hari ini sepertinya belum terlalu butuh resolusi hingga 4K bahkan ke atas karena resolusi 2K atau bahkan 1080p masih digunakan.

Apalagi sekarang produsen monitor lebih berlomba-lomba membuat monitor dengan refresh rate tinggi. Selain itu, untuk game-game AAA yang keluar di 2020 akhir atau 2021 awal, laptop ini kami pikir belum cukup mumpuni.

Bagi kami, apabila kalian ingin membeli laptop gaming kelas high-end, lebih baik membeli seri terbaru Asus ROG yang sudah menggunakan RTX 3000 yang harganya jauh lebih murah dibandingkan laptop satu ini. Akan tetapi, bila kalian ingin memanfaatkan teknologi yang menunjang multitaskin atau kalian terlalu banyak uang, tak ada salahnya memboyong laptop ini ke rumah kalian.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *