Home » Review » Dell XPS 13 9310 – Laptop 11 inci dengan Layar OLED

Dell XPS 13 9310 – Laptop 11 inci dengan Layar OLED

Dell XPS 13

Selama ini, banyak laptop yang masih mengusung layar dengan panel IPS, namun Dell dengan seri XPS 13 9310 ini dengan berani berinovasi ke tingkat lanjut. Layar pada laptop terbarunya ini menggunakan panel OLED. Panel ini sepertinya akan menjadi panel untuk laptop di masa depan. Banyak TV dan smartphone keluaran terbaru sudah menggunakan panel ini. Kelebihan panel OLED dibandingkan dengan panel-panel lainnya adalah warna hitam yang pekat. Selain itu, panel OLED juga memungkinkan akurasi warna yang jauh lebih baik. Tak hanya berfokus pada panelnya, Dell XPS 13 terbaru ini tentu hadir dengan spesifikasi kencang. Rasanya sangat kurang apabila sebuah laptop premium dengan panel canggih, tidak ditenagai spesifikasi tinggi. Penasaran dengan laptop ini? Yuk simak artikel ini hingga akhir.

Dell XPS 13

Desain Laptop Dell XPS 13 9310

Hal yang cukup mencuri perhatian dari Dell XPS 13 9310 selain panel OLED-nya adalah desainnya. Desain yang diusung oleh laptop ini sangat minimalis dan juga modern. Ukurannya juga sangat ringkas sehingga sangat mudah dibawa. Layarnya juga dikelilingi dengan bezel ultra tipis InfinityEdge. Hal ini yang membuat laptop ini sangat sleek dan elegan. Selain itu, layar dengan bezel yang sangat tipis bisa membuat sudut pandang menjadi lebih luas. Dell juga sudah memperhitungkan penempatan webcamnya. Webcam tetap berada di atas tanpa harus menambahkan ukuran bezel bagian atas. Era netbook sudah lama ditinggalkan, akan tetapi warisan dari era tersebut dikembalikan kembali oleh Dell. Ukurannya yang hanya 11 inci akan memudahkan Anda membawanya ke mana saja.

Baca Juga  Asus Laptop E402, Review Spesifikasi & Harga Terbaru

Layar Dell XPS 13 9310

Ini yang menjadi bintang utama dari laptop Dell satu ini, yakni layarnya. Kali ini, Dell telah berinovasi ke tingkat lanjut pada sebuah laptop berukuran 11 inci. Meski ukurannya kecil, Dell tidak tanggung-tanggung mengusung resolusi besar, 3.5K. Mengapa 3.5K ya, mengapa tidak 4K saja? Tapi dengan resolusi segitu, kita sudah bisa menikmati video atau film resolusi 4K dengan kualitas bioskop.

Selain resolusi yang dihadirkan, layar OLED pada laptop Dell ini memiliki akurasi warna yang sangat baik. Layar OLED Dell XPS 13 9310 ini mampu mencakup gamut warna DCI-P3 83.1% pada pengaturan normalnya. Layarnya ini sangat bisa disandingkan dengan layar yang dimiliki MacBook Pro. Kemudian, tingkat kecerahan yang dimiliki layar OLED laptop ini mampu mencapai 361 nits dengan kontras rasio yang tak terbatas.

Processor dan GPU Dell XPS 13 9310

Laptop ini ditenagai processor Intel Core i7-1185G7 dengan 4 core dan 8 thread. Mengapa processor yang digunakan masih menggunakan 4 core. Hal ini dikarenakan laptop Dell satu ini bukan masuk ke kategori gaming. Akan tetapi, processor ini sudah sangat mumpuni untuk kebutuhan multitasking. Dari pengujian melalui Geekbench 5, laptop ini bahkan mampu mengungguli beberapa laptop seperti HP Spectre x360 13 dan MacBook Pro dengan skor mencapai 5,882. Selain itu, untuk grafisnya, Dell mempercayakannya kepada GPU terbaru dari Intel, yakni Intel Iris Xe.

GPU ini sudah cukup mumpuni untuk melakukan beberapa kegiatan seperti edit video, foto, dan streaming konten resolusi 4K. Bagaimana dengan performa gamingnya? Kalian tidak bisa berekspektasi lebih dengan GPU ini apabila ingin memainkan game AAA dengan konfigurasi tinggi karena pada dasarnya GPU ini tidak menargetkan ke kelas gaming.

Baca Juga  Review DELL G5 15: Laptop Gaming Murah dengan Performa Memuaskan

Audio dan Fitur Lainnya

Hal lain yang mengejutkan yang ada di laptop kecil ini adalah audionya. Dalam bodi yang begitu ringkas, laptop ini mampu menghasilkan suara yang cukup bertenaga. Akan tetapi, posisi speaker laptop ini tidak cukup baik karena berada di bawah. Mungkin karena Dell ingin tetap memaksimalkan ukuran laptop ini yang kecil. Untuk yang ingin merasakan audio yang lebih baik, tentu kalian harus menambahkan speaker tambahan. Laptop ultra tipis dan ringkas dari Dell ini memiliki daya tahan baterai yang cukup baik, yakni kurang lebih 8 jam pemakaian.

Kesimpulan

Inovasi terhadap teknologi baru mulai gencar dilakukan oleh Dell melalui Dell XPS 13 9310-nya ini. Laptop ini adalah laptop bertenaga yang memiliki desain ala netbook yang dulu pernah berjaya. Laptop ini bisa dijadikan pilihan untuk Anda yang ingin efisiensi tinggi, namun tetap bergaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *