9 Kelebihan Linux Beserta Kekurangannya Dibanding OS Lain

Pada kesempatan kali ini, Laptopnesia akan membahas kelebihan Linux beserta kekurangannya. Linux merupakan sistem operasi alternatif Windows yang juga mulai banyak digunakan, walaupun popularitasnya nggak setinggi Windows atau Macintosh.

Kelebihan Linux

Pada dasarnya Linux Ubuntu merupakan salah satu dari beberapa sistem operasi yang berdasarkan pada sistem GNU dengan kernel Linux. Linux ini juga bisa dikatakan sebagai sistem operasi berjenis open source.

Promo Asus ZenBook Pro Duo Bhinneka - Banner

Di Indonesia pun cukup banyak digunakan. Bagi kamu yang ingin mencoba Linux, nggak ada salahnya cari tahu tentang sistem operasi ini.

Nah kebetulan sekali, kamu tepat mengunjungi artikel ini, karena Laptopnesia akan membahas Kelebihan Linux beserta dengan kekurangannya. Berikut kelebihan dan kekurangan Linux:

Kelebihan Linux

1. Berbasiskan Open Source

Kelebihan Linux

Kelebihan sistem operasi satu ini adalah berbasis lisensi terbuka atau open source. Maka dari itu, sistem operasi ini dapat digunakan oleh siapa saja.

Penggunanya tidak perlu membeli lisensi atau software resmi seperti Windows. Nggak hanya itu, pengguna Linux juga dibebaskan untuk berkontribusi mengembangkan sistem operasi agar menjadi lebih baik.

Dapat dikatakan bahwa Linux merupakan sistem operasi yang dapat dikembangkan ke dalam berbagai sistem operasi lainnya.

2. Aplikasi Bawaan yang Relatif Lengkap

Kelebihan Linux yang lain adalah bundle aplikasi yang cukup beragam dan lengkap. Linux sudah menyediakan beberapa aplikasi sehari-sehari seperti office, multimedia, pengarsipan, dan yang lainnya.

Baca Juga  Kenapa Baterai Laptop Cepat Habis ? Yuk Kenali, Berikut Solusinya !

Maka dari itu, kamu nggak perlu membeli atau mendownload aplikasi lain seperti Windows yang software-software penting seperti Office-nya harus dibeli terpisah.

3. Kebal Virus

Hal lain yang menjadi kelebihan Linux adalah kekebalannya terhadap virus, walaupun kemungkinan terkena virus tetap ada.

Akan tetapi, Linux memiliki kekebalan dan resiko terkena virus lebih rendah dibandingkan sistem operasi seperti Windows.

Hal ini karena Linux berjalan dengan memperkuat pengamanan dengan mengharuskan user menjadi administrator untuk menjalankan suatu aplikasi atau memasukkan kode tertentu.

4. Driver Relatif Lebih Lengkap

Yang membuat Linux digemari oleh penggemarnya adalah dukungan driver yang membuat penggunanya tidak perlu khawatir karena drivernya semakin berkembang.

Kamu juga nggak perlu khawatir driver yang diinstal nggak bisa menjalankan hardware yang terpasang pada komputer kamu. Menarik bukan.

5. User Interface yang Enak Dipandang

Kelebihan Linux

Kelebihan Linux lain yang bisa langsung dirasakan adalah tampilan antarmuka yang apik. Kamu bisa melihat ikon, penggunaan huruf, dan lainnya yang terlihat futuristik. Selain itu, kamu bisa mengubahnya sesuai dengan keinginan kamu.

6. Software Center yang Dapat Diandalkan

Ada keunggulan lain yang dimiliki oleh sistem operasi Linux Ubuntu, yakni software center yang sangat mudah dan cepat.

Sudah tentu software center yang dimiliki oleh sistem operasi open source satu ini akan memudahkan karena kamu tidak perlu memerlukan waktu lama untuk menginstal suatu aplikasi.

Walaupun memiliki kelebihan, tetap saja suatu produk memiliki kekurangan, sebelum kamu memutuskan menggunakan sistem operasi Linux, sebaiknya kamu juga mengenali kekurangan Linux.

Kekurangan Sistem Operasi Linux

1. Kurang Cocok Untuk Gaming

Satu hal yang membuat Linux kurang populer di kalangan para pengguna PC adalah kurang kompatibelnya dengan game-game yang dirilis sekarang-sekarang ini.

Baca Juga  10 Game PC Gratis yang Harus Kamu Mainkan Ketika Kamu Bokek

Seperti yang kita ketahui bahwa hampir semua game keluaran terkini lebih banyak kompatibel dengan sistem operasi Windows, walaupun ada beberapa yang sudah kompatibel dengan Linux dan juga Macintosh.

Maka dari itu, apabila kamu masih ingin bermain game, kami sarankan tidak memutuskan menggunakan sistem operasi ini.

2. Jumlah Aplikasi Relatif Sedikit

Kelemahan lain yang dimiliki Linux adalah jumlah aplikasi yang dibuat untuk Linux relatif sedikit jika dibandingkan dengan Windows.

Penyebabnya adalah pengembangan aplikasi yang membutuhkan waktu lebih banyak sehingga pengembang tidak memfokuskan membuat aplikasi untuk Linux juga.

Kabar gembiranya, kini sudah mulai lumayan banyak aplikasi-aplikasi yang ditujukan untuk pengguna Linux Ubuntu.

3. Membutuhkan Adaptasi Ketika Menggunakannya

Hal yang paling sulit ketika para Windows user berpindah menjadi pengguna Linux adalah tampilan antarmuka dan tombol-tombol yang jauh berbeda sehingga bagi kamu pengguna Windows perlu beradaptasi lebih. Selain itu, kamu juga harus mempelajari beberapa masalah seperti terminal root, DNA yang lainnya.

Kesimpulan

Walaupun dibalik segala kelebihannya, Linux tentu memiliki kekurangan juga. Maka dari itu, sebelum berpindah dari suatu sistem operasi ke Linux sebaiknya dipikirkan terlebih dahulu. Apabila sudah mantap, kamu bisa mendownload Linux secara gratis.

Leave a Comment