Merk RAM Laptop Terbaik (Performa Jadi Ngebut)

Kamu pasti menginginkan performa laptop yang bisa diandalkan untuk bisa meningkatkan produktivitas pekerjaan kamu. Tak hanya profesi yang menuntut seperti desainer, programmer, video editor, atau gamer, namun kinerja laptop yang gesit juga akan memberikan pengaruh besar bahkan bagi pengguna laptop sehari-hari. Salah satu komponen laptop yang memiliki peran untuk lancarnya kinerja laptop adalah RAM atau kependekan dari Random Access Memory. Komponen tersebut digunakan oleh sistem untuk mengolah data yang tengah digunakan. Tanpa spesifikasi dan kapasitas RAM yang memadai, laptop kamu akan kesulitan mengerjakan banyak tugas yang kamu berikan.

Menambahkan RAM ke laptop sering dijadikan sebagai solusi paling mudah dan paling standar untuk meningkatkan performa dari laptop yang kamu miliki. Proses pemasangannya pun tidak memakan waktu lama dan bisa dilakukan dengan praktis. Hasilnya ada kinerja laptop meningkat yang bisa kamu rasakan langsung dengan stabilitas yang lebih baik, waktu memproses yang lebih cepat, dan kemampuan multitasking yang lebih baik.

RAM yang digunakan untuk laptop berbeda dengan RAM yang digunakan pada komputer desktop. Untuk laptop kamu membutuhkan RAM SODIMM atau singkatan dari Small Outline Dual In-Line Memory Module. Pada kesempatan kali ini, kami akan merangkum pilihan RAM laptop terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mendorong performa dengan tajam.

Corsair Vengeance

Merk RAM Laptop Terbaik

Dirancang secara khusus untuk bisa memberikan performa yang handal, Corsair Vengeance merupakan pilihan RAM laptop DDR4 SODIMM yang sangat populer digunakan. Modul ini bisa memberikan kecepatan mencapai 2666 MHz dan latensi yang hebat. Jika kamu ingin performa yang sudah pasti akan kamu dapatkan dengan memasang RAM ekstra, maka kamu bisa gunakan Corsair Vengeance.

Baca Juga  10 Merk Laptop Terbaik 2018 (Peringkat Apple Mengecewakan?)

Overclock Otomatis

Untuk bisa mendapatkan performa maksimal dengan stabilitas yang tepercaya, Vengeance dirancang untuk dapat secara otomatis melakukan overclock sejak pemasangan pertama. RAM tersebut dapat menemukan pengaturan terbaik dengan sendirinya ketika kamu pertama kali menyalakan laptop setelah memasang Vengeance. Dengan begitu, kamu tak perlu repot-repot melakukan pengaturan overclock sendiri melalui BIOS. Performa yang ditingkatkan tersebut dinaikkan hingga tingkat tertinggi namun masih dalam batas aman sehingga risiko kerusakan bisa dihilangkan.

Pemasangan Mudah

Meskipun kamu belum pernah membongkar laptopmu sebelumnya, namun kamu bisa menambahkan RAM ekstra dengan proses yang sangat mudah. Kamu hanya perlu membuka beberapa sekrup di bagian bawah laptop, kemudian memasangkan RAM baru dengan jarimu, dan sudah. Tetapi jangan lupa untuk mematikan dan mencabut charger terlebih dahulu dari laptop sebelum memasang RAM. Kemduian jika sudah terpasang, kamu hanya perlu menyalakan kembali laptop kamu dan rasakan bedanya.

Voltase Rendah

Dengan voltase sebesar 1,2 volt saja, kamu akan mendapatkan performa laptop handal dengan temperatur rendah dan juga tidak boros baterai karena DDR4 memungkinkan konsumsi daya yang rendah. Perlu diingat bahwa kamu harus mengetahui jenis RAM yang ada pada laptop kamu apakah itu DDR4 atau DDR3. Jangan sampai salah beli.

Konfigurasi Memori yang Beragam

Corsair Vengeance tersedia dalam pilihan konfigurasi yang sangat beragam. Jika kamu perlu tambahan RAM baik itu hanya 4 GB modul tunggal, atau modul kit 16 GB, semua bisa kamu dapatkan. Kecepatan yang dihadirkannya pun juga tak kalah variatif mulai dari 2400 MHz hingga 2666 MHz.

HyperX Impact

Merk RAM Laptop Terbaik

Dengan performa kecepatan clock memori yang mencapai 3200 MHZ, HyperX Impact DDR4 SODIMM sudah menjadi salah satu memori laptop terbaik. Bagi para gamer dan juga penggemar performa laptop tingkat tinggi, memori ini dapat memberikan kombinasi yang pas antara kecepatan dan kehandalan. Memanfaatkan voltase yang rendah yakni 1,2 volt, kinerjanya tidak akan boros daya dan juga tidak menghasilkan panas yang berlebihan sehingga usia laptop bisa lebih lama.

Baca Juga  Fungsi VGA Card pada Laptop/PC (Pengertian & Jenisnya)

Konfigurasi yang Variatif

HyperX Impact tersedia dalam pilihan kapasitas yang sangat beragam mulai dari 4 GB, 8 GB, hingga 16 GB yang bisa dipilih baik itu modul tunggal atau modul kit yang terdiri dari dua atau empat. Selain itu kamu juga bisa memilih kecepatan memori mulai dari 2133, 2400, 2666, 2933, atau3200 MHz. Dengan begitu kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan penggunaan atau anggaran.

Dukungan Intel XMP Ready

Untuk bisa memenuhi kebutuhan gaming secara spesifik, memori inidirancang dengan integrasi terhadap prosesor Intel yang kamu gunakan. HyperX Impact dilengkapi dengan Intel Extreme Memory Profile yang memungkinkannya untuk dapat meningkatkan performanya hingga ke titik maksimal yang bisa dicapai namun masih dalam batas aman. Untuk mengaktifkannya, kamu bisa melakukan pengaturan melalui BIOS.

Leave a Comment