Mengenal Sejarah dan Pendiri Apple Lebih Jauh dan Lengkap

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas sejarah dan pendiri Apple lebih jauh dan lengkap. Apple hingga saat kini masih menjadi perusahaan teknologi terbesar hingga saat kini.

Pendiri Apple

Perusahaan multinasional yang berpusat di Cupertino, di California yang telah membuat produk-produk ikonik seperti iPhone, iPad, iMac, MacBook, dan masih banyak yang lainnya.

Perusahaan ini tidak hanya membuat perangkat ataupun komputer, namun juga softwarenya sendiri. Salah satu software yang terkenal adalah Final Cut Pro, Logic Pro, Xcode, iTunes, dan masih banyak yang lainnya.

Apple juga membuat browser bernama Safari yang biasanya sudah bisa digunakan secara default di perangkatnya seperti iPhone, iPad, ataupun iMac.

Bagi kamu para penggemar Apple ataupun pengguna produk-produknya mungkin penasaran dengan sejarahnya. Kami akan menyuguhkan artikel mengenai sejarah dan pendiri Apple dengan lengkap. Tetap stay dan jangan kemana-mana ya.

Sejarah

Banyak yang hanya mengetahui bahwa Apple merupakan perusahaan yang dimiliki dan dibangun oleh Steve Job. Memang nggak salah, akan tetapi, ada orang yang juga memiliki peranan penting sebagai pendiri Apple.

Pendiri Apple

Salah satunya adalah Steve Wozniak. Steve Wozniak merupakan seorang hacker elektronik yang pada tahun 1975 bekerja di perusahaan teknologi besar bernama Hewlett-Packart (HP). Beliau membantu seorang temannya bernama Steve Jobs mendesain video game untuk konsol gaming bernama Atari.

Pendiri Apple

Wozniak membeli minicomputer yang di-host oleh sebuah perusahaan timesharing bernama Call Computer pada waktu itu.

Pada masa itu pula, terminal komputer umumnya masih berbasis kertas. Kemudian, Steve Wozniak melihat sebuah artikel di sebuah majalah bernama Popular Electronic edisi 1975 yang berisi tentang bagaimana caranya membuat terminal komputer sendiri.

Baca Juga  6 Game PC Online Terbaik Sepanjang Masa (Semuanya Gratis)

Setelah itu, Wozniak merancang komputer bernama Computer Conversor yang merupakan sebuah video teletype yang biasa mengakses mini computer dengan menggunakan alat-alat yang beliau dapatkan di toko. Akhirnya, komputer tersebut dibeli oleh Call Computer dan terjual beberapa unit.

Pada tahun yang sama, Wozniak mendatangi pertemuan Hombrew Computer Club. Mikrokomputer baru seperti Altair 8800 dan IMSAI menginspirasinya untuk membuat sebuah mikroprosesor pada terminal videonya.

Pendiri Apple

Pada waktu itu, mikrokomputer yang ada di pasaran hanyalah Intel 8080 dan juga Motorola 6800. Wozniak hanya melihat, mempelajari, dan mendesain komputer pada kertas. Akhirnya beliau hanya menunggu hari di mana beliau bisa membeli sebuah komputer.

Kemudian, pada tahun 1976 sebuah perusahaan semikonduktor meluncurkan chip 6502. Wozniak menulis sebuah versi BASIC dari ini.

Setelah menyelesaikan mesinnya dan membawanya ke pertemuan Homebrew Computer Club, Wozniak bertemu teman lamanya, yakni Steve Jobs yang tertarik pada potensi komersialnya.

Sejarah dan Pendiri Apple: Kesuksesan Apple

Siapa yang tidak tahu dengan Macintosh. Apple pertama kali meluncurkan salah satu komputer personal milik mereka, Macintosh, pada tahun 1984.

Komputer tersebut pertama kali dijual tanpa bahasa pemrograman. Iklan debutnya muncul pada 22 Januari 1984 dan disutradarai oleh Ridley Scott. Iklan tersebut juga digadang-gadang menjadi iklan TV terbaik sepanjang masa.

Penjualan Macintosh juga dibilang cukup baik, walaupun penjualan selanjutnya tidak sebaik penjualan pertamanya dikarenakan harganya yang tinggi dan software yang mendukung tidaklah banyak.

Dan di saat yang bersamaan, sang CEO Apple, John Sculley diinstruksikan untuk membatasi kemampuan Jobs untuk menjual barang yang belum diuji coba.

Akhirnya Jobs ingin mengusir Sculley dari posisinya, dan Sculley mengetahui niat Jobs dan memindahkannya dari posisinya.

Baca Juga  10 Game Horror PC Terbaik dan Terseram yang Bikin Merinding

Jobs akhirnya pindah dan membangun perusahaan yang bernama NeXT Inc. Kemudian, Wozniak meninggalkan Apple juga karena beliau sangat frustasi dengan perlakuan yang dilakukan Apple pada divisi Apple II.

Pendiri Apple

Walaupun Wozniak tidak merasa nyaman dengan Apple, Wozniak masih menjadi pemegang saham bersama dengan Jobs.

Disepanjang tahun 1990, Apple mencoba bereksperimen dengan produk-produk yang tidak sukses diantaranya kamera digital, audio CD player portabel, konsol video, eWorld online service, dan peralatan TV.

Banyak sumber yang juga diinvestasikan pada divisi Newton berdasarkan ramalan pasar John Sculley yang tidak realistis.

Kemudian beberapa tahun setelahnya, Jobs mengumumkan bahwa bekerja sama dengan Microsoft untuk meluncurkan versi terbaru Microsoft Office untuk platform Macintosh.

Kemudian akuisisi NeXT diselesaikan pada 9 Februari 1997 yang membawa Steve Jobs kembali ke Apple sebagai penasihat.

Pada 2 April 2007, Apple bekerjasama dengan EMI mengumumkan teknologi DRM dari katalog EMI di iTunes Store. Hingga Steve Jobs meninggal pada 5 Oktober 2011, Apple kini tetap menjadi brand teknologi paling eksklusif di dunia.

Penggunanya menganggap produk Apple itu produk kelas yang berbeda dengan produk-produk dari brand teknologi lainnya. Apple kini dipimpin oleh seorang CEO bernama Tim Cook.

Leave a Comment