Penyebab Komputer Lemot atau Lambat, dan Cara Mengatasinya

Komputer lemot pasti bikin kamu kesel dan bete. Apalagi ketika kamu lagi ngerjain tugas yang bakal dikumpul besok atau lagi asik-asik main game. Kalau komputer lemot apa sih yang harus kita lakukan? Komputer kini sudah menjadi barang yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Perangkat ini digunakan tidak hanya untuk bekerja namun untuk hiburan. Bila komputer kamu lemot kamu nggak usah khawatir karena masalah ini masih dapat diatasi.

Penyebab Komputer Lemot atau Lambat, dan Cara Mengatasinya

Sebelum kamu mengetahui cara mengatasinya, kamu harus tahu penyebabnya, karena seperti apa yang para ahli katakan bahwa sebelum kamu mengatasi masalah kamu harus mengetahui akar permasalahannya.

Artikel Laptopnesia kali ini akan membahas penyebab mengapa komputer kamu lemot dan bagaimana cara mengatasinya agar komputer kamu nggak lemot lagi. Berikut penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Komputer Lemot dan Cara Mengatasinya

1. Hardisk yang Terdefragmentasi

Salah satu komponen paling penting pada komputer adalah hardisk. Hardisk merupakan media penyimpanan data yang juga media dimana sistem operasi terinstal. Penyebab komputer kamu lemot bisa jadi ada di hardisk kamu. Hardisk yang terdefragmentasi menyebabkan proses pembacaan data pada partisi hardisk menjadi lambat. Ketika hardisk terdefragmentasi, data yang tersimpan dalam hardisk berhamburan sehingga ketika diakses waktu dalam memprosesnya lebih lama.

Penyebab Komputer Lemot atau Lambat, dan Cara Mengatasinya

Mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan degragmentasi hardisk. Kami sarankan buat kamu untuk rutin melakukan defragmentasi setidaknya seminggu atau 2 minggu sekali. Kamu bisa melakukan defragmentasi dengan aplikasi bawaan Windows yang dapat kamu temukan pada Start menu.

Baca Juga  10 Game Strategi Perang PC Terbaik 2019 yang Wajib Dimainkan

2. Infeksi Malware

Hal yang cukup signifikan yang membuat komputer kamu lambat adalah terinfeksinya komputer kamu dengan malware. Komputer yang terinfeksi malware akan memperlambat kinerja. Sebaiknya ketika berselancar di dunia maya, kamu hati-hati membuka website apalagi website-website yang mencurigakan. Kebanyakan dari mereka banyak menyimpan virus atau malware di web mereka.

Penyebab Komputer Lemot atau Lambat, dan Cara Mengatasinya

Hal ini dapat diatasi dengan cara menginstal antivirus yang sudah terpercaya seperti Avast, Avira, Kaspersky dan yang lainnya. Kalau kami sarankan gunakan versi premiumnya untuk mendapatkan layanan yang lebih lengkap. Kami jamin, komputer kamu akan terlindungi dengan baik.

3. Aplikasi Start-Up yang Terlalu Banyak

Ketika kamu merasakan bahwa komputer kamu bersih-bersih aja dan nggak ada virus sama sekali, bisa jadi ini semua karena aplikasi pada start-up komputer yang kamu pasang terlalu banyak. Seringkali aplikasi start-up ini membuat RAM bekerja lebih keras untuk mengalokasikan ruang pada RAM tersebut pada aplikasi start-up. Hal tersebut dapat diatasi dengan cara mematikan aplikasi start-up dengan ketik msconfig pada start-menu. Selanjutnya pilih tab start-up dan matikan program start-up.

Penyebab Komputer Lemot atau Lambat, dan Cara Mengatasinya

4. Banyak Temporary Files

Temporary files bisa saja mempercepat akses ke data website yang pernah kamu kunjungi, namun sayangnya jika terlalu banyak malah membuat komputer kamu lebih lambat. Temporary files ini dapat memakan space hardisk dan membuat hardisk penuh. Untuk mengatasi masalah ini, kami sarankan untuk membersihkan temporary files tersebut dengan aplikasi seperti CCleaner.

5. Browser yang Terlalu Berat

Browser juga dapat memperlambat kinerja komputer kamu. Membuka banyak tab dapat menyebabkan komputer kamu lemot. Nah bagi kamu yang suka banyak-banyak membuka tab pada komputer kamu. Kami sarankan untuk sedikit saja membuka dan gunakan seperlunya karena membuka tab terlalu banyak akan membebankan RAM komputer kamu.

Baca Juga  Review Game One Piece: World Seeker PC (Apakah Memuaskan?)

Jika RAM yang terpasang pada komputer kamu hanya 1-2 GB, kami sarankan sebaiknya jangan menggunakan browser seperti Google Chrome karena, browser tersebut lebih pas digunakan pada jumlah RAM diatas 2 GB. Oleh karena itu gunakan Mozilla Firefox untuk berinternet lebih ringan.

6. Terlalu Banyak Aplikasi dan Program yang Terinstal

Penyebab komputer lemot terakhir adalah aplikasi atau program yang terlalu banyak diinstal. Bagi kamu yang suka koleksi games di hardisk kamu, kami sarankan untuk nggak terlalu banyak menginstalnya. Kalau kamu sudah tamat, coba untuk uninstall, mungkin komputer kamu akan meningkat performanya. Kamu juga bisa meng-uninstall aplikasi melalui Disk Cleanup untuk aplikasi yang uninstall-nya nggak ada di menu Start.

Penyebab Komputer Lemot atau Lambat, dan Cara Mengatasinya

Demikian artikel Laptopnesia kali ini tentang Penyebab komputer lemot dan bagaimana cara mengatasinya. Bagaimana? Tidak sulit bukan mengatasi komputer lemot? Semoga bermanfaat!

Leave a Comment