Serupa Tapi Nggak Sama, Perbedaan Laptop dan Notebook

Perbedaan laptop dan notebook sepertinya nggak bisa dilihat secara kasat mata, karena kita sering menyebut salah satunya untuk keduanya. Komputer jinjing kini menjadi sebuah perangkat yang wajib untuk masyarakat perkotaan, karena dengan perangkat ini, orang-orang dapat melakukan banyak hal.

Perbedaan Laptop dan Notebook

Pernah nggak sih kita sadar bahwa kita sering menyebut notebook dengan kata laptop ketika melihat sebuah perangkat komputer portable dengan layar dan keyboard yang menyatu. Akan tetapi, walaupun memiliki bentuk yang mirip, sebenarnya laptop dan notebook memiliki perbedaan lho? Lantas apa saja sih perbedaan laptop dan notebook?

Kali ini Laptopnesia akan memberikan informasi tentang perbedaan laptop dan notebook supaya kamu nggak salah sebut lagi. Sebelum kami menyebutkan perbedaan-perbedaannya, nggak ada salahnya kan kalau kami sedikit cerita tentang bagaimana sih sejarah laptop itu sendiri?

Sejarah Laptop

Sejarah komputer jinjing berawal dari awal tahun 1970an, seorang ilmuwan komputer bernama Alan Kay mencipkatakn konsep Dynabook yang dikembangkan di Xerox PARC. Salah satu komputer portable pada masaitu adalah Xerox Note Taker yang dikembangkan lagi pada tahun 1976. Kemudian komputer mikro portable bernama Portal dirilis oleh perusahaan asal Perancis pada tahun 1980 di Sicob Show di Paris.

Perbedaan Laptop dan Notebook

Portal merupakan mikrokomputer portable yang didesain, dipasarkan, dan dikembangkan oleh firma asal Perancis bernama R2E Micral atas permintaan dari perusahaan yang bernaung dibidang akuntansi. Komputer ini didukung oleh prosesor Intel 8085 dengan clock 2 Mhz dan RAM sebesar 64K byte.

Perbedaan Laptop dan Notebook

Selain itu, munculah Osborne 1 yang diciptakan oleh Adam Osborne yang dianggap oleh banyak sejarawan sebagai komputer mobile sesungguhny. Komputer ini memiliki layar 5 inci dan juga 2 buah 5 1/4 floppy drive (atau slot untuk memasukkan disket). Perusahaan yang menaungi komputer ini tidak berjalan lama dan tidak memproduksi komputer ini lagi. Walaupun begitu, Osborne1 ini memiliki pengaruh dalam dunia bisnis.

Baca Juga  10 Game MOBA PC Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan Bersama Teman

Perbedaan Laptop dan Notebook

Pada tahun 1989, Apple Computer merancang sebuah mesin yang dapat digunakan secara portable bernama Macintosh Portable. Walaupun ada embel-embel portable, komputer ini sebenarnya cukup bulky sebuah laptop. Oleh karena itu, penjualan produk ini cukup buruk. Namun, Mac Portable ini memiliki kelebihan lain seperti ketahanan daya baterai dan juga display matrix aktif.

Perbedaan Laptop dan Notebook

Lalu, setelah kegagalan Mac Portable, Apple menawarkan seri yang bernama PowerBook yang pertama kali dikenalkan pada Oktober 1991 yang menjadi cikal bakal standar laptop. PowerBook yang pertama kali muncul, hadir dengan sebuah trackball. Pada tahun yang sama, IBM merilis produknya yang bernama ThinkPad 700C yang memiliki desain yang sama namun dengan perangkat pengarah yang berbeda yakni TrackPoint berwarna merah.

Perbedaan Laptop dan Notebook

Nah sudah tahu kan sejarah laptop? Nah kini kami akan memberikan beberapa penjelasan tentang perbedaan laptop dan notebook. Berikut perbedaannya:

1. Ukuran

Hal pertama yang membedakan keduanya adalah ukuran. Pada dasarnya laptop memiliki ukuran lebih dari 18 inci dan layar yang lebih tebal, Sedangkan notebook memiliki ukuran 13.1 – 18 inci. Mengapa laptop bisa berukuran lebih besar? Hal ini dikarenakan penamaan laptop ini digunakan pada awal komputer jinjing ini digunakan.

2. Spesifikasi

Biasanya, karena ukurannya lebih besar, spesifikasi laptop lebih tinggi lebih besar ketimbang notebook. VGA card yang digunakan juga lebih mumpuni. Namun, kini, semakin berkembangnya teknologi ini, spesifikasi dari notebook pun semakin tinggi dan mumpuni. Kamu kini bisa bermain game berat hanya pada notebook berukuran sekitar 15 inci dengan grafis dan performa yang memuaskan.

3. Daya Tahan Baterai

Satu lagi perbedaan laptop dan notebook yakni daya tahan baterainya. Umumnya notebook memilik daya tahan baterai yang jauh lebih lama daripada laptop. Pada penggunaan biasa seperti mengetik atau browsing, kamu bisa menggunakan notebook dengan durasi yang relatif lama. Sedangkan laptop memiliki daya tahan baterai yang lebih sebenatar daripada notebook.

Baca Juga  Pengertian Hardware (Perangkat Keras) Pada Komputer Lengkap!

Mungkin karena komputer jinjing makin hari semakin kecil, orang lebih senang menyebutnya dengan istilah laptop. Nah, bagaimana? Sudah tahu bagaimana perbedaan laptop dan notebook? Demikian artikel Laptopnesia kali ini tentang perbedaan laptop dan notebook. Semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan dan juga referensi kamu dalam bidang teknologi. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment