Review Gigabyte Aorus X9 DT (Harga dan Spesifikasi)

Gigabyte Aorus X9 DT hadir sebagai laptop gaming monster yang siap bersaing dengan laptop-laptop gaming monster besutan Asus dan MSI. Nggak tanggung-tanggung, Aorus X9 hadir dengan prosesor kelas atas dari Intel yakni Core i9. Prosesor ini hadir dengan 6 inti dan 12 thread. Prosesor kencang nggak akan lengkap bila nggak disandingkan dengan GPU kencang juga.

Nvidia GeForce GTX 1080 menjadi senjata utama laptop gaming ini. Aorus X9 DT hadir dengan monitor berukuran 17.3 dengan resolusi full HD yang memiliki refresh rate 144. Laptop gaming ini sudah bisa dijadikan tandingan ROG G703. Selain itu kamu bisa mengupgrade memory-nya hingga 64 GB. Tapi Aorus belum mengeluarkan laptop yang bisa menjadi tandingan GX800 dan Predator 21X dengan GeForce 1080 yang diSLI dan menggunakan monitor dengan resolusi 4K.

Review Gigabyte Aorus X9 DT (Harga dan Spesifikasi)

Harga Aorus X9 DT

Aorus X9 DT merupakan seri tertinggi dari laptop gaming besutan Gigabyte. Laptop gaming monster ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i9-8950HK dan VGA card GeForce GTX 1080. Laptop ini berbeda dengan seri X9 yang menggunakan prosesor Intel Core i7 seri Kaby Lake dan GPU GeForce GTX 1070 SLI. Selain itu yang membedakan seri ini dengan seri X9 adalah monitor dengan resolusi 4K. Harga yang dibanderol pun cukup tinggi yaitu mencapai angka Rp 56 juta rupiah.

Performa Nggak Nanggung-nanggung

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya laptop gaming besutan Gigabyte ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i9-8950HK yang memiliki core sebanyak 6 buah dari arsitektur Coffee Lake yang diluncurkan pada awal 2018. Prosesor ini memiliki base clock 2.9 GHz, namun bisa pengguna overclock atau ditingkatkan kemampuannya hingga 4.8 GHz. Walaupun arsitekturnya tidak berbeda dengan Kaby Lake performa yang ditunjukkan oleh prosesor Coffee Lake memiliki performa yang ditingkatkan hingga 50%.

Laptop gaming monster ini juga menggunakan GeForce GTX 1080 untuk menjalankan kinerja grafis. GPU ini memiliki kemampuan yang jauh diatas GTX 980M. Berbeda dengan pendahulunya, GTX 1080 memiliki performa layaknya GPU desktop. GTX 1080 mampu menampilkan performa gaming maksimal dengan frame rate rata-rata 60 fps dengan settingan rata kanan. Sehingga bermain game terkini bisa mendapatkan kemampuan maksimal dengan visual yang keren. Selain itu kamu juga bisa mengoverclock GPUnya untuk kemampuan yang lebih.

Performa gaming yang kami dapatkan cukup memuaskan. Untuk game yang sampai sekarang masih dianggap memiliki grafis yang keren yakni The Witcher 3, dengan grafis ultra frame rate yang dihasilkan dapat mencapai 77.4 fps. Game lain yang dijadikan benchmark untuk laptop ini adalah game yang diport dari Playstation 4 yang memiliki grafis yang keren banget juga yaitu Final Fantasy XV. Dalam benchmark Final Fantasy XV kami mendapatkan frame rate pada settingan tertinggi hingga 77.6 fps.

Review Gigabyte Aorus X9 DT (Harga dan Spesifikasi)

Laptop Tipis dengan Monitor Bersertifikasi X-Rite Pantone

Nggak disangka-sangka, laptop gaming ini memiliki body yang tipis walaupun tidak setipis saudaranya, Aero. Gigabyte Aorus X9 DT memiliki ukuran yang cukup besar dan bobot seberat 3.6Kg. Menurut kami untuk laptop dengn layar 17 inci, bobotnya nggak terlalu berat. Laptop Gigabyte Aorus X9 DT ini memiliki monitor dengan resolusi full HD (1920 x 1080). Berbeda dengan seri X9 dengan resolusi 4K (3840 x 2160) dan QHD (2560 x 1440). Walaupun dengan resolusi full HD, monitor layar ini memiliki refresh rate 144 Hz. Selain itu teknologi Nvidia G-SYNC membuat bermain game menjadi lebih mulus, tanpa terlihat screen-tearing.

Monitor laptop gaming monster ini sudah disertai sertifikasi X-Rite Pantone. Warna yang ditampilkan begitu akurat. Bagi kamu yang juga doyan desain atau edit video, laptop ini sepertinya cocok digunakan untuk kegiatan-kegiatan produktivitas.

Laptop besutan Gigabyte ini sudah siap beratrung dipasaran dengan pesaingnya Asus ROG G703 dan MSI GT75 TITAN 8RG. Memang untuk harga bagi kami laptop ini cukup mahal. Tapi dari sisi spesifikasi, performa, dan material yang digunakan laptop ini sudah layak didapatkan. Berminat?

Kesimpulan

Gigabyte Aorus X9 DT ini masih menggunakan resolusi Full HD. Sebetulnya nanggung nggak sih laptop gaming dengan prosesor Intel Core paling tinggi tapi masih menggunakan display dengan resolusi Full HD? Itu sih tergantung kamu. Kalau kamu memang pengejar frame rate tinggi, laptop ini tepat banget, tapi kalo kamu adalah orang yang pengin merasakan pengalaman gaming dengan resolusi tertinggi, kami rasa laptop ini tetap bisa menjadi pilihan, tapi untuk beberapa game kamu nggak bisa ngejar frame rate 60 keatas disettingan rata kanan.

Baca Juga  Asus X441 Review: Spesifikasi Terbaru, Harga di Bawah 5 Juta

Nah, bila kamu mau cari versi yang lebih murahnya, kamu bisa membeli Aorus X5. Selain itu laptop tersebut ukurannya lebih kecil dibanding ini.

Review Gigabyte Aorus X9 DT (Harga dan Spesifikasi)

Spesifikasi Gigabyte Aorus X9 DT

Platform
Tipe Laptop
OS Windows 10
Tipe Prosesor Intel Core i9
Prosesor OnBoard Intel® Core™ i9-8950HK Processor (2.90 GHz – 4.80 GHz)
Grafis Intel HD Graphics 630 iGPU
Memori
RAM Up to 64 GB
Tipe RAM DDR4
HDD 1 TB
SSD 512 GB
Grafis
GPU Nvidia Geforce GTX 1080 8GB GDDR5
Ukuran Layar 17.3 inci
Resolusi Layar Full HD 1920 x 1080 piksel 144Hz
Bodi
Ukuran 428 x 314 x 29.9 mm
Berat 3.59 kg
Pilihan Warna Black
Lainnya
Speaker ESS Sabre HiFi Audio DAC 2x2W, Dolby Atmos, Dual Array Microphone
WebCam Yes
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac
Bluetooth Yes
Keyboard Backlit Keyboard
Touchpad Yes
Port USB Type C, USB 3.0, USB 2.0, RJ45, Card Reader, HDMI, mini DP
Battery Li-Po, 94.24Wh

 

Leave a Comment