Review Gigabyte Aorus X5 v8 Spesifikasi (Harga Terbaru)

Setelah memproduksi perangkat keras dengan sub-brand Aorus, kini Gigabyte mengeluarkan versi laptopnya. Sepertinya Gigabyte nggak mau kalah sama Asus dengan Republic of Gamers-nya. Gigabyte Aorus X5 v8 hadir dengan spesifikasi tinggi yang sangat tepat untuk para enthusiast. Sebagaimana Asus dengan ROGnya, Gigabyte ingin menampilkan logo yang nggak kalah sangar dengan ROG yakni logo burung elang.

Laptop berukuran 15 inci ini menggunakan prosesor Intel Core i7 dengan arsitektur terbaru yang dapat dioverclock sehingga para pengguna bisa mendapatkan kinerja tambahan. Logo elang ingin merepresentasikan bahwa laptop ini begitu cepat dan kuat serta mampu menampilakn performa tinggi layaknya terbangnya burung elang. Untuk penyimpanan laptop gaming besutan Gigabyte ini menyertakan HDD 1 TB dan SSD 512 GB. Dengan menggunakan SSD, Gigabyte Aorus memberikan kinerja loading dan booting lebih cepat.

Review Gigabyte Aorus X5 v8 Spesifikasi (Harga Terbaru)

Harga Gigabyte Aorus X5 v8

Gigabyte Aorus X5 v8 merupakan versi upgrade dari v7. Versi pendahulunya menggunakan prosesor Intel Core i7 Kaby Lake yang intinya masih berjumlah 4 buah. Prosesor yang digunakan untuk versi 8 ini memiliki 6 inti. Sedangkan untuk GPUnya. Aorus X5 v8 menggunakan GeForce GTX 1070 dengan memori 8 GB GDDR5 VGA RAM. Untuk gaming tentunya sangat lebih dari cukup apalagi resolusi yang dipakai pada laptop ini full HD dengan refresh rate 144Hz. Kalau kamu tertarik Kamu bisa membawa pulang laptop gaming keren ini dengan mengeluarkan kocek sebesar Rp 42 juta. Walaupun menurut kamu cukup mahal, tapi worth it kok guys.

Performa Laptop Gaming dari Gigabyte

Kamu bakal mendapatkan banyak fitur-fitur keren di laptop gaming ini. Mulai dari audio dengan Dolby Atmos sampai Nvidia G-SYNC yang menghadirkan tampilan visual tanpa tearing sehingga bermain game menjadi lebih mulus. Laptop gaming besutan Gigabyte ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i7-8850 yang memiliki 6 inti dan 12 thread, berbeda dengan versi sebelumnya yang masih menggunakan prosesor Core i7 dengan 4 inti.

GPUnya menggunakan Nvidia GeForce GTX 1070 dengan memori 8 GB GDDR5 VGA RAM. Menurut kami yang membedakan seri Aorus dengan seri Aero dari spesifikasi adalah dengan disertakannya Nvidia G-SYNC. Seri Aorus sepertinya ingin menjadi laptop gaming paripurna layaknya ROG.

Bagaimana kemampuan gamingnya. Game pertama yang dicoba, Fortnite dengan setting paling tinggi yakni Epic, kami mendapatkan fps tertinggi 113.93 dan mengalami fps drop hingga 79.5. Walaupun drop, nggak sampai dibawah 60 fps. Lalu game multiplayer besutn Blizzard yang sekarang cukup terkenal, Overwatch, frame rate tertinggi mencapai 96.19 fps, dan paling rendah 81.5 fps disettingan tertinggi juga.

Untuk game multiplayer yang juga lagi rame dimainin banyak orang, PUBG (PlayerUnknown’s Battleground), settingan ultra lownya hanya mencapai 57 fps. Dan satu lagi game yang sampai sekarang grafiknya masih terhitung keren banget, The Witcher 3, Settingan Ultra bisa mencapai 69.71 fps pada frame rate tertingginya dan terendahnya hanya 50 fps. Laptop gaming dengan ukuran 15 ini udah bisa nampilin performa gaming yang ciamik banget.

Review Gigabyte Aorus X5 v8 Spesifikasi (Harga Terbaru)

Desain Mantap dengan Layar Bersertifikasi X-Rite Pentone

Gigabyte Aorus X5 v8 hadir dengan desain yang gahar layaknya laptop gaming. Jika kamu perhatikan, terdapat logo burung elang ala Aorus di touchpadnya. Jika melihat bagian belakang, kamu bakalan melihat cooler yang ngebuat laptop ini terlihat semakin garang seperti mobil sport. Bagi kamu yang doyan bling-bling, Gigabyte Aorus X5 menyertakan backlight RGB pada keyboardnya.

Laptop gaming dari Gigabyte ini hadir dengan layar berukuran 15 inci dengan resolusi full HD (1920 x 1080). Layar Gigabyte Aorus X5 v8 menggunakan teknologi IPS dengan refresh rate 144 Hz serta telah mendukung fitur Nvidia G-SYNC. Fitur tersebut mampu menghilangkan screen-tearing yang membuat bermain game nggak nyaman. Sama seperti seri Aero, Gigabyte menghadirkan sebuah layar dengan warna yang akurat dan sudah memiliki sertifikasi X-Rite Pentone sehingga laptop Gigabyte Aorus X5 v8 tidak hanya cocok digunakan untuk bermain game-game terkini namun juga untuk desain. 

Review Gigabyte Aorus X5 v8 Spesifikasi (Harga Terbaru)

Kesimpulan

Gigabyte Aorus X5 merupakan pesaing sengit Asus ROG karena selain menghadirkan laptop gaming yang sudah menggunakan prosesor Intel Core i7 generasi ke-8 6 core, laptop ini juga ditenagai oleh pengolah grafis NVIDIA GeForce GTX 1070 yang mampu menjalankan game diresolusi Full HD sangatlah mumpuni. Menurut kami, kalau kamu mau memainkan game dengan frame rate 50an ke atas, resolusi FHD sudah tepat banget. Jika kamu punya budget lebih nggak ada salahnya untuk membeli laptop Gigabyte Aorus seri tertinggi yakni Aorus X9 DT.

Baca Juga  ASUS ZenBook 3 UX390UA, Review Spesifikasi & Harga Terbaru

Spesifikasi Gigabyte Aorus X5 v8

Platform
Tipe Laptop
OS Windows 10
Tipe Prosesor Intel Core i7
Prosesor OnBoard Intel® Core™ i7-8550H Processor ( 2.60 GHz)
Grafis Intel HD Graphics 630 iGPU
Memori
RAM Up to 32GB
Tipe RAM DDR4
HDD 1 TB
SSD 512 GB
Grafis
GPU Nvidia Geforce GTX 1070 GDDR5 8GB
Ukuran Layar 15.6 inci
Resolusi Layar Full HD 1920 x 1080 piksel 144 Hz
Bodi
Ukuran 390 x 272 x 22.9 mm
Berat 2.5 kg
Pilihan Warna Black
Lainnya
Speaker 2×1.5 ESS Sabre Hi-Fi Audio DAC, Dolby Atmos
WebCam Yes
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac
Bluetooth Yes
Keyboard Backlit Keyboard
Touchpad Yes
Port USB Type C, USB 3.0, USB 2.0, RJ45, Card Reader, HDMI, mini DP 1.4
Battery Li Polymer 94.24Wh

Leave a Comment